Selasa, 11 Februari 2014

Kenapa Harus Pindah?

Jreng...jreng...mulai hari ini sampe dua minggu ke depan adek ipar pergi liburan. Liburan cuyyy, jalan-jalan Men...menyusuri kota-kota sepanjang pulau jawa dan finish di lombok & bali *mupengggggg kan...??? ngiler gilaaa.....

Okeh...dengan besar hati, gw dukung banget jalan-jalannya, mumpung belum kerja belum nikah, puas-puasin deh, entar kalo dah kerja dah nikah, dijamin bakal susaaaaahhh banget jalan-jalan *sesenggukan di pojokan sambil bolak-balik melototin kalender, buku tabungan dan foto Habib. Kalo gw mau jalan-jalan dan ngupi-ngupi cantik ama temen-temen di luar kota, sebenernya bisa diatur sih, tinggal atur jadwal training outplant....taraaa....jadi deh...tapi berasa jadi mamak-mamak durhaka aja ninggalin anak berhari-hari cuma demi jalan-jalan. Dinas luar kota pun gw buat blasss sehari harus selesai walaupun harus nyampe malem banget ke rumah dengan pesawat paling bontot. Dan syukurnya, bos gw dah hapal banget sama ritme gw ini (yang punya batita dan gak bisa makan sembarangan) : 
  1. Mesti makan tiap dua jam dengan lauk yang gak enak dirasa dan diliat. Hehehe. Jadi dimaklumin banget kalo lagi makan bareng, gw malah ngeluarin bekal gw dan gak bisa makan makanan yang disajiin atau mesti keluar-keluar dari ruang rapat buat makan sebentar.
  2. Sibuk cari kulkas atau ruangan buat mompa. Bahkan kadang rapat diundur bentar karena nungguin gw selesai mompa.
  3. Cuma mau dinas sehari. Pergi pesawat paling pagi dan pulang dengan pesawat paling bontot, walaupun pergi ke luar kota yang jauh kayak Surabaya dan seringkali harus lari-lari kejer pesawat tapi Alhamdulillah bos selalu setuju sama jadwal yang udah gw atur. 
  4. Heboh bawa banyak kruntelan. Tiap kali dinas walaupun sehari ajah tapi kruntelannya banyak banget. Kadang sampe dibantuin bawa sama si Bos. Satu kruntelan isinya peralatan tempur asi, satu kruntelan isinya makanan gw buat sehari dan satu kruntelan lagi dokumen kerja-laptop dan barang-barang pribadi.
Nah....gw bukan mau cerita tentang masalah dinas atau ke'iri'an gw tentang ekspedisinya adek ipar gw ini sih, tapi dengan kepergian adek ipar gw ini akhirnyaaaaaa gw bakal bisa ngerasain "just the three of us" sampe dua minggu ke depan. Yup....gak ada orang lain di rumah mertua selain keluarga kecil kami : Gw-Habiyah-Habib (ada wak sih emang, tapi kan cuma siang-siang doank). Merdeka di rumah orang lain. Emang segitu menderitanya ya gw selama ini tinggal di rumah mertua sampe begitu gak ada orang di rumah gw jadi merasa merdeka gini? Emang mau ngapain Nyr kalo gak ada orang? mau buat onar apa?

Mau ngapain yah?? 
gak ngapa-ngapain koq....cuma ingin mengekspresikan cinta dan berbuat seenaknya ajah...
Kapan lagi coba gw bisa ngerasain nonton tipi berdua ama Habiyah? Sambil angkat kaki, teriak-teriak, ketawa-ketiwi trus gegoleran berdua....
Kapan lagi coba bisa pake baju seenaknya, mau nyang sekseh atau super sekseh gak akan ada yang marah atau protes *malah ada yang seneng tuh..., Gak mesti panas-panasan pake baju panjang dan jilbab di rumah.
Kapan lagi coba bisa cubit atau cium Habiyah sepuasnya tanpa takut ketauan atau diliatin orang....
Kapan lagi coba gw bisa bebas masak apa yang gw mau tanpa takut gagal atau dinilai gak enak...*soalnya kan testernya cuma Habiyah yang cuma kenal kata enak atau sangat enak dalam kamusnya, jadi pasti gak pernah gagal kan?
Kapan lagi coba gw bisa menentukan sendiri apa yang mau gw lakuin tanpa merasa takut, gak nyaman atau ada interupsi ini itu....
Kapan lagi coba bisa ngerasain jadi prioritas utama, tanpa gangguan ponakan atau orang lain yang mesti diurusin...
Kapan lagi ngerasain yang namanya punya "privasi"?
Gw tinggal di rumah mertua sejak gw nikah sampe sekarang (udah 3 tahun) karena gw harus nemenin adek ipar gw yang harus jaga rumah sebesar itu sendirian. Mertua gw masih aktif kerja di Pagaralam (sekitar 8 jam dari Palembang) dan hanya pulang kadang-kadang kalo FIL harus dinas keluar kota atau MIL ada penataran di Palembang. Waktu awal-awal nikah, Habiyah kerja di luar kota. Sebenernya ada kakak ipar cowok sih, tapi dia juga sibuk dan sering gak ada di rumah karena masih sering dapet jadwal jaga. Beberapa bulan setelah kami nikah, kakak ipar pun nikah. Waktu itu gw berharap kami yang bakal keluar rumah dan tanggung jawab buat jagain rumah dan adek ipar beralih ke kakak ipar. Tapi karena kakak ipar dah punya rumah sendiri sebelum nikah dan Habiyah termasuk orang yang paling diandelin di keluarga, keluarga besar mutusin kalo kami masih harus tinggal disana sampe waktu yang belum ditentukan. Akhirnya tahun kemaren, ayah mertua gw pensiun, tapi Ibu mertua masih aktif kerja. Cuma karena posisi Ibu mertua udah jadi pengawas, jadi beliau gak kerja full time hanya sekali-kali kalau ada kerjaan atau proyek ngawas sekolah, jadilah mertua gw beberapa bulan ini mulai lebih banyak tinggal di Palembang dibanding Pagaralam.

Dengan kondisi begini akhirnya kami bisa mutusin untuk pindah walaupun mungkin masih harus sering nginep di rumah mertua waktu mertua gak ada. Sebenernya mertua masih belum ngizinin kami pindah sih, soalnya sering banget dia ngomong ke gw kalo kami gak usah pindah dulu. Tapi gak mungkin kan kalo kita terus-terusan tinggal disana. Gimana pun kami harus belajar mandiri dan menata hidup kami sendiri. Walaupun gw tau nanti bakal sulit karena selama ini gw bener-bener berada di zona nyaman. Gimana gak nyaman coba, kalo bangun dah disiapin sarapan, baju tinggal pake (gak perlu repot nyuci-jemur-gosok), rumah disapuin dan dipel mertua atau adek ipar dan bla..bla...bla...., kerjaan gw cuma ngurus anak doank...titik...gak ada yang laen, bahkan misua pun diurusin sama mertua, dari mulai makannya-bajunya dll.

Tapi terkadang kenyaman itulah letak ketidaknyamanannya. Karena sebenernya gw lebih suka ngelakuin pekerjaan rumah tangga itu sendiri, dengan cara gw sendiri dan sesuai dengan timing gw. Sedari kecil gw dah terbiasa koq ngerjain kerjaan-kerjaan itu, tapi emang timingnya beda sama orang kebanyakan. Karena gw tipikal orang yang gak bisa tidur malem, makanya gw lebih banyak beraktivitas malem-malem, kayak nyuci, gosok, nyapu dll gw lakuin tengah malem dan dini hari. Tapi jeleknya jam 8 gw udah tepar dan baru bangun jam 12 malem. Makanya kalo tinggal di rumah orang, gw itu bakal dicap pemalas deh. Selama ini kalo tengah malem kan gw takut banget ngeganggu tidur orang dengan aktivitas gw. Gw juga punya cara sendiri untuk melakukan sesuatu dan seringkali tersinggung kalo ada yang interupsi dengan "my way".

Misua juga kan dah jadi tanggung jawab gw. Makanya gw kadang tersinggung kalo baju habiyah yang udah gw rendem dicuci ama mertua atau kalo MIL sibuk nyiapin makan buat Habiyah. Kadang secara gak sadar MIL suka suka ngedikte ini itu dalam hal mengurus misua. Sebenernya seneng sih...dapet ilmu langsung dari Ibu-nya Habiyah, tapi sayangnya gw ini tipikal orang yang learning by doing dan gak suka diperintah, jadilah ajaran itu malah seringkali buat gw tersinggung.

Pernah bermasalah dengan mertua? Ohh tentu pernah, bahkan gw pernah dilabrak dua kali sama MIL dan harus nangis berhari-hari. Walaupun sampe sekarang hubungan gw tetap baik-baik aja sama MIL, tapi gw takut banget kalo sampe terulang lagi. Walaupun MIL itu dah jadi orang tua gw sendiri, tapi kalo dimarahin MIL rasanya koq menusuk dan membekas banget ya (walaupun gw tau waktu itu yang jadi objek kemarahan dia bukan gw tapi orang lain, tapi kan marahnya ke gw) dibanding dimarahin mama yang banyak gw tanggepin kayak angin lalu aja.

Sebenernya gw dah lama beradaptasi dengan semua itu, overall gak ada yang hal yang nyebelin di rumah mertua, so far so good...so far so fun. Dulu gw cepet tersinggung kalo misalnya mertua marahin gw, sekarang...senyam senyum aja tuh sambil postive thingking kalo itu semua mereka lakuin demi kebaikan gw. Banyak banget hal yang gw pelajari dari mereka dan gw sangat salut sama keluarga Habiyah. Tapi....bagaimana pun gw harus keluar dari zona nyaman ke zona yang lebih nyaman kan? Hehehe...

InsyaAllah Mei nanti kita bakal pindah...
Tetep bukan di rumah sendiri sih, masih pinjem rumah mama juga, tapi sementara rumah itulah yang paling deket dengan kantor dan fasilitas umum lainnya (sekolah, pasar, rumah sakit, mall, dll)
Rumah kecil yang gak lebih gede dari ruang tamu-nya rumah mertua....
Tapi disana hanya ada bertiga yang akan belajar untuk saling memberi dan menerima
Disana kami akan memulai membentuk keluarga kecil kami
Di Rumah Mertua yang super besar dan dengan halaman yang luas ini Habib puas untuk berlari kemana pun yang dia mau. Siap-siap tinggal di rumah RSSS (Rumah Susah Sekali Selonjor) ya nak....

nanti pasti bakal kangen banget sama Kakek dan Nenek
Jadi dua minggu ini gw belajar untuk mandiri kembali.
Sekaligus uji nyali, siap gak gw kalo habiyah jaga malem gw cuma berdua aja sama Habib di rumah?
Siap gak gw dari yang biasanya rame tetiba harus sepi...kriiikkk...
Siap gak gw harus melakukan semuanya sendiri

Hoohohohoh....HARUS SIAP DONK YA....
Ganbatte..Yosh...Yosh...
*_*

3 komentar:

  1. gak usah dipikirin dari sekarang,,, jalani aja nanti hihi...
    semua ada plus minusnya laah... mau tinggal sendiri ato bareng2 keluarga besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak....
      sekarang sih udah grusak grusuk....soalnya kepindahan ini udah dinanti dari 3 tahun yang lalu...hehehehe....

      Hapus
  2. Wih seru baca ceritanya..hehehe..salam buat dede yaaa :D

    BalasHapus