Jumat, 09 Mei 2014

Waktu berkualitas untuk anak (Self Reminder)

Salah satu hal yang sangat gw syukuri akibat keterlibatan gw di Lembaga Muslimah Salman adalah bisa ketemu sama orang-orang hebat, salah duanya Teh Fitri dan Bang Aad. Mereka berdua ini banyak banget menginspirasi jalan pikiran gw dalam mendidik anak. Waktu gw masih gadis dan gak mudeng apa-apa, pikiran mereka membuka jalan pikiran gw bagaimana mendidik anak dengan baik nantinya. Mungkin mereka berdua gak kenal sama gw, tapi tulisan-tulisan, ide dan pikiran mereka selalu gw nanti-nanti *Semoga Allah selalu memuliakan mereka berdua

Kebetulan tadi lagi ngubek-ngubek blog nya teh fitri, and huraaayyyy...akhirnya gw ketemu sama link ini. Soalnya sebagai working mom, gw emang rada kesulitan menentukan parameter waktu berkualitas untuk anak itu yang bagaimana sih. Nih..gw copas dikit dari artikel yang udah gw link-in.

Apa tandanya waktu kebersamaan ortu dan anak adalah waktu yang berkualitas? pertanyaan-pertanyaan ini buat mengidentifikasinya :
  • Apakah anak menjadi pusat perhatian anda? atau…anda  hanya berusaha membuat anak sibuk saat anda  mengerjakan hal lain?
  • Selama bersama dengan anak, apakah anda benar-benar terlibat sehingga baik anda maupun anak menikmatinya?
  • Apakah anda meluangkan waktu secara sengaja untuk menstimulasi aspek-aspek perkembangan anak anda?
  • Apakah anda benar-benar merencanakan waktu kebersamaan dengan anak?
  • Apakah anda merasa bahagia saat bersama dengan anak anda meskipun kegiatan anda dan anak “tidak bertujuan?”
Kadang suka gak terpintas dalem pikiran kita karena sebegitu banyaknya waktu kita dalam mengurus dan mengasuh anak sampe kita gak punya waktu untuk diri kita sendiri? *gw...gw...gw...itu gw banget....
tapi cukup tertohok sama poin kedua "baik anda maupun anak menikmatinya?", Menikmati?? Hmm..seringkali enggak kan ya (ini gw aja loh ya). Padahal dah banyak waktu kita bersama anak, tapi kalo kita gak menikmati kan sama aja boong. Mungkin kalo kita dah sampe tahap menikmati, kita gw gak akan lagi bilang "Gw gak punya waktu ngurus diri gw sendiri". Makanya gw jadinya malah suka ngelakuin poin satu "berusaha membuat anak sibuk supaya emaknya bisa leyeh-leyeh" *getok kepala pake timbangan....

Gw jadi inget salah satu tulisan temen gw, Teh Patra. Intinya dia bilang begini "Kita kan berusaha sebisa mungkin untuk menjadikan anak kita anak yang soleh, tapi kita sendiri suka berfikir anak-anak kita adalah penghambat ibadah kita. Gimana anaknya mau soleh coba?", bleeeh...jlebbb banget mah ini, itu kan gw bangeeettt. Gak tilawah, gak sempet solat sunnah, gak ikut kajian dll,  alasannya pasti satu : Habib-Habib-Habib *kesian banget kamu nak dijadiin kambing hitam kemalasan emak eee...

2 komentar:

  1. untuk menjadikan anak kita baik, kita memang harus berkaca ke diri sendiri dulu. apakah kita udah baik? :)

    BalasHapus