Rabu, 16 April 2014

Hikmah dibalik Mukenah Pink


Sejak kehamilan gw ngeflek di trimester pertama (ini ceritanya waktu hamil Habib dulu) gara-gara suka naik turun tangga, sejak itu gw gak pernah lagi solat berjamaah di mushola kantor. Mushola kantor ada di lantai 3, sedangkan departemen gw ada di lantai 4. Sebenernya gw ngeflek bukan cuma gara-gara sering turun naik tangga buat solat aja, tapi emang karena kerjaan gw banyak berhubungan sama orang-orang di lantai 3. Kalo cuma satu lantai gitu gw males banget naik lift, ribet, males nunggunya, kalo pake tangga kan bisa cepet. Jadilah sejak gw ngeflek dan disuruh bedrest, gw gak pernah mau lagi naik tangga. Sejak saat itu juga gw mulai solat di tangga darurat di lantai 4. Nah..akhir-akhir ini gw jadi kangen sama mushola, lagian salah satu resolusi gw tahun ini kan gw mau menghidupkan lagi solat berjamaah dan silaturahmi sama orang-orang kantor di mushola. Seneeeeng banget rasanya, soalnya sekarang musholanya tambah rame, mau solat dhuha ataupun solat ashar berjamaah (solat dzuhur gw gak pernah di kantor) pasti rame. Gw yang biasanya cuma ngobrol-ngobrol sama temen-temen lantai 4 aja (selain customer), mulai hana hene lagi sama temen-temen sekantor lainnya di mushola.


Di mushola gw itu berjejer mukenah-mukenah bertuan (yang ada empunya) sekaligus ada banyak mukenah untuk umum yang sering dicuci berkala sama temen kantor (jadi pasti bersih dan wangi). Mukenah gw juga gw tarok di mushola. Tapi herannya, orang-orang yang dateng ke mushola dan gak punya mukenah selalu pake mukenah gw, padahal kan banyak mukenah umum lainnya. Hampir semua orang yang gak punya mukenah gak ada yang berani pake mukenah bertuan (kecuali dia dah izin sama tuannya), tapi mereka suka pake mukenah gw, padahal mukenah gw itu dah gw pisahin, gw simpen di bagian mukenah bertuan. Saking sebelnya, akhirnya mukenah itu gw umpet-umpetin ke sela-sela mukenah lainnya atau di tempat yang gak keliatan, tapi tetep aja dipake. Tambah kesel lah gw, setiap kali gw mau solat mukenah gw pasti dipake orang dan gw harus nunggu orang-orang itu selesai solat baru gw bisa solat. Kalo mau pake mukenah umum, gw gak sreg dan suka risih, walaupun bersih tapi kan bekas dipake banyak orang, berasa gak khusyuk aja.  

Emang sih mukena gw itu enak banget dipake dan eye cathing, warnanya pink cerah, bahannya parasut tapi tebal gak terawang dan adem, gak berat, gak ketat di bagian kepala dan leher, jadi betah lama-lama pakenya. Makanya gw sayang banget sama mukenah itu, dan historynya panjang. Mukenah itu merupakan mukenah pertama yang gw beli sendiri dan udah gw pake sejak gw pertama kuliah dulu. Jadi mukenah itu semacam saksi bisu suka dan duka gw selama bertahun-tahun ini.


Berminggu-minggu hati gw suka dongkol kalo ngeliatin mukenah gw dipake orang. Akhirnya pada suatu hari gw ngikhlasin mukenah itu buat jadi mukenah umum, lagian kan gw masih punya banyak banget mukenah di rumah, sekalian amal jariah pikir gw. Konon katanya sodaqoh itu semakin besar pahalanya kalo yang kita sodaqohin itu barang-barang kesayangan kita. Yeahh..walaupun mukenah itu bukan barang yang mahal dan bagus banget, tapi mukenah itu termasuk salah satu barang yang paling gw sayangin. Dan sejak gw ngikhlasin mukenah itu jadi mukenah umum, tiba-tiba gw dapet haid dan gak solat lagi di mushola, jadi gw gak tau kabar mukenah gw. 


Akhirnya haid gw pun kelar dan gw mulai solat di mushola lagi, herannya koq sekarang mukenah gw selalu rapi jali ya dan selalu berada di tempat yang sama, gak pernah lagi nyasar-nyasar di tempat lainnya. Dan gw pun gak pernah lagi liat orang pake mukenah gw. Padahal mukenah gw itu dah sengaja gw tarok di tempat mukenah umum loh dan gampang diraih supaya menarik orang buat makenya. Tapi tetep aja mukenah itu gak pernah bergeming dari tempatnya. Oalah..koq begitu gw mulai ngikhlasin, malah gak ada yang pake. Nyesel gw kenapa gak dari dulu aja gw ikhlasin tuh mukenah atau kenapa gak dari dulu aja gw ikhlasin orang-orang itu pake mukenah gw, gak perlu pake acara dongkol-dongkolan, marah-marahan, sebel-sebelan segala. Mana ada pahalanya kalo gw dongkol-dongkol begitu, malah gw dapet dosa kali karena sifat kikir dan gak ikhlas gw itu.

***

Sering gak kita ngalamin hal begitu di kehidupan ini? Seringkali Allah kasih kita cobaan, entah itu berupa ujian yang enak atau gak enak, tapi kita suka terlupa, kalau yang kasih "rezeki/cobaan" itu semua dari Allah. Allah yang kasih gw mukenah, Allah juga yang menggerakkan hati orang-orang itu untuk pake mukenah gw. Karena Allah pengen gw dapet pahala yang lebih banyak, lebih banyak amal jariah, dan pengen ngajarin gw tentang keikhlasan. Tapi, sayangnya gw gak nangkep insight itu, yang ada gw malah dongkol karena rezeki gw itu dipake sama orang lain. Kenapa gak gw ubah cara pandang gw dari dulu ya? Kenapa gak gw ikhlasin aja tuh mukenah, siapa tau Allah pengen kasih gw rezeki tambahan lainnya lewat pahala yang mengalir dari mukenah yang gw pinjemin itu. Huhuhuhu....*nangis di pojokan. Untung sadarnya sekarang, gimana coba kalo sadarnya kalo ruh sudah mau ninggalin badan? *hiiii...merindiiiiing....naudzubillah mindzalik, semoga kita dimatikan dalam keadaan khusnul khotimah, amiiiinnnnnnnn

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216) 

6 komentar:

  1. aku malah kebalik nyr. malah suka pake mukenah umum. lebih karena klo mukenah umum ga pake acara melipat. tinggal gantung, selesai #pemalas. mukenahku sendiri udah lama kuikhlasin buat masjid kantor. haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulitku tuh kan emang kulit badak...tapi sensitifnya macem kulit macan (apaan pulak ini), jadi kalo pake mukenah umum yang udah kena bedak-bedak orang tuh suka gatel2 vi...

      Hapus
  2. hehehe...
    aku pun sama kayak Vivi...
    suka pake mukena umum aja...

    Duh, berarti mukena pink yang kemaren aku pake itu punya mu yaaah?..hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oohhh...mbak ery toh ternyata tersangkanya...
      ish...ish...ish...

      Hapus
  3. Wah, tulisan yang ,meginspirasi. Ada hikmahnya, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak indi udah berkunjung...
      iya...hikmah dibalik rasa dongkol..

      Hapus