Kamis, 03 Oktober 2013

Liburaaaaaaannnn

lama ya tak bersua sama kamu scoobib...
kangen uey...dah banyak banget unek-unek yang pengen ditulis...
kali ini kita cerita yang asik-asik dulu aja yah...
kabur dulu sebentar dari kerjaan yang ruwet dan gak ada habis-habisnya ini (pyuh.........tarik nafas dalem-dalem)
*dipelototin bos yang dari tadi kepo nanya-nanya pas saya curi-curi BW, padahal maksud hatinya adalah menegur anak buahnya ini secara halus "WOI KERJO WOI, kok malah ngenet..."

Beberapa minggu terakhir ini lumayan sibuk karena emang load kerjaan lagi banyak dan banyak juga kerjaan yang seharusnya bukan tanggung jawab saya harus saya kerjain. Kadang kerjanya pake emosi, soalnya giliran kerjaan orang lain kalo si empunya lagi gak di tempat (dan apesnya sering banget gak di tempat) dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab saya back-up, tapi begitu saya gak ada (dines or cuti misalnya) gak ada yang ngeback up, bahkan kalo lagi training di diklat, saya sering dipanggil pak bos, pyuh...bahkan untuk cuma sekedar buat surat undangan doank donk....dan yang lebih parah kalo saya sakit pun kadang masih disuruh dateng buat ngantor.

Btw, udah 4 hari ini Habib sakit, badannya panas, rada rewel, dan makannya dikit bener. Ternyata kena campak. Kompakan ama Gathan, gak tau siapa duluan yang nulerin, yang jelas sakitnya barengan. Semoga cepet sembuh ya Abithan, gemes banget liat kulit kalian yang memerah karena campak.

Liburaaaaaannnn
Minggu kemaren kita sempet jalan-jalan ke Bangka, gak nyangka banget kalo akhirnya bisa liburan lagi (setelah berkali-kali rencana liburan batal). Selama ini (selain karena masalah finansial tentunya) kalo mau liburan bareng Habiyah itu susah banget karena jadwal kerja Habiyah yang padet dan gak ada istilah "cuti". Kalo emang mendesak banget harus "cuti" Habiyah harus ganti jadwal kerja yang dia tinggalin itu di lain waktu. Alhasil ya kayak sekarang ini, dah semingguan ini jarang ketemu Habiyah karena dia harus ganti jadwal kerjanya waktu liburan kemaren. Kasian banget kan....tensinya ampe drop ke 80/60. For him, It's really pain for the gain, right?  

It's first time Habib naik pesawat, mana fly-nya cuma sebentar pula, kira-kira 20 menitan dari take off sampe landing. Walaupun cuma dua puluh menitan ya, tapi Habib heboh banget, heboh nenen maksudnya. Gaya nenen di pesawat dia samain kayak di rumah. Selama di pesawat, Habiyah and mama (oh iya kita perginya bareng mama juga) sibuk megangin Habib dan nutupin dada saya, itupun masih keteteran...untung gak banyak orang yang lalu lalang, jadi gak terekspos banget kan.

Kita ke Bangka karena anak Uju Wiwin (Uju dalam bahasa Bangka artinya anak nenek paling bungsu alias oom/ tante bungsu) sunatan. Begitu sampe di pangkal Pinang, mampir ke rumah atok iii, amazing liat rumah sekitaran atok dah pada jadi ruko semua, jadinya rumah atok berasa rumah antik gitu di antara ruko-ruko megah. Amazing juga liat bisnis uju yang berkembang pesat. Rasanya baru kemaren uju terseret-seret bangun bisnisnya dari nol, baru kemaren minta dikerokin mulu setiap liat muka saya (saking capeknya), baru kemaren tidur di kandang cacing, baru kemaren dia dicemooh dan diremehin keluarga karena gak jadi "pegawai", udah susah-susah dikuliahin (dari 8 anak atok cuma uju doank yang bisa mengenyam bangku kuliah) koq malah nyeleneh gak mau kerja (red wiraswasta). Saya ngikutin banget jatuh bangunnya uju bangun bisnisnya. Sekarang....bisa dibilang dia yang paling sukses, rumahnya gedongan, mobilnya banyak, bisnisnya banyak, kantongnya tebel. Tapi gayanya gak berubah, tetep down to earth seperti biasa, rajin ngaji, becanda, easy going dan bercelana pendek ria. Sungguh rezeki Allah limpahkan buat orang yang selalu berdo'a dan berusaha ya. Cambuk banget buat saya, harus belajar banyak nih sama uju.   

Schedule jalan-jalannya padet banget, begitu nyampe pangkal pinang setelah mampir ke rumah atok iii dan uju wiwin, kita langsung ke koba, Habiyah yang nyetir. Padahal malemnya Habiyah baru pulang kerja jam 11 malem sedangkan saya baru pulang dinas dari Pontianak dan baru sempet packing tengah malem sambil nahan kantuk, tapi karena aura liburan jadi asoy-asoy aja, gak kerasa capeknya, apalagi ngeliat pemandangan pangkal pinang-koba yang aduhai. Ini pertama kalinya Habiyah ke Bangka, jadi dia exiting banget. Begitu nyampe koba, si Habib seneng banget karena banyak mainan (baru) di rumah abang Alka, bahkan saking senengnya sampe-sampe kaki tangannya penuh gigitan semut karena ngegaruk sarang semut. Tapi begitu sorean, nih badan baru kerasa remuknya....tadinya kita mau nikmatin sunset di seashore koba sambil minum es kelapa, malah gagal. Sempet sih jalan-jalan bentar aja, paling cuma 15 menit keliling kota ehh tiba2 udah magrib aja.

Besoknya kita lanjut ke Sungailiat, yang nyetir Habiyah juga. Walaupun ini baru pengalaman pertama nyetir di Bangka dan mama si penunjuk jalan juga malah bengong ngeliat perubahan luar biasa di kampung halamannya, kita gak takut nyasar karena emang kotanya kecil dan jalannya lurus-lurus aja. Kagak ada macet-macetan deh. Sepanjang jalan mama berapi-api ngomentarin perubahan kota, ngebahas rumah temen-temennya, kolong tempat dia mandi dulu, bla...bla...bla.., sambil jadi tour guide abal-abal buat si pak sopir tembak. Apalagi setiap kita bilang Bangka itu bagus, setiap kali itu juga mama ngebahas tentang orang-orang yang mencemooh Bangka karena menganggap banyak ilmu guna-gunanya (padahal mah menurut mama orang-orang tuh pada betah di Bangka ya karena Bangka emang kota eksotis, nyaman dan tenang). Gak tau deh, mungkin pak sopir juga pusing kali denger ceritanya mama yang kayaknya gak ada habis-habisnya, padahal ya si mama ini tiap tahun dateng loh ke Bangka, tapi ya itu gak jalan-jalan, jadi gak begitu tau perubahan kota. 

Di Sungailiat kita ke rumah adik mama yang lain, Icik Ida. Di Sungailiat ini kota kelahiran saya dulu. Kota yang membuat saya menjadi petualang sejati, kota yang membuat saya benar-benar merasa menjadi anak-anak. Kami adalah anak-anak pantai dan hutan, mirip Marimar lah kira-kira (hahaha). Di seberang jalan rumah saya itu ada laut, ada kampung nelayan, ada hutan. Di sana kami berayun ayun di pelepah pohon kelapa di pinggir pantai, nangkep udang yang meletik letik di pinggiran laut yang hanya setinggi mata kaki, nangkep ikan dan kepiting, metik buah-buahan di hutan, masak sendiri hasil perolehan kami dari hutan dan laut tadi, berbaring di ayunan di samping pondok buatan kami sendiri. Huh...liur saya menetes-netes ngebayangin makanan-makanan restoran bintang lima yang dulu bisa dengan bebas kami nikmati, hasil tangkapan sendiri pula. Hooo...indah kan? Mirip cerita-cerita bolang deh kira-kira.

Kami akhirnya ketemu sama Bibik Sur, yang sudah mengasuh saya sejak orok oek-oek (bahkan sejak umur 5 bulan di dalem kandungan) sampe akhirnya kami harus pindah ke Palembang waktu saya kelas 3 SD. Kangen banget sama bibik karena bibik bener-bener mengasuh kami dengan sepenuh hati. Disini kami menculik anak Bibik Sur satu-satunya buat diajak ke Pantai, namanya Putik.

Di Sungailiat kami mendatangi 3 pantai : Tanjung Pesona, Parai Beach dan Matras. Semuanya dikunjungin secara kilat, kurleb setengah sampe satu jam aja. Kami cuma punya waktu hari ini di Sungailiat, karena besok kan acara sunatan anak Uju Wiwin di Pangkal Pinang, jadi paling lambat malemnya kami harus sudah sampai di Pangkal Pinang lagi. Begitu ngeliat indahnya pantai, si Habiyah langsung setengah memaksa ngajak nginep di villa pinggir pantai. Hehehe...lain kali aja ya Habiyah....mepet banget nih soalnya, gak enak kan kalo orang pada rempong bantuin hajatan ehh...kita malah kabur. Emang bener ternyata Bangka punya segudang guna-guna yang membuat orang mabuk kepayang dan gak pengen pulang dibuatnya.

Si Habib seneng banget main di Pantai, mesti ekstra hati-hati karena Habib kan penggila air, takut dia kalap. Coba di Palembang ada pantai begini ya....jadi kan gak mesti ngemall melulu
 Sayangnya kami gak bisa dengan puas nikmatin seluruh isi ketiga pantai itu, apalagi seluruh pantai yang masih bejibun di Bangka. Bisa jadi alasan kan buat dateng dan dateng lagi kesana. Kami juga gak sempet nikmatin wisata kuliner karena emang hampir semua makanan kami disiapkan sama adik-adik mama.  

Selasa Pagi 
sms pak bos : "Nyra jangan lupa masuk hari ini"
di atas meja dah bertumpuk kerjaan dan segudang perintah ini itu dari pak bos dan Big Bos
Bagossssssssss.....

2 komentar:

  1. huahaha..ga enak ujungnya ya nyr. teteup diteror kerjaan. btw pantainya bagus euy. cobain ke belitung nyr.

    BalasHapus