Senin, 07 Oktober 2013

Adab Makan

Rencananya saya mau nyobain kefir nih buat obat gerd saya (katanya sih bukan obat ya tapi untuk memperlancar pencernaan dan kebugaran, tapi banyak diulas di grup GIHM karena banyak yang nyobain dan jadi seger). Jadi subuh-subuh tadi sebelum kelupaan saya sms mbak ita si penjual kefir yang direkomendasiin salah satu temen di grup GIHM buat nanyain harga kefir dan lokasi tokonya. SMS saya bukan dibales sms malah dibales telpon ama beliau. Saya sih awalnya udah suudzon duluan, ada apa nih, ini sih biasanya metedo marketing kan buat meyakinkan produknya, tapi saya salah sangka, begitu dia selesai nanyain penyakit saya, eh malah dia banyakan kasih saran ke saya, bukannya jualan. Sarannya sih sebenernya apa yang sudah saya terapin selama ini (dan saya juga tau ilmunya), tapi sudah saya lupakan sejak punya anak dengan alasan rempong atau terburu-buru. Semua yang dia saranin itu sunah Rasul (maaf ya Rasul, akhir-akhir ini saya menganggap remeh sunnahMu hanya karena alesan "anak"), padahal semua "bad habit" itu kontribusi besar ke penyakit gerd saya, karena akan memproduksi gas dan mempengaruhi kerja lambung

1. Makan jangan berdiri
Ahay, sekarang mah minum makan hampir berdiri melulu, karena tiap kali makan selalu diawasin dan direngekin Habib, atau kalo pun makannya duduk, makanan saya ditepis ama dia sampe tumpah. 

2. Minum jangan langsung banyak, tapi diteguk sedikit demi sedikit
Kalo minumnya langsung banyak, maka gas akan terperangkap di lambung. 

3. Makan jangan ditiup
Xixixi, kalo makanan Habib kepanasan dan Habibnya udah gak sabaran dan saya panik, jadinya saya tiup deh. Gak jarang, makanan saya pun suka saya tiup.

Ampun ya Allah, gak lagi deh kayak gitu, tapi sembuhin ya penyakit saya...ya..ya...ya...please
*kelip..kelip mata

Disini saya gak bahas hadis atau medisnya ya...., cuma buat pengingat saya saja.

5 komentar:

  1. aku banget nyr. makan berdiri, minum langsung glek dan ditiup klo panas. ampuun.. abisnya kadang kondisinya yang emang harus melakukan itu. huhu..pantes ya perut sering ga enak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya vi...hal sederhana yg dianggap remeh, tapi banyak dampak negatifnya kalo gak dilakuin

      sungguh islam itu indah ya...

      Hapus
  2. aku dari dulu nyoba mendisiplinkan anak2 (dan diri sendiri juga, dong) sama 3 hal itu. Cuma yang terakhir yang masih konsisten dijalankan sampe sekarang. Jadi kadang kalo makan sama A3, suka lamaaaa.. soalnya nunggu makanan bener2 nggak panas. Haha.. Kalo yang pertama-ke-2, rada susah ya, apalagi kalo jajan di mall. Uuhh, makan sambil jalan itu udah yang paling asyik, kayaknya... *jangan ditiru* Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling susah itu kalo di kondangan mbak...kalo standing party kan harus makan berdiri...
      tapi begitu aku terapin 3 adab makan itu beberapa hari ini, hasilnya bener-bener TOP deh mbak...perutku adem ayem, gak sepert biasanya grabag grubug mengalay...

      Hapus