Minggu, 03 November 2013

Harmonisasi Hati

Tadi siang sepulang dari nemenin Habiyah belanja ke mall (kebalik gak ya? bukannya harusnya gw ka ya yang belanja?) kita ngelewatin jalan sudirman cinde dimana dulunya ada berjejer ruko-ruko yang biasa disewa bimbel-bimbel ternama. Anehnya sekarang para bimbel itu gak ada satupun lagi yang nangkring disana? (tanya kenapa?) Akhirnya bernostalgila lah kita pada masa-masa SMU dulu ngebahas tentang bimbel-bimbel yang pernah diikutn waktu jaman SMU. Diantara nostalgila itu, tiba-tiba Habiyah nyeletuk : koq dulu waktu kita semua pada bimbel di G*, koq Bunda sendirian les di P**maG*ma?

Hmm...kenapa ya?
Waktu itu bimbel yang gw pilih malah bimbel yang gak ngetrend lagi di jamannya (udah kalah pamor dan mungkin juga karena dah menurun kualitasnya), padahal menurut orang-orang (dan menurut gw juga sih sebenernya) bimbel yang lagi ngetrend saat itu emang banyak nelurin orang-orang yang sukses di SPMB dibanding bimbel yang gw pilih. Tapi gw berencana lain, karena...........
  1. Lebih murah dan gak pake lama. Sebenernya gw gak niat banget buat les bimbel. Pikiran gw saat itu udah kepala mesti ngebul dari jam 7 sampe 2 siang...masak mesti dipaksa ngebul lagi sampe magrib? belum lagi kalo ada pe er (walaupun gw jaraaaaaaaang banget buat pe er ya) berarti gw harus rela belajar sampe malem? Haaaaaaaaaaa???? tidaaaaaaaaaaaaaakkk....., waktu terlalu berharga cuma dihabisin untuk belajar, kapan gw hang out-nya, nontonnya, dan bla-bla lainnya? Berhubung terpaksa gw harus ikut bimbel, biar gw gak kalah kerennya sama temen-temen gw yang lain, gw pilih bimbel yang sedikit waktu belajarnya, yang fleksibel dan muraaaaaaaaaah tentunya. Gak ada sama sekali di pikiran gw bimbel itu bakal negbantu biar gol SPMB (wong waktu itu SPMB aja gak tau, padahal dah kelas 3 loh...xixixix, gw pikir kalo kuliah itu ya tinggal masuk aja gak pake tes masuk segala)
  2. Gw itu gak suka berada dalam komunitas yang sama. gw gak suka kalo ketemu 4L alias LO Lagi Lo Lagi. Kalo di sekolah dah ketemu temen A, yoo..masak di bimbel harus ketemu A lagi.... Prinsip gw saat itu gw pengen punya sebanyak-banyaknya temen dan itu artinya bimbel yang gw pilih pastinya yang sedikit temen SMU-nya, bahkan kalo bisa gak ada sama sekali (ini mah alasan biar gw gak ketauan suka bolos). Gw gak pernah merasa terintimidasi dengan temen-temen yang udah berkelompok karena satu SMU. Bisanya sih gw suka SKSD sama mereka, jadinya gw jadi punya banyak temen kan? dan in bener-bener buat gw bahagia....
  3. Gw gak mau cara belajar gw diliatin ama orang. Kalo di sekolah kan gw emang hampir gak pernah belajar, kalo gak tidur ya tidur lagi, jadi emang temen-temen sekolah gw jarang ada yang tau sih cara belajar dan pola pikir gw. Nah kalo di les kan itu buat pendalaman, ngapain gw bayar mahal-mahal kalo di les gw malah tidur (ketauan kalo di sekolah gak ada guru yang bisa gw andelin buat jawab pertanyan-pertanyaan bodoh gw atau mungkin lebih tepatnya gak ada yang mau ngeladenin pertanyaan tak berbobot gw), disanalah gw bisa puas bertanya dan berfantasi walalupun ujung-ujungnya tentor gw itu pada kepuyengan ngejawabnya (karena gw-nya gak ngerti-ngerti). Kalo gw milih bimbel yang banyak penggemarnya yang mana artinya tuh bimbel pasti rame isinya, jadinya kan tentornya pada gak konsen buat ngejawab pertanyaan-pertanyaan dodol gw dan tentunya aartinya kedodolan gw semakin banyak dikonsumsi publik.
  4. Gw dianugerahin otak lola alias loading lama alias lemot tingkat dewa, jadi gw gak bisa paham atau ngerti dengan cepet tentang suatu pelajaran baru, butuh pemahaman yang mendalam, dan itu biasanya gw dapet dengan cara gw sendiri. Gw harus mengerti dasar dari suatu topik pelajaran baru gw bisa paham tentang pelajarannya dan terkadang gw sampai jungkir baik untuk memahaminya. Tapi kalo sekali gw dah paham dasarnya, mau dijungkir balikin gimanapun tuh soal-soal gw bisa jawab di luar kepala (hahaha....beneran di luar kepala loh saudara-saudara means di luar jangkauan otak, hahaha). Makanya waktu kuliah gw sampe dapet julukan angkot, ya karena emang otaknya suka ngetem lama sih, tapi kalo dah loading malah suka nyali-nyalip. Gw suka sakit hati dan stres sendiri kalo misalnya temen-temen gw dah ngerti tapi gw-nya gak ngerti-ngerti juga. Jadi daripada gw stres mending gw gak ketemu sama si orang-orang yang berotak cemerlang, entar gw malah sibuk mikirin kemajuan orang dibanding fokus sama pelajaran. Makanya gw gak pernah nyambung belajar sama orang-orang pinter itu. 
 hahaha....ke-empat alasannya bener-bener gak ada yang berhubungan sama kualitas bimbel kan? Sama kayak alasana gw milih SMU, harusnya dengan NEM yang gw punya (nyombong dikit lah yaw), gw bisa bebas rayon dan  masuk SMU 8 Jakarta dengan kelas accel atau minimal gw bisa masuk SMU unggulan lah di kota gw. Tapi gw malah milih SMU baru yang gak dikenal prestasinya Alasannya hampir sama, selain karena sekolah itu paling deket sama rumah gw, disana juga berarti gak terlalu banyak orang pinternya dan itu berarti gw bisa belajar suka-suka gw tanpa ada stressor lingkungan yang akan mempengaruhi.

Dulu waktu SMP kelas 3, gw masuk di kelas "buangan", gw namain "buangan" karena emang hampir semua siswa-siswi disitu adalah siswa-siswi dengan prestasi tertinggi dalam hal kenakalan. Semua yang "bermasalah" komplit jadi satu di kelas gw. Jadi hal umum banget lah kalo kelas gw paling sering digeledah, paling jarang dimasukin guru (kalopun masuk pasti marah-marah dan berceramah), paling sepi (karena banyak yang bolos) dan tentunya paling horor karena banyak hal-hal yang tidak diinginkan terjadi (gak usah diceritain disinilah ya...bikin malu aja). Tapi disana gw malah nelurin prestasi, gw bahkan bisa ngangkat nama sekolah gw yang udah lama gak pernah nangkring di tiga besar lagi, padahal waktu kelas 2 smp sih prestasi gw STD banget lah...gak pernah bisa nangkring di rangking 1 dan gw gak pernah bisa ngalahin anak terpinter di SMP itu, ehh...begitu gw berada di kelas abal-abal itu, prestasi dia malah ketinggaln jauh ama gw.. Ternyata berada di linkungan yang tidak kondusif itu booster banget buat gw. Gw suka kelas yang jarang dimasukin guru yang artinya gw punya lebih banyak waktu untuk ngoprek-ngoprek sendiri topik-topik pelajaran itu dengan cara dan pola pikir gw sendiri tanpa dicekokin rumus-rumus sama guru-guru itu.

Sampe sekarang gw juga masih gitu koq...gw biasanya memilih sesuatu bukan karena kualitasnya tapi gw sesuain sama pola pikir dan style gw. Setelah dirunut-runut, buat gw kualitas isntitusi itu gak penting. yang penting itu niat dan kemauan. Tapi sayangnya niat kemauan gw itu labil banget sesuai dengan mood. Di satu waktu gw bisa berprestasi di waktu yang lain gw bisa minus prestasi.

*catatan pengingat buat diri sendiri yang lagi galau melihat rekan-rekan yang sukses berada di institusi beken. Lo bisa berprestasi dimanapun lo berada nyr...percayalah....buktiin aja kalo gak percaya...(ngebuktiinnya gimana?? keliyengan sendiri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar