Senin, 09 Desember 2013

Euphoria persiapan pernikahan abang

insyaAllah 11 Januari nanti adek gw, si abang, akan menikah. Berhubung si calonnya itu ibunya udah meninggal, ayuknya ada di prabumulih dan adeknya juga kerja di luar kota, dia jadi single fighter gitu nyiapin pernikahan mereka. Ditambah lagi calon ipar gw ini senin sampe sabtu kerja dan malemnya kuliah, huhuhuhu..kebayang kan hecticnya dia nyiapin nikahnya karena artinya dia cuma punya hari minggu untuk nyiapin segala tetek bengek pernikahannya. Nah...kalo sikonnya begitu, berarti keluarga kita harus pro aktif jemput bola buat bantuin persiapan. 

Berhubung emak gw lagi stresso sama masalah lain, makanya sekarang gw yang harus handle semua yang berhubungan dengan persiapan nikah si Abang. Yeah...berasa de javu waktu nyiapin nikah sendiri. Misalnya nih, adek gw dah cetak 800 undangan yang udah dibagi fifty-fifty antara dia sama calon ipar gw (400 buat keluarga-temen si abang dan 400 lagi buat keluarga-temen si calon ipar), ternyata setelah dilist, 400 itu cuma buat temen si abang sendiri, gak ada spare undangan lagi buat tetangga dan temen-temen Bapak-Mama, huohoho...jadilah itu undangan mesti dicetak lagi sedangkan waktunya udah mefet banget. Untungnya ada undangan (yang hardcover) yang bisa dicetak dalam waktu 7-10 hari, tapi dengan format yang beda karena kalo cetak dengan format undangan yang sama gak bisa selesai cepet. Hahaha...kejadian berulang booo....waktu gw nikah dulu, kita sampe punya 3 jenis undangan, pertama gw cuma cetak 500 undangan, warnanya coklat (percaya gak percaya waktu itu si mama sama MIL gw cuma minta dicetakin 300 aja saudara-saudara saking gak pedenya sama jumlah temen yang mereka punya, maklum mama kan baru pertama kali ngadain hajatan nikahan, jadi dia mikirnya temennya itu cuma sedikit), trus gw nekat nambah undangan 100 lagi, berhubung dah mefet juga, jadi gw gak bisa cetak undangan dengan format yang sama (kali ini warnanya ijo, karena kalo coklat jadinya jelek banget kalo dengan format yang baru ini), ehh...ternyata masih kurang juga saudara-saudara, padahal itu panitia dah dibanyakin biar ngurangin undangan formal (pake undangan panitia maksudanya), ehh..masih kurang juga, akhirnya gw cetak undangan sendiri donk...gw beli mal undangan yang murahan trus gw print sendiri, dan undangan begini gak keitung jumlahnya, kali ini warnanya ungu. Gw jadi punya 3 jenis undangan untuk nikahan gw. Wowowow....itu berarti jumlah undangan gw meledak dari perkiraan. Gimana sama kapasitas gedung? kapasitas gedung hanya bisa menampung 1200 saja saudara-saudara. Gimana donk solusinya, masalahnya kalo jumlah undangannya dikurangi, keluarga gw serba gak enakan sama temen-temennya yang seabrek itu. Ampuuuunnn deh Tuhan.....

Tring...tring...Alhamdulillah solusinya keluar, berhubung kita akad di hari yang beda, jadi kita banyakin juga persiapan untuk di hari akad, siapa tau banyak tamunya yang bakal dateng di hari akad. Alhamdulillah ternyata bener, pas akad banyak yang dateng (kalo menurut ukuran orang kampung rumah gw, undangan yang dateng dah sama aja ramenya kayak resepsi), itu artinya ngurangin tamu yang dateng di hari resepsi. Alhamdulillah lagi karena makanannya cukup, mungkin bisa dibilang pas-pasan karena habis gak bersisa walau mama dah nyiapin makanan yang banyak tapi tamunya juga banyak yang dateng di luar dugaan. Pas hari resepsi, tetep donk kebanjiran undangan, sampe ada orang-orang (gw gak tau pasti jumlahnya) yang akhirnya pulang karena gak kebagian tempat duduk lagi. Tapi Alhamdulillahnya acaranya berlangsung lancar dan makanannya cukup dan bersisa.  

Nah...berkaca dari pengalaman nikah gw dulu, gw takut banget kalo kejadian begitu bakal berulang lagi di nikahan abang. Seneng sih banyak yang dateng dan mereka tampak antusias, tapi hecticnya akan terulang lagi tampaknya saudara-saudara. Sekarang aja kepala gw dah mumet, gimana nanti sama kapasitas gedungnya??? sedangkan gw sepertinya harus nambah minimal 300 undangan lagi buat temen mama-Bapak, yang itu berarti jumlah undangannya aja 1.100 (kalo dikali 2 dan dimisalkan 80% undangan yang dateng, tamunya diperkirakan sekitar 1700 an) padahal itu kapasitas gedung cuma 1000, bisa sih pasang tenda di luar tapi paling banter nambah 200-300 lah. tampaknya jurus yang sama bakal diterapin ke nikahan adek gw ini, berdoa semoga banyak yang dateng di hari akad juga, dan pas hari resepsi kapasitasnya mencukupi.

Hey...sudahlah, lepaskan dulu kehectickan masalah perundang-undangan ini dan perkasitasan gedung, Sekarang gw lagi happy nyiapin hiasan antaran. Dari tadi gw dah searching-searching tentang kreasi antaran. Sebenernya bisa disubkon aja sih, tapi rasanya gw (dibantu sama adek cewek gw pastinya) mau coba kreasi sendiri, xixixixi...asik kali ya kreasi-kreasi yang lucu begini. Semoga kita gak mentok ide dan gak menyerah untuk berkreasi dengan antar-antaran ini.

2 komentar:

  1. aku dulu jg gt nyr. punya 3 versi undangan. undangan untuk akad (khusus untuk tetangga deket rumah), undangan yang disebar untuk temen-temen mertua dan orangtua serta temen2 kita, satunya undangan ngunduh mantu. buanyak ya bok. hihi..

    klo udah ngejalaninnya baru deh tau mana yang butuh, mana yang ngga. moga lancar ya..

    BalasHapus
  2. iya vi...doain lancar ya...
    Amiiinnn

    BalasHapus