Selasa, 11 Februari 2014

Kasihan deh Pak Bos....

Hari ini kami semua kaget karena Bos (Supervisor bagian gw) marah-marah, sampe ngeluarin kata "binatang" sama salah seorang anak buahnya. Kagetnya karena biasanya beliau tipikal orang yang sabar dan berfikir jauh ke depan, koq bisa sampe segitu marahanya. Sampe akhirnya keluar kalimat begini "Okeh, saya mau lapor aja sama manager, kalo bukan dia yang keluar, saya yang akan keluar dari bagian ini". Kriiik...seyem banget kan???

Kerjaan di bagian gw itu memang rentan banget dijadiin objek kemarahan orang karena berhubungan sama pelayanan dan kesejahteraan karyawan. Dah kerja bagus-bagus pun masih sering kena marah, apalagi kerjaannya gak bagus. Sebenernya yang sering jadi masalah itu bukan sama pihak eksternal sih, tapi malah sama internalnya sendiri. Kalo dimarahin orang itu kan emang makanan kita tiap hari, ya pasti udah terbiasa donk ya denger makian. Paling habis dimarahin tinggal ketawa ketiwi aja ngilangin stres. Tapi kalo masalahnya ada di internal, ini yang ruwet. Soalnya serba salah kan mau bersikap gimana. Mau dimarahin gak enak, gak dimarahin ngelunjak. Nah...kebetulan di bagian gw ini emang rada ruwet karena sering banget jadi sorotan orang-orang satu departemen.  Gimana gak ruwet coba kalo bagian gw itu orang-orangnya isinya kayak gini nih :
  1. Pak A yang pangkat dan umurnya gak jauh beda ama pak Bos. Orang ini sebenernya yang disiapin buat gantiin pak Bos nantinya sebagai bos. Walaupun bos gw ini berkali-kali bilang sama gw kalo dia gak betah lama-lama jadi supervisor dan mau pindah ke unit kerja lain, dia rela bertahan jadi supervisor cuma supaya posisinya gak digantiin sama Pak A ini. Jangankan beliau sebagai bosnya, kami aja mau kabur semua dari bagian ini kalo seandainya si Pak A ini jadi bos kami. Pak ini orangnya super duper keras kepala. Dia gak pernah mau dikoreksi, jadi segimanapun kita kasih argumen, pokoknya dia cuma mau kerja dengan cara dia sendiri walaupun itu salah. Pernah suatu kali dia ngotot sama kerjaannya dan kita semua dah coba buat ngoreksi beliau sampe akhirnya Bos gw ini ngerelain aja kerjaannya salah dan berharap pak A akan dikoreksi sama customernya. Ternyata bener, akhirnya para customernya ngamuk tuh pas liat hitungan dia salah semua dan akhirnya si Pak A harus ngerjain ulang semua kerjaan itu. Si Pak A ini juga suka ngilang-ngilang, entahlah pergi kemana, yang jelas gw suka sebel ama kebiasaan dia yang satu ini karena akhirnya gw deh yang harus ngelayani customer dia, ngerjain revisi kerjaan atau bahkan ngerjain kerjaan dia karena pas dibutuhin beliau suka gak ada di tempat.
  2. Bu E ini orangnya baik, soleh dan lembut. Yang jadi masalah sih dia gak bisa dikasih load kerjaan yang pake mikir atau agak ribet dikit atau di luar kebiasaan dia. Jadi ya ujung-ujungnya gw lagi deh yang kena getahnya harus ngerjain kerjaan dia yang dianggap rada ribet. Oya...ibu ini juga suka ngilang entah kemana, daaaaannn...lagi-lagi gw yang harus bolak balik ngelayani customernya. 
  3. Satu orang karyawan dengan profesi dokter. Ehhhmm...ini juga rada aneh, dia juga tipikal orang yang gak suka dibilangin or dikritik. Jadi kalo dikritik suka ngambek. Beliau juga sering kerja dengan caranya sendiri. Yang suka buat bos-bos sebel sih karena beliau suka gak nganggep kalo supervisor itu penting, gimana gak tersinggung coba para supervisor itu? Bahkan supervisor kami sebelumnya gak pernah ditegur sama beliau, padahal sampe sekarang kami pun gak tau masalahnya apa dia tiba-tiba begitu. Tapi dokter ini baik banget deh. Dia care sama semua orang. Beliau juga tipikal orang yang ramah dan asik kalo diajak ngobrol. 
  4. Satu orang karyawati yang masih muda banget. Orangnya super duper pinter dan cekatan. Cuma masalahnya beliau ini udah dari oroknya bawaannya jutek dan cuek. Jadi seringkali customer kami marah-marah kalo denger jawaban dari beliau. Supervisor gw itu harus sering-sering menenangkan customer yang marah-marah karena tersinggung. Oya...beliau juga suka ngilang, padahal dia termasuk "most wanted" di bagian gw karena kerjaan dia itu lumayan vital, daaaan....tau kan siapa yang jadi korbannya? Yup...benuull...Gw lagiiiiii....., gw lagi yang harus ngeback up kerjaan beliau.
  5. Nah...satu lagi anak buahnya yang sering berulah, siapa lagi kalo bukan Gw. Hahahaha. Dulu gw sering banget dipanggil ama pak bos karena suka ngilang juga. Eits...tapi kan gw ngilangnya karena mompa ASI dan posisinya masih di dalam kantor juga kan (tepatnya di WC lantai lain), Gw juga suka (kalo gak bisa dibilang "selalu") telat balik kantor dari istirahat siang. Tapi sekarang begitu gw gak mompa lagi, gw gak pernah dipanggil lagi tuh walaupun masih seringkali ngaret di jam istirahat. Gw termasuk bawahan beliau yang paling sering berantem ama beliau, tapi ya gitu....kalo masalah udah selesai...ya kita baikan lagi. Xixixi, jadi kita gak pernah merasa dendam satu sama lain. Malah bos gw itu sering curhat ke gw tentang anak-anaknya, masalah kantor dan terutama temen-temen satu bagian gw itu. 
Kasihan kan bos gw kalo punya lima anak buah yang begitu?
Kesian...Kesian...Kesian....
Oya, sekalian gw deskripsiin deh tentang Bos gw ini. Pak Bos gw ini orangnya baik, ramah dan penyayang. Hal yang gak gw suka cuma dua. Pertama kalo dia dah ngerokok gw gak tahan sama bau mulutnya, sumpaaaahhh...aseem banget baunya dan yang kedua dia suka males kerjaaa...jadi hampir semua surat atau kerjaan dia gw dulu yang ngerjain dan dia tinggal koreksi. Yah..berhubung masih berstatus bawahan, terpaksalah gw harus ngerjain semua itu (Uhuk...harusnya bukan "terpaksa" ya tapi diganti dengan "ikhlas" biar ada nilai ibadahnya). Untuk urusan tanggung jawab, gak usah diragukan lagi, dia orang yang pertama pasang badan kalo kami ngalamin masalah. Beliau juga tipikal orang yang teliti banget. Bos gw ini juga orang yang family oriented, gak jarang dia manggil gw cuma buat nanya pendapat gw tentang anak-anaknya kayak : "Coba Nyr...menurut kamu, aku harus pilih Hp yang mana buat si nomor 2, atau coba kamu cariin jurusan arsitektur yang akreditasinya A. Jadi begitu gw minta izin keluar kantor sebentar karena urusan keluarga, jarang banget gak diizinin.

Beberapa minggu yang lalu, Pak Bos manggil gw dalam rangka minta maaf. Minta dimaafin karena dengan banyak pertimbangan dan dengan rasa berat hati (menurut pengakuan beliau), beliau harus ngasih nilai PPK (Penilaian Prestasi Kerja) yang nilainya gak jauh beda (alias flat) antara gw dengan rekan kerja yang lainnya yang masih satu bagian. Karena implikasi PPK ini kan bakal ngaruh ke promosi dan insentif, jadi beliau gak mau menghambat anak buahnya. Hmm...sebenernya rada kecewa juga sih, kenapa dia gak fair aja. Tapi ya, setidaknya dengan permintaan maaf, gw ngerti bahwa sebenernya dia mengakui kalo kinerja gw lebih baik dibanding mereka. It's enough, walaupun the money is not enough. Ya sudahlah....mungkin memang saat ini belum rezeki gw.

Btw....kalo gw nulis beginian termasuk ghibah gak sih?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar