Kamis, 16 Januari 2014

Narsisus : 1,5 Years Already

Biasalah...mau laporan tentang perkembangan anak bujang dulu....
kadang sih males ya nulis perkembangan tiap bulan, tapi kalo gak ditulis gw suka lupa euy tentang milestonenya, padahal kan sayang ya.....siapa tau kalo udah gede dia buka blog ini dan baca cerita tentang dia, jd dia bisa atau betapa lucunya dia, betapa sangat cintanya kami ke dia dan betapa susahnya merawat dan mendidik dia (ini beneran dia harus tau) jadi dia berfikir panjang nih buat ngelawan Ayah-Bunda nya ini (sing jadi anak soleh dan berbakti ya nak....)

Apa yang spesial ya di tumbangnya kali ini?

1. Suka ngabsen
Kosakatanya sih udah nambah banyak dan udah mulai ngerti apa yang diomongin orang dan yang dia omongin. Tapi kosakata yang paling dia suka itu adalah ngabsenin seisi rumah dan kebun binatang. Waktu matanya masih merem aja Habib masih sempet ngabsen :
Uwak, Kakek, Nenek, Ayah, bla..bla...bla...
Kucing-ngeong, Kambing-Mbek, Sapi-Moo, Cicak-ck ck ck, Ayam-Uuuuk, Ayah ngorok-Krokk, bla..bla..bla...
Hmm...berarti alam bawah sadarnya udah aktif kan ya? Jadi semakin bersemangat untuk mengajarkan hal-hal baik (terutama hafalan Quran nih) ke Habib biar masuk ke alam bawah sadarnya.

Ada beberapa kata yang kadang suka buat kita ngakak dengernya karena jadi kebolak balik gitu, kayak :
Kepala jadi papak
Bulan jadi oban
Pepaya jadi Papa
Cuci jadi Cicu

Oya yang paling buat gw bahagia itu, dia udah bisa panggil Bunda donk....Horeeeeeeeeee....

Kadang gw suka ngebandingin Habib ama anak lain yang usianya gak jauh beda, ada yang ngomongnya udah lancar banget, tapi gw tetep bersyukur koq...kan perkembangan anak beda-beda, wong nanti kalo dah gede gak ditanya kan kamu bisa ngomong di umur berapa?

2. Tambah narsis 
 Kalo liat kamera jadi begini nih mukanya





 
3. (Masih) Kerajingan Gadget
Sebenernya gw gak setuju kalo ayahnya sering banget ngajakin Habib nonton lewat gadget karena Habib jadi kerajingan, walaupun yang dia tonton itu edukasi semua. Apa yang dia tonton itu seringkali jadi pengetahuan baru buat dia, kayak dia jadi tau nama kendaraan umum, huruf-huruf, nama binatang, nama buah dan makanan serta doa-doa dan kebiasaan baik dari nonton itu. Tapi menurut gw di umur segini anak masih harus banyak bereskplorasi sama lingkungan sekitar dan meningkatkan kemampuan motoriknya. Gw juga takut kalo sering nonton gitu nanti akan berpengaruh sama kesehatan matanya. Kalo ayahnya sih suka manfaatin gadget ini biar ayahnya bisa tidur, walau udah sering gw marahin tapi masih aja anaknya suka dikasih gadget. Gw juga sih sebenrnya suka manfatin juga, tapi kalo udah kepepet banget deh kalo mau mandi and solat tapi gak ada orang yang bisa jagain Habib.


 Dari dulu gw dah anti banget sama anak-anak balita (dan yang udah SD juga) yang suka main game di gadget, soalnya gw liat mereka jadi males belajar dan jadi kerajingan. Ambil contoh salah satu sepupu Ayah Habib, umurnya baru 6 tahun tapi seharian kerjaan main gadget, kalo dimatiin dia ngamuk dan marah-marah. Kalo seharian kerjaannya main gadget, jadi kapan dia belajar dan aktivitas yang lainnya, padahal otak anak-anak itu masih sangat-sangat berkembang dan perlu banyak stimulasi kan?? Sayang banget kalo cuma diisi sama game.

Entahlah, sampe sekarang gw masih bingung banget gimana nantinya memperkenalkan IT tapi gak sampe merusak kedisiplinan dan sosialnya, serta keseimbangan hidupnya (kalo hidup itu perlu beribadah, istirahat, sosial dan sebagainya). Yang jelas IT bukan momok lah ya, bahkan gw sangat berharap anak nanti gak gaptek tingkat dewa kayak gw, bisa memanfatkan IT dan teknologi dan bahkan berinovasi dan invensi dalam hal IT dan teknologi. Kalo ayahnya sih udah gak sabaran banget buat ngajakin Habib ngutak ngatik IT dan elektronika : "Sekarang Habib udah bisa belum ya diajak ngerakit robot?", gleeek.....ya ampun ayah...sekarang bisanya ngerusak robot kaleeeeeeeee 


Selain 3 hal itu apa lagi ya milestonenya Habib?

Udah gak terlalu manja lagi sama gw, sekarang malah manja ke ayahnya. Suka banget main sama ayahnya. Kalo gak ada ayah, seharian kerjanya nanya ayah melulu, kalo liat hape gw maunya nelpon ayah melulu, kalo ayahnya mau berangkat kerja dia gak mau lepas dari gendongan ayahnya. Nampaknya sekarang gw udah mulai jelous nih sama Ayah...

Daddy's Little Son

Tidurnya udah mulai nyenyak, paling bangun sekali sampe tiga kali doank semalem. Alhamdulillah akhirnya gw bisa tidur nyenyak juga.

Udah mulai ngerti doa dan solat, jadi kalo ada azan dia mulai bilang itu suara atok yang azan atau ngaji. Kalo disuruh do'a, dia angkat tangannya kayak orang do'a dan udah bisa disuruh solat juga walau bisanya baru nunggit-nunggit gak jelas sambil bilang Allahu Akbar-Allahu Akbar. Pernah suatu hari waktu lagi di rumah atok, begitu dia denger bunyi azan dia langsung ke kamar ambil sajadah trus angkat tangan doa gitu dan solat sendiri.

Hmm...kalo makannya masih sangat milih-milih, tapi udah lumayanlah walaupun cuma 5-10 suap tapi udah sangat lumayan dibanding sebelumnya yang nutup mulutnya rapet banget. Tapi kalo masalah makan, kayaknya gw masih sangat menyalahkan gw sendiri sih yang jarang banget masak buat anak. Sekarang sukanya makan sendiri. Udah mulai mau minum susu UHT walaupun sedikit ya, tapi udah lumayanlah daripada gak mau samsek.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar