Kamis, 28 November 2013

Dari Dorama akhirnya malah nyangkut ke Obsesi Terpendam

Minggu kemaren, pas gw lagi ngecek dokumen di ruangan sekretarisnya pak Big Bos, gw ngedapetin mahasiswa magang yang sementara didaulat jadi sekretaris Pak Big Bos lagi nonton di lappynya. Eitss...kayaknya yang ditontonnya bukan pelem biasa deh...settingnya beda gitu, kayaknya gw kenal setting-setting model begituan. Eng ing eng....hayoo...lagi nonton apaan?
Bener ternyata, dia lagi nonton dorama kan.

Huih....langsung deh dia gw cecar berbagai pertanyaan seputar dorama. Gw yang tadinya lagi punya banyak banget kerjaan, tetiba nongkrong lama banget di ruang sekretaris pak Big Bos ngomongin dorama sampe heboh gitu, gak peduli walaupun kuping di ruangan sebelah (ruanganya Big Bos) bakal jengah dengernya, dan beneran deh akhirnya walaupun bukan pak Big Bos yang keluar ruangan tapi karyawan lain yang ada di depan ruangan yang akhirnya nengokin kita.

Huiii...gimana gak heboh coba kalo ngomongin dorama, soalnya gak banyak orang yang suka sama dorama, jadi begitu gw ngedapetin ada orang yang suka dorama, jadi gimana gitu, berasa gak jadi orang teraneh lagi diantara para korea mania di sekitaran. Sebenernya mahasiswa magang itu gak begitu banyak tau juga sih pelem-pelem atau aktor-aktris Jepang, tapi setidaknya kan dia nonton beberapa dan yang paling ngebahagiain gw ternyata dia punya beberapa temen yang maniak jepang dan salah satunya ada yang lagi magang di kantor gw juga, cuma beda divisi. Gw langsung pesen ma dia kalo temennya itu minta nemuin gw nanti, dan bener pas sorenya si anak magang itu akhirnya nemuin gw ama temennya itu. Wuih...jadi tambah heboh deh gw.

Sebenernya dah lama banget sih gw gak nonton dorama, sejak gw pindah ke Palembang di tahun 2009, sejak itu gw gak pernah update, kecuali beberapa kali nonton ulang dorama berdua ama Habiyah. Awal mula gw jatuh cinta ama dorama itu pas nonton Ichi Riteru Nomida (One Litre Of Tears) yang buat gw nangis hampir di setiap episodenya. Terus berlanjut nonton Nodame Centabile yang lucu banget, Tokyo Tower yang bener-bener bikin terharu sama My Boss My Hero yang bikin ngikik-ngikik. Ehh...jadi keterusan deh. Pokoknya gw ikutin terus perkembangan dorama, band dan boy band-nya (dulu belum ada boy band korea). Koq gw jadi suka ama dorama sih? padahal kan gw aslinya drakor lover sejati, koq malah pindah ke lain hati? (minta ditujes drakor lovers nih. Sorry no offense or hard feeling yaw...gw masih setia ama drakor koq...tapi ratingnya aja yang dinomorduakan, hehehehe) .Oke ini dia beberapa alasannya kenapa gw gak setia :
  1. Episodenya paling cuma 10-12, jadi gak capek banget kan nunggu endingnya selesai. Tiap episodenya dipikirin mateng-mateng banget apa yang mau ditampilin. Kalo drakor kan ampe 20-an, jadi nontonnya lebih singkat gitu.
  2. Ceritanya gak melulu tentang cinta segi empat, tapi menyentuh banyak hal, dari mulai cinta-cintaan, lucu-lucuan sampe ke hal-hal yang gak masuk akal, dan ceritanya gak pernah sama antara satu pelem dengan pelem lainnya. Gw juga pecinta drakor sih, tapi ya itu gw cepet merasa bosen karena ujung-ujungnya pasti nyangkut ke cerita cinta segi empat yang kalo menurut temen gw selalu ada cewek yang kurang beruntung (jelek, miskin, bodoh) yang jatuh cinta atau dicintai sama cowok beruntung (ganteng, kaya, pinter) dan kisahnya pasti seputaran konflik percintaan mereka yang dibalut sama setting yang berbeda aja.
  3. Aktor-aktrisnya mukanya unik-unik. Kalo korea kan aktor-aktrisnya pada ganteng-cantik-mulus-kinclong banget gitu, yang selalu buat kita jadi tergila-gila ama pemerannya.  Misal kayak pelemnya Lee Min Ho (gw lupa judulnya) *ketauan banget ya kalo gw ngefans beut ama nih orang, waktu dia jadi jadi agen arsitek gitu yang lagi ngincer proyek gede punya ortunya si cewek yang dulu batal dibangun, itu ceritanya gak banget deh, STD, tapi karena yang main Lee Min Ho, walaupun gak bagus gw ikutin aja, cuma demi bisa liat Lee Min Ho-nya. Tapi kalo dorama Jepang, rate wajah pemainnya STD bangetlah (nyaris bisa dibilang jelek malah, hehehehe), tapi disitulah kekuatannya karena kita jadi fokus ama cerita dan aktingnnya, bukan pemainnya. 
Coba deh liat cerita beberapa list pelem yang pernah gw tonton :
1. Last Friend 
Cerita tentang cowok psikopat, cewek yang pasrah, cowok yang kemayu, dan cewek tomboy yang lesbi. Dikemas secara apik dan menarik.
2. Baranonai Hana Ya
Ini dorama paling gw favoritin sepanjang masa. Kisah penjual bunga yang gak menjual bunga mawar.  Si penjual ini diincer sama seorang dokter kepala rumah sakit untuk balas dendam atas kematian anaknya beberapa tahun lalu dengan dijebak melalui suster cantik yang berpura-pura jadi orang buta. Ini ceritanya gak gampang ditebak banget dan di setiap episodenya buat kita ber Waw-Waw ria karena mikir "Ada ya orang sebaik itu?". Emosi pemainnya dalem banget deh sampe bisa buat kita meyakini kalo emang orang sebaik itu ada dan nyata.
3. Nodame Centabile
Cerita tentang sekolah musik gitu, si Nodame yang gape main musik tapi culun dan jorse (jorok sekali) jatuh cinta sama chiaki senpai yang ganteng dan rapi. Huhuhu...totemo kakoi deh pokoknya nih dorama, bikin ngakak sepanjangan karena berasa nonton komik gitu.
4. My Boss My Hero
Gengster yang disuruh sekolah sama Bapaknya. Ngebayanginnya pasti serem ya, tapi ini mah lucu. Dia bela-belain mau sekolah di Saint Angel cuma karena disana ada puding terenak sejagat raya. Tapi finally dia jadi cinta sekolah, walaupun di endingnya dia jadi gak lulus dan harus ngulang sekolah lagi.
5. Nobuta Wo Produce 
Ini project 2 cowok (satunya terkenal di sekolah, yang satunya cowok aneh yang suka menyendiri dan gak punya temen) untuk ngubah si cewek jelek, miskin dan pemalu tingkat berat. Tapi mereka bukannya pengen ngubah si cewek ini jadi cantik gitu sih, cuma membuat cewek ini lebih bergairah, merasa nyaman dan diterima dengan tetap mempertahankan jati dirinya.

6. Yama Onna Kabe Onna
Dari judulnya aja dah lucu, artinya Cewek Gunung dan Cewek Dinding.  Cerita tentang cewek yang punya dada besar dan dada rata. Hahahaha....kayaknya porno gitu ya...tapi ini mah asli kocak banget dan inspiring.
7. Nana
Cerita tentang 2 cewek yang punya nama yang sama "nana" yang tinggal dalam satu apartemen nomor nana (dalam bahasa jepang nana artinya 7). 2 cewek ini punya kepribadian yang beda, yang satu feminin dan heboh banget, yang satunya tomboi dan pendiam. Tapi mereka kompak banget dengan tetap menjaga privasinya masing-masing.
8. Galileo
ceritanya mirip Conan, tentang detektif-detektif gitu.
9. Lupa judul
cewek yang gak punya pacar terus nyewa robot cowok buat jadi pacar, tapi ternyata robotnya jadi kayak manusia, punya hati gtu deh.

10. Lupa judul
tentang cewek tomboy yang sekolah pramugari. Ini asli kocak abis pelemnya, soalnya nih cewek suka buat ulah di sekolah pramugarinya.

11. Death Note
Detektif aneh yang cool banget tapi keren abis yang nyelesain beberapa kasus terkait sama death note.
12. Hana Yori dango
nah ini versi aslinya BBF-nya lee min hoo yang fenomenal itu, gak kalah serunya koq. 

13. Taiya No Uta
Cerita tentang cewek yang punya penyakit gak bisa kena sinar matahari. Yang main si Erika Sawajiri, yang main di Ichi Riteru Nomida. Kalo versi pelem-nya yang main itu si Yui, penyanyi Jepang favorit gw. xixixixi...
14. Proposal Daisakusen
Dorama Yamapi pertama yang gw tonton. Tentang groom & bride yang pengen mengubah masa lalunya. Tapi sayangnya setiap perubahan yang dibuat, apapun itu pasti ada yang gak enaknya alias dampak negatifnya. 

dan pokoknya masih banyak lagi deh dorama lain yang ceritanya bagus-bagus (gw udah lupa-lupa euy judul dan ceritanya).. Ceritanya bener-bener menyangkut berbagai sisi kehidupan kan??? Seru loh. Makanya yuk nonton dorama, hehehe biar gw tambah semangat lagi nih nonton dorama-nya karena punya temen dengan frekuensi yang sama.

Dulu di kampus gw ada yang namanya Rileks, semacem apa ya, kayak kaskus gitu deh banyak forum-forumnya tapi hanya untuk internal kampus. Nah disini itu paling update yang namanya pelem, serial, korea drama atau dorama. Begitu keluar di negara asalnya, bentar lagi pasti langsung ada di Rileks. Jadi kerjaan kita dulu ya paling suka mantengin Rileks, maklum litcher sejati, cuma bisa nyedot doank gak pernah upload (dulu sih belum ada persayaratan mesti 100 komen baru bisa nyedot). Yang lucunya biasanya untuk dorama Jepang ada salah satu top uploader bernama Jambak yang suka upload dorama teranyar, sayangnya dia suka ngebatesin downloadernya 10 orang aja, xixixixi...kebayang kan gimana parebut-rebutannya kita biar bisa nyedot tuh pelem. Huhuhuhu....gw kangen Rileksssssssssssssss......

Sejak sering nonton dorama, gw jadi lebih terobsesi pengen ke Jepang, sampe gw bela-belain les Bahasa Jepang. Karena cita-cita gw pengen jadi diplomat kandas, gw dulu berharap suatu saat gw bisa ngelanjutin sekolah ke Harvard (Amin...Amin...Amin...) atau minimal bisa ngelanjutin kuliah ke TODAI (Tokyo Daigaku) boo.....Gw suka sama budaya disana (makanya dulu gw sempet ikutan unit UKJ alias Unit Kebudayaan Jepang). Semangat dan disipilinnya tinggi banget. Coba kita tengok lagi kejadian Tsunami, apa ada mereka nampilin duka-dukanya (coba kalo di Indo, sebisa mungkin yang ditampilin itu muka-muka orang lagi kesusahan atau nangis semua). Petingginya pada bertanggung jawab, bahkan mereka rela mengorbankan dirinya demi masyarakatnya. Waktu reaktor nuklirnya meledak, malah pemimpin mereka yang turun ke lapangan, padahal sangat beresiko tinggi terkena radiasi. Pokoknya gw ngefans banget sama negara ini. Apalagi pas kuliah kan kebanyakan dosen juga banyak yang sekolah di Jepang dan banyak banget materi kuliah gw yang disadur atau berkiblat ke Jepang.Buat gw tambah amazing aja ama nih negara.

Waktu Toshiba buka lowongan kerja dengan syarat mesti training 3 tahun di Jepang, gw semangat banget apply. tapi sayangnya gw gak keterima, dan yang lebih nyakitin hati itu gw gak keterima di tes pertama donk, padahal itu cuma tes psikotes sederhana. Duh...kenapa sih waktu itu gw pake acara telat dateng dan gak tidur 3 malem karena ngerjain TA. Grrrr.....rasa kecewanya masih kerasa banget ampe sekarang.

Tapi lucunya, sekarang begitu ada kesempatan buat ngelanjutin sekolah lagi, koq gw gak mikir mau Jepang ya? Soalnya gw gak sanggup lagi kalo mesti belajar bahasa Jepang (walaupun gw suka banget belajar bahasa Jepang). Kalo memang gw ada rezeki mau ngelanjutin sekolah lagi, gw akan milih Eropa, Amrik atau Aussie aja deh, yang bahasa pengantarnya Inggris aja, biar gak susah belajar bahasanya lagi. Mungkin gak ya gw bisa ke Harvard????

*eleuh...ini awalnya cerita dorama koq jadi malah curhat cita-cita sehhh. Aneh....

2 komentar:

  1. dari 14 yang belum kutonton cuma 1,2,6,7,10. sisanya khatam. haha..
    aku sih suka semua lah nyr. mau dorama, drakor, mau seri dari amerika. dihajar semua. dulu nontonnya bareng temen2 satu kos dan ber ah oh bareng. jadi kangen. hiks..

    masalah sekolah lagi, aku mendorong suami untuk sekolah lagi. tapi klo aku sendiri mau ngelanjutinnya ke sekolah masak sama sekolah nyetir. hihi..

    BalasHapus
  2. aseek...hajar deh...ada yang seirama nih...

    BalasHapus