Selasa, 06 Mei 2014

Habib Nowadays

Dah lama gw gak update perkembangan Habib, besok Habib tepat 22 bulan. Yeyeyeye...beginilah perkembangannya sekarang :

Motorik Kasar
  • Anaknya masih super aktif sekaleeee, kemana mana mesti dibuntutin, kerjaannya loncat-loncat, manjat-manjat and lari-lari. Masih suka nantang maut, segala gerakan gak pake hati-hati, asal hantam. Nonton tv sambil nginjek dan naik kuda-kudaan misalnya, ya pasti jatuhlah...wong mata kemana kaki kemana. Kalo gw bawa keluar, orang-orang banyak yang ngomentarin kalo Habib ini hiperaktif. Yaa...Habib emang punya tenaga berlebih dan punya rasa ingin tau yang luar biasa. Tinggal kita sebagai orang tua-nya aja yang harus aktif ngarahin dia dan tentunya nyiapin media dia berkreasi.  
  • Paling suka muter-muter, dan herannya gak puyeng-puyeng tuh dia. Bahkan kalo di atas tempat tidur, dia bisa tahan lebih dari setengah jam muterin dan loncat-loncat di kasur tanpa berenti.
  • Masih suka nginjekin badan. Pokoknya gak bisa liat badan kita nganggur, pasti diinjekin. Lagi nonton, sibuk nginjekin kaki kita, badan kita dll. Kalo di tempat tidur juga, gak bisa liat kita telentang dikit di kasur pasti langsung diinjekin. Makanya badan gw sakit-sakit mulu tiap hari.
  • Gak mau pake sendal, kemana-mana nyeker, bahkan ke mall sekalipun gak mau pake sendal atau sepatu.

Motorik Halus
  • Udah mulai suka corat-coret kertas, lucu kalo liat dia bereksperimen ama coretannya, awalnya pasti dia coba buat titik-titik gitu, terus lanjut corat coret sana sini. Kadang dia berusaha untuk ngikutin coretan gw, gambar lingkaran misalnya, tapi masih belum berhasil. Xixixi
  • Suka makan sendiri, minum sendiri. Tapi paling males kalo megangin makanan finger food.

Bahasa
  • Perbendahaaran katanya udah makin banyak, tapi masih satu kata aja, belum bisa merangkai kalimat. 
  • Udah mulai suka niru-niru omongan kita, terutama omongan yang gak baik. Hehehehe..
  • Kalo main gak pernah keluar suara, paling suara ketawanya aja. Tapi kalo dah ngomong, bawel banget, cuma ya itu...omongannya itu-itu aja. Habib bisa ngomongin kata cacing misalnya berpuluh-puluh kali dalam sejam.
  • Ada beberapa kata yang pengucapannya masih kebalik-balik kayak cuci jadi cicu, bola jadi oba, bulan jadi oban, balon jadi abo, tolong jadi otong, dll. Buat kita jadi suka ngikik-ngikik dengernya. 

Kognitif
  • Paling hapal sama warna coklat dan hijau, warna lainnya suka lupa
  • Sejak tiga-empat bulanan yang lalu udah hapal angka dan huruf. Awalnya sih kita kaget tiba-tiba dia bisa nyebutin huruf-huruf di sepedanya and tiba-tiba bisa baca plat mobil. Itu hasil dia nonton kastarianimation seri lala, kita sih bukan sengaja mau ngajarin dia huruf dan angka, tapi karena emang dia suka ngikutin seri-seri dari kasatarianimation, dan ternyata semua diserap dengan baik sama Habib. Banyak perbendaharaan kata dan pengenalan benda-benda yang Habib dapet dari nonton video itu. Jadi sekarang, kalo liat huruf atau angka dimanapun, dia bisa bacanya. Bahkan ngebalikin huruf pun dia bisa, kayak huruf M dia balik jadi W, angka 6 dia balik jadi angka 9. 
  • Suka baca. Kalo lagi sendirian di kamar dan diem aja, intipin deh...pasti dia lagi sibuk buka-buka dan ngomentarin buku. 
  •  Mulai suka berhitung pake jari, gw gak tau ini siapa yang ngajarin, tiba-tiba dia suka nyuruh kita ngeluarin jari satu persatu dan nyebutin jumlahnya. Sebenernya sih Habib lebih berusaha untuk ngeluarin jarinya sendiri, tapi mentok cuma bisa nunjukin jari telunjuknya aja. Hahaha....  

Makan
  • Makannya dah mulai banyak (ya iyalah...udah gede gitu loh...), dan udah mulai mau bervariasi. Tetep aja kadang-kadang ada masa GTM-nya. Tapi sekarang, se-GTM-GTMnya Habib, kita dah tau jurus ampuhnya : Mie dan Buibur Jagung. Kalo dah disuapin dua makanan ini, pasti gak bakal nolak deh dia.
***

Overall perkembangannya sih bagus ya...tapi entah kenapa sekarang-sekarang gw mulai suka galau, soalnya udah mulai suka dibanding-bandingin ama si sepupunya, Gathan. Padahal karakternya emang beda banget dua orang itu. Gathan tipikal yang cerewet dan interaktif dengan orang lain, sedangkan anak gw tipikal orang yang cuekan dan dominan kinestetik. Jadi kalo si Gathan bisa main dengan manis, anak gw sibuk lari-lari kemana-mana. Cuma ya gitu...kayaknya orang-orang tuh lebih suka sama anak-anak model Gathan begitu deh. Yang jelas tiap anak itu unik. Kalo gw sebagai emaknya aja galau, gimana gw bisa mengoptimalkan perkembangan anak gw supaya bisa menjadi orang terbaik dalam versinya sendiri? Hohoho...ternyata begini toh rasanya jadi orang tua, anak masih baik-baik aja galaunya udah setengah mati, apalagi ngadepin anak yang bermasalah ya?  

2 komentar:

  1. Nyra, masa ya gw dapet link blog ini dari komen Nyra di metariza... muter2 di situ2 aja pulaaa bacaannya ternyata

    Ikut reuni doong Agustus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. anyaaaa...ya ampuuunn....

      blog barunya bagus nyaaa...sukaaa...kompakan banget sih ama misua

      Gw baru ngeh ada reuni (karena emg gak ikut grup line) dan tadi gw baru baca milis. Wokelah...lapor misua dulu yaaa...

      Hapus