Senin, 07 Oktober 2013

Semakin membujang

GTM 
Hari ini Habib tepat 15 bulan, kerasa banget (siapa yang bilang gak kerasa ha??) ya waktu itu berlalu hari demi harinya, bahkan menit demi menitnya (gak sampe sedetik-detiknya koq) : kerasa capeknya, kerasa roller coaster emosinyanya, kerasa setiap tumbuh kembangnya dan kerasa pertumbuhan kasih sayangnya.

Sebagai orang tua, pastinya gak mau susah dan gak mau anak-nya berlaku nyusahin, ya kan? Kayak sekarang ini nih, tiba-tiba Habib GTM donk, makan apapun hampir gak mau, gimana gak susah tuh? Udah dicobain ini itu sampe saya paksain makanan masuk ke mulutnya biar dia nyobain rasanya, tetep aja maksimal masuk 3-4 suap doank, ihikssssssss. Ternyata eh ternyata Habib tumbuh gigi (kayaknya sih ini penyebab utamanya), dan kita gak menyadarinya karena tiba-tiba gigi itu udah gede aja nongolnya. Ya ampun nak, segitu gak perhatiannya kita. Pelajaran pertama "Check Out The Root Cause and Never Put The Monster on The Problem".

Itu baru satu ya, cuma soal makan aja pikiran saya semingguan ini dah kalut gak karuan, gak kebayang kalo suatu saat dia dah gede dan bukan cuma tumbangnya lagi yang harus saya perhatikan tapi juga kebutuhan emosinya. Rasanya gak kuat kalee ya kalo suatu saat dia bakalan bilang " Emang masalah buat Bunda?" atau "Bunda nih nyebelin banget" atau "Sudah kubilang gak mau ya gak mau" atau sekedar aksi Walk Out atau buang muka waktu kita lagi asik ngomel-ngomel. Pret...., cuapek deh.... (gak mau ngebayangin ah....Habib kan nanti anak manis dan soleh kan Bib..kan..kan...kan, jadi GAK AKAN bersikap begitu ke Bunda atau siapapun, amin amin amin).

Tetangga saya ada yang kerjaannya jerit-jerit tiap hari marahin dua anak cowoknya yang masih SD, sampe suara jeritannya kedengeran satu kampung. Dulu sih mikirnya nih orang kagak malu dan waras banget dah, padahal dah sering diingetin (sampe MIL saya yang jarang ketemu pun juga turun tangan nasehatin) tapi masih juga suka jerit-jerit. Tapi sekarang mikirnya mungkin itu cara dia mewaraskan diri dengan menggadaikan rasa malunya demi mengingatkan anak-anaknya.   

Jadi sekarang saya juga sedang berusaha mewaraskan diri untuk menghadapi situasi yang tidak terkendali seperti GTM-nya Habib ini (Aih...suju mana suju....atau CN Blue aja deh...). Susah juga ya berdamai dengan hati ketika keinginan kita berlawanan dengan kenyataan, ujung-ujungnya mencari-cari alternatif penyelesaian dengan "menengok ke bawah" agar lebih bersyukur.

Being A Parrot
Si bujang udah mulai ngomong nih sekarang, walaupun masih satu kata aja, tapi vocabnya dah mulai banyak. dan artikulasinya jelas, bahkan untuk kata-kata berkonsonan sulit sekalipun kayak motor, traktor.  Dan tebak kata apa kata favorit Habib? tak lain dan tak bukan adalah "AIR". Kata ini bisa diulang berpuluh puluh kali dalam sehari. Sedihnya sampe sekarang belum bisa panggil Bunda (tapi lancar panggil kakek, nenek, atok, mama, papa, papi, mami, tante, ayah...ehh...wak juga belum bisa dink...padahal wak kan yang ngasuh dia dari senin-jumat, kasian ya kita wak) cara dia manggil saya masih pake senjata ampuhnya : "nangis".

Apapun yang kita bicarakan dah mulai ditiru ama Habib. Habib juga dah mulai bisa mengekspresikan keinginan lewat kata, kayak minum, naik, nenen. 

Hihi..gak sabaran nunggu Habib di masa "talkative" dan si "apa itu"

Sepeda Baru
Gara-gara si Habib kerjaannya mainin sepeda habiyah mulu tiap hari (muterin rodanya maksudnya) dan waktu liburan kemaren seneng banget main sepeda anak uju, Habiyah jadi terobsesi mau beli sepeda buat si Habib, tapi maunya bukan sepeda plastik tapi sepeda besi beneran. Kebetulan kemaren ngajak Habib JJS pake motor keliling kampung, eh malah ngeliat bengkel sepeda yang juga jualan sepeda, tapi sayangnya gak ada sepeda untuk umur Habib, jadi kita direferensiin buat beli sepeda di bengkel sepeda yang lain. Waktu kita mau beli sepeda itu, penjual dan orang-orang di sekitaran bengkel itu nyaranin kami buat gak beli tuh sepeda, soalnya si Habib belum cukup umur untuk main sepeda begituan alias belum bisa pake sepeda begitu. tapi si Habiyah ngotot mau beli juga (saya juga ikut sangsi soalnya) dan bilang kalo untuk Habib itu pengecualian. Tapi ternyata saya dan orang-orang itu salah besar donk...., anak 15 bulan itu bisa "mengincang/ mengais/mengayuh" sepedanya, sayangnya kakinya belum sampe bener jadi ngayuhnya masih sedikit-sedikit atau kadang sampe turun gitu badannya buat ngayuh sepedanya (kayak gaya kita kalo make sepeda yang lebih besar, kita gak bisa duduk di sadelnya kan, badan kita ngikutin ayuhan sepeda). Ya ampun nak...maafkan Bunda ya yang underestimate ya. Kalo suatu saat nanti Buda underestimate sama kemampuan mu, masih ada Ayah yang bisa ngeback up, ya gak? Hahaha....

Lagi berusaha naik sepeda sendiri. hayulah nak cepetan jago ya main sepedanya, biar habiyah and habibun bisa sepedaan lagi, bukan sepedaan berdua lagi tapi bertiga sama habib.

Sekarang, kalo liat kamera Hp pokoknya langsung gaya mesem-mesem gitu, trus begitu selesai difoto sibuk minta diliatin hasil fotonya sampe ketawa-ketawa bangga liat fotonya sendiri , kadang juga sibuk ambil hape gaya moto sendiri. Ihh...ini pasti ketularan kak Acha deh, banci foto.

Spoilt Little Boy
Ibu mana sih yang gak terenyuh hatinya kalo tiap pulang kerja anaknya nangis-nangis minta digendong sama ibunya? Gak jadi masalah sih kalo seandainya ada saya dia jadinya cuma mau sama saya, yang jadi masalah sih kalo ada saya semua aktivitasnya terhenti, kalo lagi makan jadi gak mau makan lagi, kalo lagi main maunya digendong saya mulu. Pokoknya saya jadi serba salah, kalo ada saya dia jadi manjaaaaaaaaaaaa banget, jadi suka merengek-rengek, gak mau makan dan nenen melulu. haihh....saya-nya kan jadi rempong atuh, karena gak mau dipegang orang lain, aktivitas utama saya kayak makan, solat keganggu. Sing sabar ya nyr..., lagi-lagi liat ke bawah nyok...banyak anak-anak yang gak betahan sama ibunya, kamu harus bangga donk anakmu sayang banget sama kamu. Masalahnya saya bingung, itu artnya sayang, demanding atau spoilt ya????

Iklan
Habib suka banget sama yang namanya iklan, kalo dah nonton iklan khusyuk banget gak mau diganggu. Kalo dia lagi asik main pun  kalo tiba-tiba kedengeran bunyi iklan kesukaannya, langsung berenti main trus nonton deh. Ini obsesinya cuma sama iklan aja loh, enggak sama acara TV, begitu selesai iklannya Habib langsung kabur main lagi. Hobinya ini suka kita manfaatin sebagai pengalih perhatian, misal kayak saya mau ambil wudhu and solat, bahkan si nenek karena gak kuat ngasuh Habib kalo saya titipin solat atau mandi, jadinya dicariin iklan biar diem, kalo dah habis iklannya cari iklan lain sampe saya selesai solat atau mandi. Hahahaha....

Btw...ada dampak negatifnya gak ya kebanyakan nonton iklan?

4 komentar:

  1. ih,,habib pinter banget ya nyr. fotonya lucu pulak sambil nyengir gitu. hihi..
    haziq juga sukaaa banget nonton iklan. ga boleh diganggu. jadinya nonton tv ya cariin iklan. klo film mulai deh kabur.

    btw anggap aja lah itu ungkapan sayang habib ke dirimu nyr. haziq juga gt waktu aku ga pulang siang selama 2 hari karena ada acara kantor. besok2nya manja banget. minta gendong terus. belum lagi bobonya jadi malem banget. ampuun..tapi dinikmati aja. tar klo udah gede malah mungkin dia udah malu dicium depan temen2nya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya vi...kalo liat iklan gitu pokoknya gak bisa diganggu, kadang dia ampe ketawa-ketawa geli kalo nonton iklan. Makanya dimanfaatin banget buat pengalih perhatian

      Ihh...gimana perasaan kita kalo nanti nyium cowok ganteng di depan umum (which is itu anak kita)...deg-degan kali ya...

      Hapus
  2. Aduh Habib lucunyaaa..... udah pinter pula.. 15 bulan ya? tapi udah bisa ngegoes sepeda... kereeeen... eh ya, bisa jalan umur berapa? Anakku pada bisa jalannya umur 14 bulan, jadi umur 15 bulan itu ya masih ngelancarin jalan aja, belum kenal sepeda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. habib mulai jalan umur 10 bulan mbak...
      iya nih...emaknya juga ampe kaget ngeliatnya bisa ngegowes sepeda...

      Hapus