Kamis, 16 Januari 2014

Gak semua warisan itu dapat kau turunkan

Bintang kecil di langit yang biru
kalo langitnya biru berarti siang hari kan ya? kalo siang bukannya bintangnya gak keliatan ya?

Naik kereta api tut tut tut
siapa hendak turut
ke Bandung, Surabaya, boleh lah naik dengan percuma
Pantes banyak bonek atau penumpang yang mau naik gratis, dari kecil dah diajarin kalo naik kereta api boleh dengan percuma sih

Potong bebek angsa
masak di kuali
nona minta dansa
dansa empat kali
sorong ke kiri, sorong ke kanan
lalalalala
Lah ini lagu koq gak nyambung ya? semacem pantun kali ya, bersajak ab-ab. tapi maksud dan artinya apa ya?

atau kadang pas lagi asyik asyiknya ngedongeng gw malah jadi tersentak sendiri ama ceritanya. Gak jarang akhirnya gw terdiam atau kalo gw ngedongengin kak Acha yang udah kritis gw belok belokin ceritanya. 

Ketiduran habis dimandiin, bahkan belum sempet pake baju
Misal cerita tentang Robin Hood yang jadi pencuri baik. Menurut gw walaupun untuk tujuan baik, yang namanya mencuri ya tetep salah. Atau cerita tentang cinderella yang punya ibu tiri yang jahat, gak semua ibu tiri jahat kan ya? dan apa pula itu acara dansa malem-malem sampai tengah malem pula. Apaan juga itu ajaran tentang cewek yang bisa berduaan sama pangeran. Atau cerita tentang putri salju yang bangun dari tidur panjangnya karena dicium oleh pangeran. Atau cerita putri duyung yang rela mengorbankan rambut dan suaranya bahkan nyawanya demi laki-laki yang diam-diam dicintainya. Dan masih banyak cerita-cerita lainnya yang aneh menurut gw.

Sssttt....lagi sibuk baca tuh si detektif cilik
Terkadang (atau mungkin seringkali) kita harus kritis dan selektif dengan pengetahuan kita selama ini. Misal kayak lagu naik kereta api itu, kadang berulang ulang kita nyanyikan, berulang-ulang juga terekam di memori alam bawah sadar anak kita yang sangat cerdas itu, dan sangat mungkin sekali nantinya akan menjadi pengetahuan dan kebiasaan dia ketika sudah besar nanti. Gak semua hal yang kita pelajari waktu kecil dapat kita ajarkan kepada anak kita dan gak semua yang terkenal itu baik walaupun cerita dan lagu tersebut sudah melegenda.

Mungkin harusnya gw cerita tentang Sirah Nabawi, sahabat nabi, para khulafaur rasyidin, atau para pemimpin-pemimpin hebat dibanding cerita-cerita sohor dunia yang gak mendidik sama sekali itu. Atau harusnya Bunda mu ini lebih banyak menyenandungkan sholawat, asmaul husna, atau hafalan Quran ya nak daripada lagu-lagu yang malah membuat bingung itu.

Maafkan Bunda mu nak......
Pengetahuan Bunda mu tentang kisah-kisah teladan ini masih NOL BESAR. Hafalan Bunda mu masih berkutat di lembar lembar terakhir Quran dan lisan Bunda mu masih sibuk ngomongin yang gak jelas dibanding menyenandungkan kata-kata pujian untuk Tuhan dan Rasulmu

Semoga kelak habib menjadi seorang Hafidz dan Imam besar. Amiiinnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar