Jumat, 17 Januari 2014

Catatan untuk Penderita Gerd

Gw bolak balik kambuh karena pengetahuan gw tentang makanan yang boleh dan gak boleh dimakan ini belum mumpuni. Gw dah dicurigai kena gerd sejak awal gw sakit dulu, tapi gw dulu cuma taunya yang namanya maag itu cuma gak boleh telat makan, jadilah gw beli roti, susu, biskuit atau bolu-boluan gitu buat cemilan. Tapi ternyata makanan yang kayak gitu malah yang menyebabkan gw gak sembuh sembuh dan kambuh melulu.

6 bulan yang lalu gw sharing ama temen kantor yang juga pernah ngalamin sakit maag kronis. Diagnosisnya sih gw gak tau pasti, yang jelas dia pernah diendos dan hasilnya katanya pas diendos dia liat ada pulau-pulau gopelan kayak panu gitu di lambungnya dan gw simpulkan kalo gopelan pulau itu adalah hiperemis. Dan tau gak berapa lama penyembuhannya? 1 tahun booo dengan makan yang sangat mantang. Dia cuma makan nasi lembek dengan lauk ikan gabus dibuat bakso lembut sama telur rebus gitu, dan itu bener-bener setahun. Selain rutin makan obat dokter, dia juga makan ubi kayu yang masih kecil banget (katanya bagus untuk menambal luka). Hasilnya, sekarang dia bener-bener sembuh dari maag, bahkan bisa makan pedes, asem dan segala makanan gak ada pantangan. Nah...gw juga kan hasil diagnosisnya hiperemis di 1/3 distal esofagus, akhirnya gw juga berkesimpulan kalo gw juga harus bener-bener mantang kayak ibu itu, walaupun secara medis yang namanya hiperemis ini penyembuhannya cepet banget, makanya gw bolak balik didiagnosis stres. Jujur ya gw kesel banget didiagnosis gitu, gw nyangkal sih karena emang penyebab utama gw stres itu karena gerd gw kambuh mulu. Gimana gak stres coba, makan salah, gak makan juga salah, tiap hari muntah, badan rasa kedinginan (walau cuaca panas), mual banget, pusing gak ketulungan sampe gw selalu memicingkan mata kalo liat orang, begah (perut kembung kayak orang hamil 6 bulanan), lemes banget rasa melayang-layang kayak mau pingsan, punggung gw berat banget rasa ditusuk-tusuk, sesak nafas, gak bisa tidur karena kalo gw tidur sejam aja gw akan merasa tercekik, jantung berdebar-debar cepet banget, sering mimpi buruk sampe ngigau teriak-teriak pokoknya beragam sensasi lainnya deh. Bayangin aja itu gw alami selama 2,5 tahun. Temen gw itu pun cuma didiagnosis hiperemis gitu sampe berkali-kali keluar masuk rumah sakit. Kebetulan gw juga ikut grup GIHM di FB, dengan diagnosis yang kurang lebih sama mereka mengalami sensasi yang kayak gw alami, bahkan banyak yang sampe gak bisa aktivitas dan berenti kerja karena penyakit kayak gw ini. 

Jadi sejak 6 bulan yang lalu gw berazam kuat untuk sembuh dari penyakit ini. Usaha-usaha yang gw lakuin :

1. Mengontrol diet khusus untuk penderita gerd. Gw hindari makanan-makanan begini :
  1. Makanan pedas, baik itu pedas dari cabe maupun lada
  2. Makanan bersantan
  3. Makanan digoreng
  4. Makanan asam, kalo gw bahkan buah-buahan juga gak bisa walau buah pepaya sekalipun
  5. Makanan yang mengandung ragi, kayak donat dan roti-rotian
  6. Ketan dan tape dan produk turunannya kayak apem dll
  7. Coklat, keju, margarin, susu, yogurt
  8. Makanan yang lama dicerna kayak mie, pasta,daging kambing, daging sapi, kacang
  9. Makanan yang mengadung gas kayak soda, kol, brokoli, duren
  10. Kopi, teh
  11. Makanan dibakar, ini case buat gw doank kali ya soalnya kalo gw makan ayam bakar atau sate (cuma makan sate gak pake bumbu kacang ya)gw langsung kambuh. Kayak semalem nih, padahal gw cuma makan dua tusuk sate doank tapi gerd gw yang udah beberapa hari gak kambuh jadi kambuh.
  12. Makanan dingin
Alternatif makanan yang membantu penyembuhan :
  1. Makanan yang bertekstur lembut biar kerja lambung tidak berat. kalo bisa sih serba kukus-kukusan atau rebus-rebusan aja. Kalo kayak ayam, mending beli ayam giling. Jadi selain sop, makanannya bisa dibuat ayam semur tanpa santan atau alternatif masakan lainnya.
  2. Makanan yang mengandung protein tinggi, kayak ikan gabus, telur, tempe-tahu biar ulkus (luka) di lambung cepet sembuh
  3. Banyak makan sayur
Nah...hal yang paling sulit buat gw itu ternyata emang mengontrol diet, seringkali ketika gw dah mulai enakan, gw suka nakal coba-coba makan makanan pantangan, jadi suka kambuh gitu deh. Tapi sekarang udah lumayan lah setidaknya gw dah mulai bisa icip-icip. Gak kuat kali harus nahan makan makanan yang gw sebutin di atas dan cuma makan bubur doank tiap hari.

2. Kontrol Pikiran. 
Asam lambung itu selain dipengaruhi oleh makanan juga dipengaruhi banget sama pikiran. Antara asam lambung sama stres itu kayak lingkaran setan deh. Kalo stres asam lambung naik, kalo asam lambung naik pikiran juga jadi stres. Yang suka buat stres itu sebenernya karena sensasi asam lambung tinggi itu yang luar biasa, kita penderita gerd suka berasa mau mati. Ehh...ini serius loh....dari baca-baca grup GIHM, gw pastikan hampir semuanya jadi parno atau suka ketakutan gitu, padahal dulunya mereka orang-orang yang produktif dan pemberani. Begitu mereka kena gerd kalo denger sesuatu yang serem aja pasti jadi ketakutan, kayak denger kecelakaan pasti jadi ketakutan , kalo denger orang meninggal tambah ketakutan lagi, bahkan denger benda jatuh pun jadi kagetan dan ketakutan. Ada beberapa penderita yang emang sakitnya karena pikiran, kalo penyebabnya pikiran maka obat yg paling cespalng itu obat-obatan antidepresan yang bisa diresepin sama psikiater.

Oiya saran gw, penting banget untuk ikut grup GIHM, karena ada temen yang senasib sepenanggungan. Setidaknya kita ada crosscheck tentang gejala yang kita alami, jadi kita gak parno sendiri. Soalnya gejala penyakit gerd ini lucu-lucu loh, ada yang merasa kayak sakit jantung bahkan sampe bolak balik periksa jantung tapi hasilnya jantungnya baik-baik aja, ada yang nyangka kena penyakit asma karena suka sesak nafas atau paling parah kayak gw sampe didiagnosa kena darah kental (hahahaha). Atau sebaliknya ada yang emang salah diagnosis, didiagnosis maag tapi ternyata bermasalah sama empedu atau pankreasnya, atau bahkan ada yang bermasalah sama gigi dan rahimnya.

Kayak gw contohnya, padahal punya suami dokter tapi malah gak nentremin karena menurut medis penyakit gw ini ecek-ecek banget lah. Hohoho...suami gw gak ngalamin sih, makanya dia gak ngerasin betapa menyiksanya penyakit gw ini, bahkan kadang dia suka ngomong kalo orang-orang penderita aslam ini orang yang lemah pikiran (hah...bener-bener minta ditujes kan??). Nah gw berangsur angsur sembuh sejak ikut grup karena selain dapet info pengobatan jadi ada pembenaran atas gejala yang gw rasakan, jadi gak berasa kayak orang lebay aja. Selain itu di grup itu juga saling menghibur dan nyemangatin, walaupun banyakan gw jadi silent reader dan gak aktif tapi membantu banget lah pokoknya.

3. Perhatikan adab makan seperti yang gw ceritain disini, ternyata itu pengaruh banget loh ke kerja lambung

4. Istirahat yang cukup
Xixixixi...jujur ini yang susah buat gw. Kalo malem-malem gw selalu gak bisa tidur dengan nyenyak karena kalo gak gerd gw kumat ya anak gw yang minta perhatian. Rasanya capek banget boo. Tapi Alhamdulillah sekarang anak gw dah mulai tidur nyenyak dan gerd gw dah berangsur sembuh, jd gw mulai bisa menikmati tidur malem.

5. Perbanyak ibadah
Allah itu gak akan nurunin penyakit kecuali untuk mengajarkan kita tentang kesabaran, keihlasan dan sebagai penggugur dosa. Jadi nikmatin aja dan berbahagialah dengan penyakit ini karena kita mau naik grade nih dan dihapuskan dosa-dosanya. Dengan penyakit ini juga membuat gw tambah deket sama Allah. Baca quran, zikir, solawat, doa dan solat akan membuat kita semakin tenang. Gw gak kebayang kali ya kalo gw gak dikasih musibah sakit, mungkin gw akan berlaku sombong sama Allah dan mungkin malah menjauh dari Tuhan.

6. Rutin berkonsultasi sama dokter dan mengkonsumsi obat.
Semenjak sakit 3 tahun lalu, gw sering jajan dokter. Rasanya hampir semua dokter gastro di Palembang dah gw datengin, dan semuanya bilang kalo gw gak apa-apa (berdasarkan hasil endos gw). Saking stresnya ya gw sempet mau berobat ke Jakarta atau Malaysia, tapi untung deh gak jadi karena akhirnya gw nemuin dokter yang cocok. Kalo yang ada di Palembang, mungkin bisa konsul sama dokter Vidi KGEH. Sebenernya dulu gw sempet dirawat sama dokter Vidi dan diendos juga sama beliau, tapi karena penyakit gw suka kambuh, dia kasih obat standar dan suka bilang gw gak apa-apa, jadilah gw coba jajan ke dokter lain.  Finally suatu hari secara gak sengaja gw konsul ke dia lagi, dan Alhamdulillah obat yang dia kasih cocok ke gw. Obat yang dia kasih itu :
1. Omeprazole, 2 kali sehari
2. Obat racikan yang isinya dogmatil, ranitide dan domperidone, diminum 2 kali sehari.
Alhamdulillah gw cocok makan obat ini, pertama karena efek dogmatil pikiran gw jadi tenang dan gw bisa tidur dengan nyenyak, begitu pikiran gw tenang dan tidur nyenyak berangsur angsur penyakit gw sembuh (sambil tetep manage makanan ya).

Obat kimia yang pernah gw konsumsi :
1. Golongan PPI, dah pernah dicoba semua, dari omprazole, lansoprazole sampe pantozole
2. Golongan ranitidine
3. Golongan sucralfate (ini untuk melapisi luka)
3. Golongan obat anti muntah : Domperidone, mucosta, sotatic
4. Golongan antasida : dari dexanta, lambucyd sampe farmacrol (ini untuk menetralisir asam lambung)
5. Golongan vitamin B komplek (karena minum PPI mempengaruh penyerapan vitamin B), sama fucoidan (vitamin lambung) 
Selain itu gw pernah juga dikasih obat tidur dan penenang kayak dogmatil, alprazolam.

Hampir semuanya rutin gw minum selama hampir 3 tahun ini, rutin loh, hmm..enggak dink PPI nya sempet dihentikan selama gw hamil dan obat penenangnya cuma sekali sekali aja. Yang paling nyeremin itu sih golongan antasida ya karena bisa ngendep di ginjal padahal gw hampir tiap hari konsumsi. 

Selain obat-obatan dokter, gw juga ikhtiar di obat-obatan tradisonal, obatan tradisional yang pernah gw coba :
1. Kefir, tapi gak cocok
2. Lidah buaya juga, hmmm...karena gak nyetok jadi gak rutin diminum
3. Pernah nyobain sambiloto dicampur kunyit dan asem jawa. Ya ampuunnnnnnnnn paiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget
4. Pernah nyobain pucuk daun pepaya dicampur gula merah dan parutan kunyit, ini juga paiiit banget
5. Makan buah naga merah
6. Bengkoang
7. Air kunyit plus madu plus telur ayam, banyak yang cocok sih tapi gak gw rutinin karena gw males marut kunyitnya. Tapi kalo madu sampe sekarang gw rutinin, dan emang cesplang banget kalo lagi kambuh.
8. Ubi (ketela Pohon) baik yang diparut diminum sarinya atau yang direbus.
9. Sagu yang dimasak trus dikasih gula merah

Hmm...sayangnya gw gak terlalu rajin dan disiplin sih makan obat-obatan tradisional makanya gak cepet sembuh kali ya. Oya ya saran gw, baiknya gak usah ikut-ikutan makan obat-obatan kayak dari klinik tongfang, gusmo atau obat-obatan farmatokimia yang nyantumin banyak banget penyakit yang bisa disembuhin karena gak ada penelitian ilmiahnya. Banyak pasien suami gw yang malah jadi tambah parah penyakitnya karena makan obat-obatan begitu, ada yang kena gagal ginjal, ada yang lambungnya bocor dan gak sedikit yang akhirnya meninggal.

So...apakah sekarang gw dah sembuh????
Hohoho...gw belum sembuh total koq...masih jauh emang dari kata sembuh, tapi gw yakin gw akan sembuh total (Amiiinnnnn). Setidaknya seminggu ini gw dah mulai lepas dari semua obat. Selama gw masih mantang (dan tentunya kalo Allah meridhoi), gerd gw gak kambuh.

They Are The Biggest Reason I want to be Healthier

113 komentar:

  1. membaca ini sungguh makin membuatku harus banyak mensyukuri nikmat yang sering terlupakan, nikmat sehat. dicabut sedikit saja nikmat itu, ternyata segitu menderitanya kita yaa...
    tetap semangat yaa... aku doakan semoga semakin membaik kondisi kesehatanmu, Alloh hilangkan penyakitnya tak bersisa.
    btw gerd itu sama gak sih sm maagh? dan penyebabnya apa? sejak kapan kamu menderita gerd?

    BalasHapus
  2. Amiiiiinnn....
    gerd itu yang luka kerongkongannya mbak, kalo maag itu yang bermasalah lambungnya.
    Sensasinya kurang lebih sama, tapi kalo gerd biasanya cenderung seperti orang sakit jantung kayak : muntah-muntah, dada sakit dan panas, jantung debar-debar kencang, sesak nafas.
    penyebabnya kurang lebih sama kayak maag, tapi bisa jadi karena faktor obat-obatan juga.
    Awal kena dulu aku dikira jantung mbak sampe masuk iccu segala, sampe akhirnya gara-gara itu aku didiagnosis darah kental juga. Padahal awalnya debar-debarnya kayaknya karena gerd tahap awal. tapi karena salah diagnosis dan makan obatan jantung dan pengencer darah, gerd gw tambah parah (karena efek samping obatnya emang kuat banget mengiritasi lambung).
    Sempet takut banget sih karena diagnosis yang aneh-aneh ini, karena kalo beneran tegak diagnosisnya gw kena darah kental, gw gak bisa hamil mbak dan harus makan obat pengencer darah seumur hidup.
    Tapi Alhamdulillah kemaren hamil Habib gak ada masalah, malah lancar jaya.

    Hehehe...kena gerd selama 3 tahun belakang bener2 buat hidup gw berubah drastis 180 derajat.
    Tapi apapun itu harus gw syukuri....
    apapun rencana Tuhan itu pasti yang terbaik kan...

    oya...please create resep-nya ya...
    dah lama banget nih gak makan enak...
    hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakitmya sama dgn saya..awal2nya waktu masih kuliah sering perih di lambung.lama2 tambah parah sampai nikah dan melahirkan anak pertama pikiran udh lacau.pikirnya mati terus jadi tambah stres otomatis gerdnya tambah parah gak bisa tidur 3 bulan. Kena panic attach. Ke psikiater dikasih obat penenang. Tpi hanya 2 bulan sya jalanin takut. Akhirnya saya mencoba lebih memdekatkan diri kpda Allah..lama2 bisa kembalu normal tpi pikirin jadi sering berfikir negatif. Dan akhirnya psikisomatik sampai sekarang..dan sekarang pas tahun baru 2017 saya salah makan gerd saya kambuh parah. Sesek nafasnya gak hilang2 saya lemas. Tambah stres saya ke dokter prof spesialis paru dan alergi dia bilang saya bukan asma saya getd komplikasi suruh baca di internet. Saya sekarang udah tobat gak mau makan dan minum sembarang bener2 gak enak psikisomatiknya kambuh jadi tambah stres gerd tambah parah..insyaallah besok saya akan endoskopi utk yg ke 3x nya..saya nerdoa mudah2an endoskopi bsok hasilnya diketemukan dan dapat disembuhkan gerd saya..insyaallah saya maunmerubah pola makan dan pola hidup..doain ya teman2 mudah2an kita semua dapat segera disembuhkan total dan bisa hodup normal lagi..amin..

      Hapus
  3. Info yg sangat bermanfaat buat saya. Bbrp bulan terakhir ngerasain gejala2 persis kyk di trit ini. Thanks..

    BalasHapus
  4. Saya baru seminggu ini ngalamin gt. Pertama kali sesak nafas sampe rasanya kayak mau ****. Trs dioksigen eh mendingan,kata dokternya karna stres. Tp pas balik sktr 2hr seseknya kambuh separah pertama kali,akhirnya lari ke dr spesial paru2, kata dokternya sesak napasnya bukam karna paru/jantung tp karna asam lambung/gasnya naik ke atas jd bikin sesek napas, dikasih dong obat lambung. Selain itu karna saking paniknya sesek gbs napas saya dioksigen+uap. Baru 1 hari stlh itu kumat lagi balik lg deh ke dokter yg td, dan katanya gpp lagi disuruh jgn stres. Tp sama kaya mbak saya stres nya karna gbs napas gimana ga stres dan panik. Karna penasaran dan getet saya ke dr internis, di usg,rontgen,dan ekg. Kata doktr emang karna asam lambungnya ,paru2 jantung baik2 aja. Otomatis dikasih lg obat lambung. Udah 2 hr ni sy mnm,emg ga ngrasain perubahan karna trnyata saya masih awam soal makanan yg hrs dihindari. Yg saya tau cm ngindarin makan pedes,asem,kopi. Trnyata banyaaaak bgt yg ga blh dimakam setelah sy cr tau di internet. Dan sampe skg saya masih strrs karna sesak napas. Mau minta saran dong mbak pada saat sesak cara mengatasinya gimana??? Apakah sy harus balik lg ke dr internis saya utk konsultasi lg knp sesaknya masih dan semakin parah? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga usah khawatir mba, itu cm lakukan pola makan dan hidup secara sehat aja mba, yang penting banget hindari stes.. saya jg lagi mengalaminya, bahkan hanya terbaring ditempat tidur selama 2 bulan belakangan ini, tapi teman saya datang untuk memberikan support dan menceritakan pengalaman serta solusinya, alhamdulillah saya langsung bs abngun dari tempat tidur. itu hanya masalah dipikiran saja dan jaga makanan, sampai sekarang begah diperut dan adad masih saya rasakan tapi saya tetap enjoy sehingga saya jalani aktivitas sehari2 dengan menyenangkan jadi tidak begitu terasa walau menjelang sore dan maghrib terasa banget begahnya tapi berusaha terus berfikir positif dengan perbanya beribadah dan nonton tv yang siarannya kartun.

      Hapus
    2. Iya nih mbak,saya juga kena gerd.dua bulanan ini saya harus kontrol terus ke internist.kalo obatnya habis gak bisa tidur.rasanya sesak kyk mau mati aja.pikiran juga negatip Mulu.saya sampe pngen teriak aja pas sesaknya datang.rasanya mau pingsan aja.ditenggorokan rasanya gk bsa plong...nyiksa bgt pokoknya

      Hapus
  5. My mom also have GERD. She never has a "maag" before but several months ago she can't breathe and always throwup everythings inside her. It's happen on around dawn. 2-5 in the morning.
    Can she eat spinach? Or having a baby? I want to have a little sister I'm only child...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm she can have a baby but i think it's not easy since when a girl pregnant they are so weak against gerd so probably it's better for her to regain his health

      Hapus
    2. Hmm she can have a baby but i think it's not easy since when a girl pregnant they are so weak against gerd so probably it's better for her to regain his health

      Hapus
  6. Ya Allah..Alhamdulillah... seneng banget bisa ketemu n baca tulisan mb sheetavia..
    tulisan mb 100% benerr bgt..100% sammmaaa bgt sama aq.. semuaa..
    aq kaya begini udah kurang lebih 1 tahunan..n sangaaaat menyiksa...
    aq memang blm endoskopi.. cm semua hasil browsingan q , plus selalu baca2 di GIHM..nunjukin bgt kl aq kena GERD.. slnya samaaa bgt sm yg q rasain.. plus sensasi2 nya itu lhoo yg sangat amat mengganggu..
    memang yang paling susah dikontrol itu makanan n fikiran... semua berhubungan..
    Tapi..seperti yg mb bilang tadi.. semua sudah diatur sama Allah SWT.. Allah mau kita lebih deket sama Dia.. jangan bandel2 lagi...
    mudah-mudahan qt bisa selalu kontrol fikiran qt ya mb.. mudah2an segera di angkat penyakit ini sama Allah SWT.. aamiin Ya Allah..
    semangaaat.. Ayooo QT perangin GERD... moga qt bisa cepet sehat wal afiat seperti sedia kala dgn kualitas iman yang lebih baik.. aamiin..
    moga Allah memberikan keberkahan tuk mb.. tulisan mb ini berarti bgt buat aq..bahkan mungkin buat semua orang yg ngerasain hal yg sama..kaya aq..
    thanks mb.. semoga qt selalu dalam lindungan Allah SWT.. aamiin Ya Rabb..

    BalasHapus
  7. Saya ingin bertanya.cwo aq hampir mirip dgn gejala ni.sdh berobat kmna" nihil hasilnya.kambuh" trz.ssh prnh diperikasa dlambungnya ada gelembung" gtu bnyk bgt.apakah sma dgn penyakitnya dgn gerd?tlng ksh tahu saya??

    BalasHapus
  8. Saya sudah sebulan terakhir ini merasa seperti panas di dada, tubuh lemas, perut sering keroncongan walaupun udah makan, sering cepat lelah bahkan berat badan ikut turun.
    Apakah itu bertanda saya menderita sakit GERD? Mohon infonya

    BalasHapus
  9. Mbak Sheetavia, bisa info racikan dogmatile, ranitide, & domperidone berapa mg banyaknya utk sekali makan? Soalnya istri saya juga sakit gerd. Penderitaannya sama seperti cerita Mbak. Terima kasih ya.

    BalasHapus
  10. sangat ber mamfaat untuk saya,, dan penderita gerd lain nya,

    BalasHapus
  11. Open this link guys :
    http://suryantara.wordpress.com/2014/01/08/putus-hubungan-dengan-gastroesophageal-reflux-disease-gerd-bagian-3-habis/

    InsyaAllah disitu ada solusi utk penyakit GERD. Thanks

    BalasHapus
  12. Tetap semangat semuanya.....sy jg mengalaminya.

    BalasHapus
  13. sy invite group gihm blm di approve aja ya. gmn caranya ? tq

    BalasHapus
  14. sy invite group gihm blm di approve aja ya. gmn caranya ? tq

    BalasHapus
  15. Saya sdh 2 blan tersiksa endos dan klon jg sdah tp gk sembuh2x

    BalasHapus
  16. Mantap informasinya sis, jadi tercerahkan, selama ini bingung, salam kenal (chiko safaraz).

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. 2 tahun lalu terkena GERD ejalanya emng mirp sma penyakit paru dan jantug bahkan dula sya sempa pernah pingsan dan pernah juga msuk ICU karna dikira serangan jantung tpi pas di EKG dan Echokariografi allhamdulillah jantung sya normal2 ajah bahkan sya pernah dirawat hampir 9 atau 10 kli dalam satu thun itu. Pernah 2 kli di endoskopi dan 1 kli oprasi karna katanya ada polip di lambung sya setelah oprasi allhamdullilah tuh udh sedikit sembuh ehh pas 3 bulan kemudian kambuh lgi dengan gejala sesak nafas dan dada berat dan langsung di bawa ke rumah sakit dengan dugaan kanker paru2 atau hepertensi pulmonal padahal kan sya tdak pernah merokok atau riwayat paru2 lainnya, trus suruh doktornya hrus di cek paru2nya dengan beberapa tahap yaitu CT SCAN dll, dan ketika sedang menunggu panggilan hasil tesnya sya ikutan tegang karna takut terkena kanker paru alhasil sya sesak lgi.. setelah diksih hasilnya allhamdullilah tidk ada sel kanker pada tubuhku.........

    sampai sekarag sya juga msh suka sesk nafas dan nyeri dada...

    BalasHapus
  19. Tulisannya mantabs semua...jd semangat nih melawan gerd...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bkin semangat pengen sembuh dari gerd yg kejam ini

      Hapus
  20. Masukin aku kegrup gihm fb ku roy austin gunawan thanks

    BalasHapus
  21. saya banget ini mbak, huhuhu. iya kalau makan buah naga merah adem perut. tp kl makan buah naganya pagi sorenya udah cemas2 dll lagi. makasih buat sharingnya mbak. kayaknya sy jg hrs mulai berpantang dr sekarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. waahh ternyata kita sama ya mbak , sama penyakitnya sama juga dokter yg ngerawat nya.. saya juga pasien dokter vidi dan alhamdulillah cocok bgt sama obat racikan beliau... dulu masa pengobatan dan pemulihan saya kurang lebih 6bulan mbak, dan sempet sembuh bisa mkan pedes lagi.. tp akhir2 ini kambuh lg sampe masuk UGD jam11 mlm krna nafas udah pendek2... (karna udah gak sedisiplin dlu dan pikiran jg) dan alhasil skr jd pasien dokter vidi lg deh... alhamdulillah skr msh dlm pngobatan kembali dgn resep yg sama mbak (kata dokter vidi sih itu obat buat maag yg bandel) .. dan yg utama saya ngendaliin banget tingkat stress saya apalagi kalo lg kambuh (langsung memperbanyak dzikir biar tenang) karna saya smenjak sakit jd org yg panikan mbak.. aneh sih cuma itu nyatanya bgitu.. saya sdikit trauma ketika serangan asam lambung mendadak yg sampe rasanya saluran pernafasan kayak lg di ikat kencang.. jujur itu yg buat saya trauma skali.. dan inshaa allah mudah2an segera sembuh dan sehat lagi serta bsa trus disiplin .. aamiin..

    BalasHapus
  24. penyakit ini bisa sembuh tapi juga bs kambuh lagi begitu kita teledor stress atau salah makan.,. puyeng juga hehe.,. salam kenal.. kalau saya makan ikan gabus ga cocok

    BalasHapus
  25. Halo mba sheetavia makasih bgt buat artike
    Bermanfaat sekali, ayah saya jg menderita persis kaya mba sheetavia. Mau tanya mba, kan kalo gerd harus sering ngemil. Biasanya mba sheetavia ngemilnya apa? Krn gerd bnyk pantangannya. Terimakasih

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum...seneng banget baca artikelx... berasa gak sendirian hidup d dunia dg penyakit gerd ini...lumayam tenang nich ati...
    Semoga qt smua cpt smbuh dr gerd dan sehat sperti semula...
    Klo mau gabung sama grupx d fb ap y mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum. Mba selvia salam kenal. Aq boleh gk minta pin bb mba? Biar bisa sharing

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum. Mba selvia salam kenal. Aq boleh gk minta pin bb mba? Biar bisa sharing

      Hapus
  27. Ass..salam kenal..aq jg penderita GERD sdh hampir setahun..gejala nya sama tapi dada seperti bergetar dan tidak nyaman..klw kena udara dingin urat biru di badan pada kelihatan semua apa lagi di telapak tangan..ampun dech..apa emg seperti itu ya?

    BalasHapus
  28. Gimana mbk masuk gihm.saya penderita gerd sdh 5 thn.

    BalasHapus
  29. Gimana mbk masuk gihm.saya penderita gerd sdh 5 thn.

    BalasHapus
  30. Gmn masuk grup ghim? Saya jg penderita gerd.

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum, boleh saya ikutan grup ini?

    BalasHapus
  32. Thanks shering-annya, mbak. Semalem GERD sy jg kambuh sampe dak bisa tidur lg sampai jam 8 pagi.kasus sy yg paling buat parno krn sekujur tubuh kesemutan, rasanya kyk mau hilang kesadaran n selalu begitu kalo sdh kambuh. Apa gejala ini sdh tingkat parah ya?

    BalasHapus
  33. Assalaamualaikum...sharing donk...ada yg gerd nya kambuh disertai demam tinggi?

    BalasHapus
  34. Assalaamualaikum...sharing donk...ada yg gerd nya kambuh disertai demam tinggi?

    BalasHapus
  35. Disini Gerd nya gg da yg sampe ketonggorokan Yah??? Baru smlm saya sakit banget tenggorokan ternyata saya terkena Gerd minta solusinya dong..
    Saya yakin jika saya trus berprasangka baik insyaallah saya akan diizinkan sembuh oleh allah swt amin.

    BalasHapus
  36. sore..sesama penderita GERD nih, awalnya gejalanya saya seperti maagh trus saya ke dokter diagnosa ya saya kena gerd dan alhamdulillah saya udah enakan badan makan udah enak udah nafsu setelah minum obat dan udah habis tapi setelah itu kok 2 bulan kemudian sampe skrg kok debar jantung saya sering timbul ya sampe-sampe pegang HP aja kerasa gemetarnya..takut jg takut kenapa-kenapa sama jantungnya pdhl denyutnya juga normal 70-80 /menit...bantu solusi ya teman-teman. terimakasih :)

    BalasHapus
  37. Saya jg penderita gerd tapi gejalanya susah nelen n perut kembung truss ... ada yg kayak sayaa ... bagi pin nya yahh kita bisaa sharinggg

    BalasHapus
  38. masuk group GIHM di facebook tinggal join aja ntar d app ma admn nya.

    BalasHapus
  39. Bnyak jg ya yg kna gerd. T_T saya jg baru kena di mei 2016 ni. Br ngerasain pnyakit ini emng bner2 tersiksa bgt dn bner2 g nyman lmas gmetran. Jntung msh suka berderbar. Sya sh mnum obat dr dktr cuma amoxsilin sma lansopatazole. Slbihnya mnum herbal madu2. Tp msh suka kmbuh. Pa lg klo pgi hri. Udh mikir yg gak2 ja.

    BalasHapus
  40. saya penderita gerd udah kambuh 2x.. diawali dengan batuk2 selama berbulan2 sampe puncaknya mei ini endoskopi ke 2 diagnosanya hiperemi esofagus; anthral gastritis, bile refluk; hipersekresi asam lambung .. komplet..

    3 minggu terakhir sebelum saya tulis komen ini saya tidak bisa tidur, bahkan obat penenang yang diberikan dokter dengan kombinas PPI NEXIUM 2x + rabamipide sehari selama 2 minggu tidak memberikan reaksi. saya mengunjungi dokter sub spesialis gastro sampe 3x seminggu saking paniknya

    sangat mengerikan buat saya karena baru saya alami, tahun lalu cuma panas panas aja tu perut kmd endoskopi dan dinyatakan gastritis ringan

    Nah sekarang pake bile refluk, cairan empedu masuk lambung .. ini lebih fatal dan mengerikan

    saya browsing di internet dan menemukan banyak artitel yang kesimpulannya makin menambah stress. akhirnya saya nekat olah raga (jogging) 15 menit kemudian saya ber yoga (silahkan membuka panduan yoga untuk pemula di internet banyak) intinya adalah melatih pernafasan dan membuka cakra tubuh kita khususnya cakra perut... napas biasa saja tp rasakan ke seluruh tubuh... dengan cara melakukan gerakan-gerakan yoga... ulang masing-masing gerakan 3x.. besoknya saya bebas dari heartburn ...walo perih masih terasa dan belum bisa makan seperti semula

    saya tetap diet makan rebusan (kentang, tahu, tempe, wortel, labu siam, telur ayam kampung, salmon kukus) setelah makan susu beruang gold minimal 2x sehari dan madu 1 sendok

    hari ini terus lebih baik dari kemaren... bahkan saya bisa tidur tanpa 2 bantal seperti saran dokter untuk antisipasi refluk

    Alhamdulillah....so far so good
    Olah Raga akan membuka Qi atau syaraf2 yang mengunci termasuk di area pencernaan, ingat bahwa lambung adalah "lautan" bagi tubuh manusia, sumber kehidupan berasal dari lambung... jadi utamanya adalah memperbaiki sumber masalah (stress) dan mendukung dengan diet makanan yang sehat

    semoga membantu


    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba nining... saya juga ada Gerd dan Bile reflux. Soalan sy mba apa memang kalau ada gerd sama bile refluks kita akan merasa kaya ada yang ganjal tenggorokan ke kerongkong, seperti makanan gak turun2 ke bawah. Lalu sekarang bagaimana keadaan mba. Apa sudah semakin membaik, balas, terima kasih.

      Hapus
    2. Saya juga kyk gitu mbak.makanan gk turun2 kebawah.dikerongkongan kyk ada yg ganjal.susah nafas.bikin panik.alhmdulillah saya gk sendiri.rasanya saya pngen nangis aja....

      Hapus
  41. Aku jg kena gerd...udh jarang sesak,dll tp tenggorokan msh ngganjel dn kadang sakit nelen,kering jg... apa ini artinya tenggorokanku udh parah bgt ya? Ada ga yg ngalamin kya gini?? Plis bantu jwb ya....

    BalasHapus
  42. terima kasih banyak atas informasi dan berbagi pengalamannya snang bisa berkunjung
    Cara Mengobati Gangguan Pencernaan

    BalasHapus
  43. Salam kenal. Aku berumur 21 tahun. Aku masih ga ngerti sakit apa sebenarnya tapi bulak balik dokter dan gunta ganti dokter semua bilang asam lambung. Tapi yg saya rasakan dada depan hingga blakang seperti terbakar. Nafas susah kadang setiap tidur seperti orang di kagetkan dada juga suka nyeri. Badan rasanya lemas seperti orang demam. Aku baru ngalamin hampir 2 bulan sejak akhir mei pertama kali itu saat di jalan tiba2 sekujur badan terasa kesemutan tangan membiru nafas susah. Serasa ingin mati. Aku mahasiswi yg kebetulan sedang libur kuliah hingga saat ini hanya bisa didalam rumah. Saya trauma pergi keluar selalu merasa takut kumat lagi hal itu mengerikan buat saya. Mohon bimbingan saya menjadi ketakutan parno dan stress

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Salam kenal. Klo mau gabung di komunitas penderita gerd,, gmn caranya ya? Ada yg punya referensi utk dokter yg bs menangani gerd dgn baik di wilayah bandung? Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di bandung ke dokter begadang, beliau praktek di jalan terusan buah batu di apotek fadia.. Alhamdulillah cocok sama dokter itu..

      Hapus
    2. Maaf dokter HM Begawan bestari

      Hapus
  46. Aku juga lagi terkena gerd nihh ... plus lambung
    Bagi infonya dong karna kata dokternya harus makan yg halus2 aku makan bubur tapi kalo makan bubur aja jadi susah BAB ..

    BalasHapus
  47. Aku juga lagi terkena gerd nihh ... plus lambung
    Bagi infonya dong karna kata dokternya harus makan yg halus2 aku makan bubur tapi kalo makan bubur aja jadi susah BAB ..

    BalasHapus
  48. Saya di diagnosa dokter terkena gerd. Sampai sekarang 1 bulan masih konsumsi lapraz dan racikan spasmomen,gerdilium, braxidin. Dan fucohelic tambahannya untuk pencernaan. Saya merasa baik2 saja. Tidak demam tapi badan khususnya sendi agak gremet dan gemetaran seluruh badan. Gemetar ringan dan berasa badan tidak kokoh. Pusing juga terkadang. Tidak lagi intens. Namun letih dan nafas pendek masih. Apalagi kalau bicara pakai emosi. Haduhhh.. bisa gemeteran banget. Mulut selalu kering.. ulu hati tidak nyaman. Sebah..
    Saya baru tau gerd atau asam lambung bisa se banyak ini keluhannya.. belon lagi sendawa terus2an. Dan jantung seperti naik roller coaster rasanya.. duh maaf kalau lebay yah teman2 :(
    Saya lagi coba minum susu kambing keffir semoga cocok. Dan katanya kelapa juga baik ya untik netralisir asam lambung berlebihan? Terima kasih semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama persis dengan yang saya alami sekarang, bagaimana skrng udah baik lom, kalau bisa kasih info pengobatannya

      Hapus
  49. Saya di diagnosa dokter terkena gerd. Sampai sekarang 1 bulan masih konsumsi lapraz dan racikan spasmomen,gerdilium, braxidin. Dan fucohelic tambahannya untuk pencernaan. Saya merasa baik2 saja. Tidak demam tapi badan khususnya sendi agak gremet dan gemetaran seluruh badan. Gemetar ringan dan berasa badan tidak kokoh. Pusing juga terkadang. Tidak lagi intens. Namun letih dan nafas pendek masih. Apalagi kalau bicara pakai emosi. Haduhhh.. bisa gemeteran banget. Mulut selalu kering.. ulu hati tidak nyaman. Sebah..
    Saya baru tau gerd atau asam lambung bisa se banyak ini keluhannya.. belon lagi sendawa terus2an. Dan jantung seperti naik roller coaster rasanya.. duh maaf kalau lebay yah teman2 :(
    Saya lagi coba minum susu kambing keffir semoga cocok. Dan katanya kelapa juga baik ya untik netralisir asam lambung berlebihan? Terima kasih semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sekarang apa sudah sembuh mbak? Saya udah 1 tahun juga seperti itu, saya selalu nangis kalo ingat tidak sembuh sembuh

      Hapus
  50. Saya sdh 3 thn sakit GERD ini rasanya sangat menyiksa sekali. Apabila ada diantara kalian yg mau utk berbagi info mengenai sakit GERD bisa add PIN BB aku : 543D3C2D.

    BalasHapus
  51. Saya sdh 3 thn sakit GERD ini rasanya sangat menyiksa sekali. Apabila ada diantara kalian yg mau utk berbagi info mengenai sakit GERD bisa add PIN BB aku : 543D3C2D.

    BalasHapus
  52. Saya sdh 3 thn sakit GERD ini rasanya sangat menyiksa sekali. Apabila ada diantara kalian yg mau utk berbagi info mengenai sakit GERD bisa add PIN BB aku : 543D3C2D.

    BalasHapus
  53. Gerd disebabkan oleh kondisi tidak sinkronna atas beberapa bagian di dalam tubuh anda. Asal usul gerd berasal dari psikosomatik akibat dari pencarian sebab musabab pencarian. Selama tidak diketemukan cara yg tepat sulit akan mendapat kesembuhan. Perlu diketahui bahwa penderita gerd memiliki kemampuan untuk mendekatkan diri kpd tuhan na melebihi orang biasa. Persoalanna adalah apakah anda mampu memelihara kebaikan sebagai wujud pendekatan diri kepada tuhan sehingga menjadi match antara ruh yg menghidupi kita dengan tubuh fisik sebagai media ruh. Temen2 bisa ceritain pengalamanya Gabung aj d SELF KNOWLEDGE FOR GERD wa 083876333044

    BalasHapus
  54. Saya menderita Gerd dan BILE REFLUKS... dalam perut banyak banget cairan kuning asam empedu. Apa sama dengan mba susan ya.

    BalasHapus
  55. Mba,aq jg menderita GERD. Aq mau nanya,tengkuk aq sering sakit klo lgi mikir sesuatu...itu juga masuk gejala gerd ya?

    BalasHapus
  56. Sya sudh jarang kambuh, tp tenggorokan msh ganjel, ad yg tua cra obatinnya ga?? Trims..

    BalasHapus
  57. Assalamualaikum,
    Saya baru mengalami gejala kayak gitu, akhir des kmerin sempat dilarikan ke RS krna dikira penyakit jantung, saya juga didiagnosi penggumpalan darah smpe dikase obat jantung, tapi alhamdulillah setelah dipriksa ga ada mslah sama jantung.
    senang banget bisa baca artkelnya mba, jadi bikin semangat buat sembuh dari GERD.
    Saya udah invite gruop GIHM trus gmna ya mba?? Kayaknya butuh accp adminnya.
    Salam kenal buat yg lain :)

    BalasHapus
  58. alhmdlg baca postingan mbak, sya jd merasa lega. ternyata apa yg saya rsakn saat ini memang bukan mengada2, apa yg mbak ktakan semua yg sekarang sdang sya derita. sudah 1 thn lebih saya menderita maag dan gerd..hidup sya memang berubah drastis 180 derajat, bahkan berhenti bekerja..

    BalasHapus
  59. mbak gmn cara masuk grup itu??? saya juga sama sudah 1 thn lebih mbak, sya sudah pernah cek jantung, cek darah, dan segala macam, hasilnya baik2 saja dan kebanyakan diagnosa nya maag. bahkan pernah salah 1 dokter bilang, ini mungkin habis bertengkar sama suami kali jd nya kesel makanya sesek nafas. jdi ngenes juga tuh ama dokter nya

    BalasHapus
  60. Saya jg baru2 ini divonis dokter dg GERD dan dispepsia sindrom,sy baru keluar dr RS setelah sempat opname selama 1 minggu skrg baru 2 hari di rumah. Gejala yg sy alami antara lain muntah terus2an, perut begah, ulu hati sakit, nafas pendek2, jantung berdebar ky pas lagi naik roller coaster gitu, badan gemeteran apalagi pas tiduran rasanya ky ada gempa hehe... Pas di opname semua hasil pemeriksaan baik darah,urine dll normal. Skrg sy masih konsumsi obat dokter dan makan bubur setiap hari. Nafsu makan sy sebenarnya ada tp belum bisa makan banyak. Sy benar2 berharap bisa sembuh dg diet seperti yg mbak contohkan. Semoga kita semua diberi kesembuhan oleh Allah,aamiin

    BalasHapus
  61. Saya juga 6 bulan yang lalu di nyatakan GERD sama dokter, sudah minum omezaprole dan segala macam cuma kambuh terus.Akhirnya buat ramuan kunyit+temukawak+madu alhamdulillah mendingan,cuma memang ga boleh makan yang aneh2 sedikit langsung kambuh.setelah gerd mendingan muncul lah seperti cedutan atau geneteran di kedua kaki tidak setiap detik tapi lumayan sering, apakah ada yg pernah ngalamin cedutan di kaki seperti darah ngalir cepat?
    Saya juga mau nanya untuk endeskopi apakah sakit?karena sampai saat ini saya belum endeskopi karena takut.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Kalau sudah sembuh total, insya allah...allah pun tidak kan mengurangi nikmat hambanya sedikitpun. Amin

      Hapus
  62. Gejala sama yg sy alami skrg,pengen ikutan digrup, apa namanya?

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Wah... Alhamdulillah membantu, soalnya saya jg sedang mengalami GERD (walau hanya tebakan saya) karena posisi yg dialami sensasi tidak nyaman nya persis sama betul. Awal nya gara2 minum kopi lalu ga sengaja saya minum soda, sensasi awal jantung berdebar luar biasa,, fikiran & penglihatan ga fokus..
    Pergi ke dokter diberi obat lambung, berjalan hari demi hari aku dah 3x bolak balik kedokter dlm waktu 1 bulan.
    Sekarang aku coba belajar sembuh dgn konsumsi sedikit obat dokter, insya allah...doakan saya supa cepat sembuh.
    Oia buat para peminum alkohol cepat2 deh berenti, dan yg belum pernah coba2 minum lebih baik jangan sama sekali.
    Stelah aku ingat, dulu aku pengkonsumsi minuman beralkohol rutin,, walaupun sekarang sudah tidak pernah sedikit pun. tapi alhasil lambung & ksehatanku jadi kurang baik diumurku yg 24 tahun ini. Pokoknya yg penting terima kasih bnyak thread ini jadi meyakinkan aku klo yg aku derita adalah GERD

    BalasHapus
  65. Mau masuk ke grupnya dong ... Tersiksa bgt sakit bgini. Jd g tenang.. Traumaan..hiks sama bgt ceritanya sm aku yg lg alamin skrg

    BalasHapus
  66. 082173558545.mengobati gerd dgn alami, silahkan hubungi dgn senang ht akn berbagj

    BalasHapus
  67. Coba Gastrucid Syrup.. Di minum rutin 3x sehari.. Di tambahin juga minum madu campur air hangat.. Insyaa Allah

    BalasHapus
  68. Sama persis dengan yg saya rasakan dulu. Saya bekas penderita gerd akut, puji Tuhan sekarang saya sudah sembuh dengan pengobatan 100% alami. Bagi saudara sekalian yg masih bertanya tanya dan merasa mudah panik dan prustasi gara sakit gerd ini, silahkan hubungi saya cara penyembuhannya. Dengan senang hati akan berbagi. Ingat di hubungi saja, jgn di sms. 082173558545.

    BalasHapus
  69. Sama persis dengan yg saya rasakan dulu. Saya bekas penderita gerd akut, puji Tuhan sekarang saya sudah sembuh dengan pengobatan 100% alami. Bagi saudara sekalian yg masih bertanya tanya dan merasa mudah panik dan prustasi gara sakit gerd ini, silahkan hubungi saya cara penyembuhannya. Dengan senang hati akan berbagi. Ingat di hubungi saja, jgn di sms. 082173558545.

    BalasHapus
  70. Sama persis dengan yg saya rasakan dulu. Saya bekas penderita gerd akut, puji Tuhan sekarang saya sudah sembuh dengan pengobatan 100% alami. Bagi saudara sekalian yg masih bertanya tanya dan merasa mudah panik dan prustasi gara sakit gerd ini, silahkan hubungi saya cara penyembuhannya. Dengan senang hati akan berbagi. Ingat di hubungi saja, jgn di sms. 082173558545.

    BalasHapus
  71. Syukurlah sy nemu artikel ini. Saya sudah hampir setahun menderita gerd, dan awal diagnosa dikira stres aja. Sy sering nangis dan parnoan takut tiba2 meninggal. Rasanya cukup lega ternyata sy ga lebayyy karna banyak yg mengalami hal yg sama. Sy kena gastritis kronis karna bakteri h.pylori, GERD, sama infeksi jamur candida di pencernaan. Dan kesemuanya selama 11 bln ini masih sy alami. Sempet membaik tapi skrg drop lagi, 3 bulan di rumah aja, di kasur. Drop gara2 minum kefir kambing malah memperparah asam lambung. Ga bisa tidur, kalo bangun tidur langsung rasanya pusing, mual, sensitif sama cahaya, muntah2, jantung berdebar. Sy semangat ingin sembuh tapi kadang down juga nangis2. Sy mau ikut grup FB biar bisa sharing juga, soalnya emang kerasa butuh teman yg ngerti. Internis sy aga nyepelein penyakit sy, kayanya dia bosen kali keluhan pasiennya gitu2 aja. Kalo ada yg tau dokter gastro bagus di bandung minta infonya yah

    BalasHapus
  72. Kak sheetavia minta pin bb atau wa nya dong
    Saya jg mengalami hal yang sama,sudah 2 bulan ini saya mengalaminya,saya di sangka stres sma org tua dan istri, malah istri lagi hamil 4 bulan,setres banget saya kak. :'( :'(

    BalasHapus
  73. pertamanya makasi ya mbak buat curhatannya. akuu juga sakit kaya gitu mbak, kadang perut panas, lebih intens nyeri dibawah rusuk kanan, kliyengan mata seperti kabur dan rambut juga rontok, tiap hari berdebar debar terus mbak dan mendingan di sore hari. gimana ya mbak solusinya ?

    BalasHapus
  74. Mba aq mau nanya emang sy jg punya penyakit gerd...sensasi y mcm2 itu udh pernah sy alami...skrng sensasi y Laen lg klu udh brp hr ini kambuh berasa dada sblh kiri suka cekat cekit..kadang ilang timbul...kadang skt dada kiri y...hilang lg....apa.ada yg SM... seperti sy...tolong dong info y...

    BalasHapus
  75. Perut juga suka kembung kenceng...tp sy gk pernah muntah .knyakan punggung sblh kiri suka nyeri... persendian berasa y kbnyakan sebelah kiri... bolak-balik k dr penyakit.dlm bilang lambung bukan jantung..jd bikin stress...

    BalasHapus
  76. Mau msk grup dong gmn caranya biar buat sharing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama seperti anda. Puji Tuhan sekarang sudah jauh lebih baik. Hilangkan stress anda terlebih dahulu!!!. Setelah anda dapat mengendalikan stress. Dengan sendirix obat akan d respon tubuh untuk menyembuhkan keluhan gerd anda.

      Hapus
  77. Alhamdulillah,sy jga kena asam lambung.awalnya cmn maag kedokter malah makin buruk alias jadi asam lambung.udah sampe 5x ke dokter.ke dokter 3 baikan cmn sy mentang2 udah mendingan malah makan mpek2 gk pke kuah dan bakso,alhasil perih bgt lambung saya dan mual lagi.balik ke dokter itu disuruh tebus lagi racikan obat 3kapsul itu.tapi setelah mau abis sy mau tebus lagi ama apotik gk boleh,sy jadi takut.sampe akhirnya berjuang sembuh hanya dgn obat maag lanzopasole aja ya tp ttp kadang2 baikkan eh kadang ngedrop lagi.jadi coba kedokter lain malah memperparah keadaan sy.pdhl cmn enek dikit aja,gk sampe sesak2,dll.makan apa aja juga biasa aja.malah jadi perih dan panas,kedokter lain mendingan,tp obatnya abis sy blm bnr2 sembuh.

    akhirnya skrng pke herbal aja,awalnya dulu pke obat dokter masih suka meriang2,demam dan lemas.Alhamdulillah skrng cmn ngalamin berasa dingin dikit or ngilu dikit klo perut mulai rasa lapar.ya cmn kadang kadang salah makan asam lambung naik parah.pdhl yg sy makan makanan yg sama,seperti ikan kembung,malah bikin melilit pas di bakar,di kukus malah mual2 jadi makin gk enak.

    Alhamdulillah sy sudah mulai belajar tau cara ngontrolnya,klo lgi bgtu saya makan apel aja,mualnya ilangan.Sering2 makan apel mual2nya berangsur2 ilangan.

    atau pake labu siam yg sy kukus,biasanya asam lambung ky gkda.

    sy jga siasatin spy mlm bisa tidur,malam2 makan jam 6-jam 7.nah sebelum makan saya makan labu siam yg di kukus,abis itu makan bubur/nasi lembek dengan lauk telor atau ikan,setelah itu minum obat herbal habbatussauda,Alhamdulillah malamnya sy bisa tidur.mendusin jam 2 trs tidur lagi,perut gk kerasa perih2 dan masih kenyang aja rasanya.bangun2 lagi nanti sy sholat malam aja,setengah 4 sy alaremin hp.tp klo mlm2 tiba2 asam lambung naik sy siasain makan apel,Alhamdulillah enakan seperti ilang tuh asam lambung dan lanjut tidur lagi.klo abis bangun tidur minum air anget hampir panas berkali kali sampe mulai rasa laper ya sy makan telor ayam kampung yg di rebus setengah matang.aduh enak banget perut rasanya adem ky di kipas2in,jedain dikit jgn sampe rasa perih dan panas.saya minum susu beruang steril bukan yg gold,klo yg gold sy malah mual gk enak bgt.trs deh sy jadi ky berenergi bgt,sekujur tubuh abis minum itu terasa keringatan dan berasa dingin segar.abis sholat sy mulai masa bubur,rebuz telor lagi,siapin sarapan suami dan anak,nguruain anak dll.Alhamdulillah berenergi bgt walau masih ada pusing2 kepala dikit,msh berasa efek kurang tidur yang sebelum2nya.

    dstnya masih panjang ceritanya.

    Yg jelas Alhamdulillah kata suami sy lebih keliatan berenerginya alias gk lemes di banding minum obat dokter cmn seperti bisanya meratapi sakit saja seolah2 gkda solusi.karena sy udah mulai tau cara2 siasatinnya.Siang2 suka gk tidur lantaran seger,pdhl perut enak dibawa tidurnya lantaran siasat itu seperti di mlm hari makan labu siam dulu sblm mkn siang dan minum obat.klo msh rasa laper ya makan aja lagi haha.yg penting perut nyaman dan berusana jgn sampe kelaperan.

    Doakan saja moga2 sy bnr2 bisa berhasil sembuh.dikasih sakit ini sy byk intropeksi diri dan ternyata dri terawangan mertua sy ada dosa sama org tua sy dan suami sy,makanya sakitnya bgtu2 aja.Alhamdulillah sejak sy minta maaf ke mereka sakitnya jga lebh mendingan dri sebelumnya.

    skrng byk istigfar aja,sholawat,dll lebih mendekatkan diri sama Allah.Walau sblmnya sudah rajin,skrng lebih di rajinin lagi.

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Baru baca blog nya mbak.
    Keren banget.
    Sangat menginspirasi saya juga lagi full jalankan komitmen jaga makanan 😁

    BalasHapus
  80. Maksih bak.membatu banget.gejala nya hampir sama jantung berdebar dan darah kental..3thun aq sdah alami.dan sekarang masih blom sembuh total..smg sama2 lekas sembuh ya amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba maaf aq mau nanya..td y sy bolak balik k dokter penyakit dlm penyakit sy asam lambung gk sembuh 2...ehh skrng Krn sering bolak balik k dokter jd nambah k dokter jantung skrng stlh di cek treadmill..skrng di kasih obat pengencer darah...nambah lg skt y pdhl awalnya cm asam lambung ..gmn nh dokter y slh diagnosa gk yh...skrng tiap hr hrs minum obat pengencer darah apakah SM mba SM sy ..tolong sharing y mba..

      Hapus
    2. Saya bantu jwb.lebih baik tinggalkan obat dokter ,mungkin gk cocok buat lambung dan tubuh anda.sama kaya saya dulu awal cuman magh di obatin malah asam lambung dan makin parah karena di makanin aja lambung tetep perih.setiap ganti dokter katanya saya sakit efek obat dokter.udah 6 atau 7x ke dokter saya tinggalin obat dokter dan coba ikutin org2 yg udah sembuh dgn minum habbatussaudah kurma azwa,susu beruang,kurma palem frutt/azwa,apel merah,wortel,labu siem,dll lama2 saya sembuh sampe sekarang.Alhamdulillah udah bisa makan apa aja,dulu kurus turub dratis bb saya,Alhamdulillah barokallah sekarang tambah gendut,bahkan pas sakit dulu dikasih hamil dan sejak hamil sy beraniin makan apa aja dan gk mikirin sakit saya,eh malah gpp loh .Anak sy jga Alhamdulillah sehat.Jadi pikiran harus di sembuhin jga,pikir aja kita sehat.

      Hapus
  81. Aamiin aamiin allahumma aamiin.. Semoga kita semua di berikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapai ujian ini.. Semoga kita semua lulus dalam ujian ini. Dan suatu saat nanti kita di berikan kesehatan kesembuhan dan tanpa di akhiri oleh penyakit lain. Aamiin ya allah

    BalasHapus
  82. Bagaimana kalo abis minum domeperidone dan suclarfate trus makan bengkoang sama pepaya? Bahaya gak?

    BalasHapus
  83. SAMA BETUL DENGAN YANG SAYA ALAMI, SAYA SUDAH 3 BULAN ASAM LAMBUNG (2 BULAN PENUH SAYA ISTRIHAT DIRUMAH KARNA JADWAL MENGAJAR MASIH LIBUR)SEKARANG MASIH SAJA TAPI INTENSITASNYA TIDAK TERLALU SERING SEMBUH 2 HARI 5 HARI MASIH TERASA ....
    CEMAS SERING MENGHANTUI, CEMAS DAN TAKUT KALO KAMBUH DAN TAKUT PINGSAN... KAlo ini muncul MAKA ASAM LAMBUNG NAIK... OHYA SHARE DONG GIMANA CARANYA MASUK GROUP GIHM

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. Saya juga merasakan yg serupa, semoga cerita saya juga bisa menginspirasi teman2 semua ..

    Cara Sembuh Gerd Anxiety

    BalasHapus
  86. Ka bisa minta no hp nya dan bisa gabungin saya buat sharing ka. Saya juga seperti itu kak

    BalasHapus