Rabu, 23 April 2014

Percaya sama ilmu hitam gak?

Percaya gak sama sesuatu yang berbau-bau magic alias ilmu hitam gitu?

Dulu, sebelum gw nikah sama Habiyah, begitu tau gw orang Bangka, banyak banget orang-orang yang bisik-bisik ke calmer gw kalo mereka mesti hati-hati sama orang Bangka, soalnya terkenal sama magic-nya alias ilmu guna-gunanya. Kali-kali aja si Habiyah itu kepincut ama gw karena diguna-guna *keplak-keplak. Gak cuma kali itu aja, setiap gw kenalan sama orang juga kalo gw bilang gw aslinya orang Bangka banyak yang langsung berubah raut wajahnya, kayak ketakutan gitu, dan akhirnya pasti nanya kalo gw punya ilmu guna-guna atau enggak. Dulu, waktu gw masih anak ingusan sekolahan, kalo ada orang tua temen gw yang tau gw orang Bangka juga pasti nge-warning anaknya buat hati-hati sama gw.

Emang kenapa sih dengan orang Bangka?
Kalo orang bilang sih, Bangka tuh cuma bisa adu kuat sama orang Banten, sama-sama mumpuni ilmu hitamnya. 

Nah...masalahnya gw kagak tau yang begituan karena emang gw termasuk dari keluarga yang baik ilmu agamanya. Ortu dari Bapak, termasuk ulama yang disegani di kampungnya, hidupnya sampe akhir hayatnya lurus-lurus aja. Ortu mama, nenek emang orang Bangka, tapi cina yang masuk islam dan dari kecil dirawat sama orang tua angkat nya yang merupakan muslim yang taat, dan Atok (red : kakek) itu asalnya dari OKI (salah satu kabupaten di Sumsel) yang merantau ke Bangka karena dapet tugas militer disana.

Gw pernah tanya sama Mama dan Bapak, apa pernah tau atau kenal sama yang namanya magic-magic begituan, Mama cuma jawab "yang jelas selama mama tinggal disana gak pernah tuh ngerasain atau ngeliat hal-hal yang begituan". Totem Pro Parte, cap-nya untuk keseluruhan padahal mungkin hanya ada sebagian kecil yang melakukan. 

Sampe suatu hari pandangan gw tentang ilmu hitam ini berubah. Waktu kira-kira umur gw 6 atau 7 tahun, tiba-tiba Mama suka ngejerit malem-malem. Katanya sekujur tubuhnya sakit kayak ditusuk-tusuk jarum, disayat-sayat silet. Sakit bangeeeet, pokoknya sampe buat dia menggelepar-menggelepar gitu. Sejak saat itu hidup keluarga gw berubah, mama yang tadinya segar bugar, tiba-tiba sakit-sakitan dan badannya jadi kurus banget. Karena kita gak pernah mikir itu penyakit "aneh", ya kita ikhtiar berobat ke dokter. Hampir semua dokter yang ada di Bangka didatengin mama, dan serangkaian tes juga udah dilakuin, tapi dokter gak nemu apa penyakitnya. Yang parahnya lagi, waktu sakit itu mama lagi hamil anak ke-4. Di tengah kondisi mama yang lumayan parah dan harus makan beragam obat, adek gw itu gak berkembang dengan sempurna, mama yang biasanya ngelahirin anak dengan berat yang super (rata-rata kita lahir dengan berat 4 kiloan sekian), adek gw ini cuma lahir dengan berat 2,9 Kg. Dan ternyata begitu lahir adek gw itu bermasalah dengan ususnya dan akhirnya meninggal di usianya yang belum genap 40 hari. Semakin lama kondisi mama semakin memburuk, sampe akhirnya ada yang nyaranin mama untuk cari pengobatan alternatif, semacem ustadz-ustadz atau dukun-dukun gitu. Berbulan-bulan berobat alternatif kesana kemari gak ada perubahan juga, padahal mama badannya udah kayak lidi aja. Duh...sedih bangettt....kita sih dah selalu dikuat-kuatin keluarga kalau-kalau kondisi "yang sangat tidak diinginkan" nanti akan terjadi. Sampai suatu hari mama nemuin "dukun" yang bisa ngobatin mama. Gw gak ngerti sih sebenernya gw harus sebut dia apa, dibilang dukun bukan karena dia pake do'a-do'a untuk ngobatin mama, tapi dibilang ustadz juga bukan karena dia masih pake media gaib-gaib gitu untuk nanyain cara penyembuhan mama (okeh...akhirnya gw berkesimpulan dia itu dukun putih aja ya, karena ilmu perdukunannya dipake untuk membantu penyembuhan orang-orang yang kena tenung). Akhirnya ketemulah penyebabnya, ternyata selama ini mama ditenung, tujuan penenungnya ingin buat mama menderita dan mati perlahan. 

Si Dukun Putih ini akhirnya bisa nemuin "media" yang dipake buat nenung mama. Medianya adalah : silet karat, jarum karat, paku karat, tanah kuburan yang dibungkus dengan kain kafan. Kondisinya sudah rapuh banget dan hampir hancur. Kata si Dukun Putih, kalo sampe hancur maka mama akan meninggal, dan itu tinggal sedikiiit lagi bakal hancur. Yang lebih mencengangkan lagi, media itu dikubur di halaman rumah Atok yang mana tiap hari selalu disapu, dicangkul-cangkul dan dibersihin sama Atok. Masak sih Atok gak pernah nemuin benda-benda aneh itu? Yah...itulah ilmu gaib, media itu gak kasat mata, gak bisa diliat sama kita-kita yang orang awam ini. Dan si Dukun Putih, ditemenin sama keluarga besar mama ngambil si media itu pake ilmu gaib, itu loh yang gayanya kayak gaya pendekar-pendekar yang lagi ngumpulin ilmu (tentunya sambil ngomat-ngamit do'a-do'a). Begitu liat medianya....kita semua terhenyakkk...antara rasa percaya dan enggak. 

Ternyata penyembuhannya gak selesai sampe media tenungnya ditemuin aja, kalo orang yang sudah kena tenung penyembuhannya itu lama. Apalagi si Dukun Putih juga harus memastikan kalo si penenung gak akan ngirim lagi tenung-tenungnya ke mama (dan tentunya memastikan gak dikirim lagi tenung-tenung yang lebih dahsyat dari sebelumnya). Mama harus selalu dijaga secara spiritual sama Dukun Putih, dan diruqyah secara berkala. Dan itu memakan waktu sampe tahunan loh. sampe gw pindah ke Palembang pun, mama masih terus diterapi. Dan syukurnya Bapak segera dimutasiin ke Palembang karena konon katanya biasanya ilmu hitam itu berkurang kesaktiannya kalo udah nyebrang laut. Wallahualam

Siapa sih yang tega ngelakuin hal begituan ke mama? Menyuruh dukun jahat untuk ngirim tenung ke mama. Si Dukun Putih sih ngasih tau pelakunya, cuma dia minta untuk cukup diketahui aja dan bukan untuk dibalas. Karena gw masih kecil, jadi gw emang gak pernah dilibatkan dalam pembicaraan-pembicaraan begitu. Pokoknya intinya orang itu iri sama mama dan pengen mama mati. Titik. 

Mama gw itu termasuk orang yang sukses di kota kecil itu saat itu. Fans-nya banyak (bahkan menurut beberapa sumber banyaknya pake banget dan sampe tergila-gila gitu). Sampe mama nikah pun, masih banyak yang ngejer. Mama gw yang tadinya dari keluarga miskin banget, tiba-tiba sekarang jadi orang yang sangat berkecukupan, udah punya mobil, motor, rumah, peralatan elektronik yang canggih-canggih, parabola dll hanya dalam usia perkawinan yang masih sangat muda (menurut ukuran kota kecil kami dulu itu sudah termasuk wow banget). Punya suami yang juga banyak fans-nya, punya pekerjaan yang kece, dan anak-anak yang super kece *ahemm....

Setelah kejadian itu, sebenernya kita sih masih belum percaya sama ilmu hitam. Yang sudah berlalu biarlah berlalu, cukup dijadikan pelajaran bahwa dimanapun kita berada, mau di Bangka atau dimanapun, akan tetap ada orang yang iri hatinya, yang rela merendahkan dirinya untuk mengenyahkan keberhasilan orang lain dengan cara terhina. Sampe di Palembang pun, ternyata mama gw ini pun masih suka jadi inceran tukang tenung loh. Ada tetangga yang bawaannya usil mulu, kerjaannya setiap hari ngintipin rumah kita, mantauin ada barang apa aja yang ada di rumah kita. Kalo kita beli barang baru, bisa dipastiin besoknya dia beli juga. Huahahaha...awanya sih kita tanggepin biasa aja, wong jelas-jelas koq kondisi ekonominya jauh lebih bagusan si tetangga itu daripada kita. Masih banyak tetangga lain yang kondisi ekonominya lebih bagus, tapi koq irinya malah sama kita. Gak tau apa yang mesti diiriin, dan mama gw pun seperti biasa dengan lempengnya nanggepinnya biasa aja dan masih bersikap baik-baik aja sama si tetangga. Sampai akhirnya, si tetangga itu geram dalam keiriannya dan coba buat nenung si mama juga. Hueeek...apa apaan ini. Untungnya emak gw dah mulai belajar dari kejadian masa lalu, dan lebih ningkatin agamanya, jadi cukup lumayan tertangkis. Loh...darimana kami bisa tau kalo si tetangga itu mau nenung? Soalnya dia berkali-kali ngelakuin hal-hal aneh ke kita, kayak misalnya muterin rumah kita tiap hari, tengah malem ngedatengin dukun ke depan rumah kita (ini ketauan sama adek gw karena kamar adek gw kan tepat di depan rumah, dan ngedenger si tetangga itu ngomong sama si dukun, dan akhirnya ngebangunin mama dan Bapak, jadi mereka semua nguping pembicaraan si tetangga dengan si dukun), atau suatu kali dia pernah nyuruh bayar anak tetangga yang gak pernah main ke rumah kita buat minjem Al Quran kita, dan pas Al Qurannya dibalikin ada beberapa bagian (cuma kata-kata tertentu) yang udah disilet rapi dan diambil hasil guntingannya, dan segudang trial-trial aneh lainnya.

Gw juga pernah ngalamin, waktu itu gw lagi main ke rumah mama, guling-gulinglah gw di kamar mama, dan entah kenapa tiba-tiba hape gw ilang dan gw mulai ngangkatin bantal yang barusan gw tidurin tadi buat nyari si hape. Tau gak apa yang gw temuin di bawah bantal? Sekumpulan belatung (jumlahnya banyak banget). Aihh...kaget gak? darimana datangnya coba, gak ada bekas makanan, gak ada atap yang bocor, gak ada bangkai di sekitaran, dan tempat tidur itu sebelum gw tidurin baru habis diberesin sama mama. Wuahahahaha...aneh kan??

Di kantor gw pun pernah ada kejadian aneh, dulu ruangan manajer baru pernah ditaburin garem-garem gitu? Huahahaha...itu ngerjainnya bener-bener mencolok ya? ya pasti ketauan lah, sampe kita heboh sedepartemen. 

Dulu juga waktu gw lagi sakit-sakitan, gw pernah ikut temen gw ngeliat pengobatan alternatif yang sedang dijalaninnya (temen gw itu sakit kanker). Pengobatannya mirip-mirip sama pengobatan yang pernah dipake sama olga, yang pake media telur gitu buat narik penyakitnya. Dan bodohnya gw waktu itu sempet pengen nyobain (untung dimarahin sama Habiyah). Tapi saking penasarannya, gw dateng lagi yang kedua kalinya nemenin temen gw itu berobat, pas sampe sana gw diomongin sama si dukun kalo suami gw itu keras, dan gw dikasih kopelan do'a-do'a gitu buat ngedoain suami gw biar gak keras, trus dia juga cerita kalo dia bisa masangin susuk, banyak banget artis yang udah dia pasangin susuknya, salah satunya mayang sari. Walaupun dia klaimnya itu susuknya dipasang pake do'a-do'anya Ratu Balqis lah dll, tapi kan susuk ya tetep susuk, gw gak pernah nemuin tuh dalem islam ada istilah 'susuk' baik. Hihihi...ya Tuhan...untung gw cepet disadarin. Astagfirulahaladzim....cepet-cepet gw buang kopelan do'anya. Seyeeem....Trus gw sempet bilang sama temen smu gw (oya waktu gw nemenin temen gw itu, gw ketemu sama temen smu gw yg berobat kesana juga) kalo gw gak percaya sama yang begituan, dan parahnya temen smu gw itu bilang ke si dukun kalo gw gak percaya sama dia dan pengobatannya dan gak mau berobat kesana. Mampus deh gw, kata temen gw itu (yang kena kanker) gw dimarahin donk sama si dukunnya. Dan gw dengan harap-harap cemas takut-takut dibales jahat sama si dukun *makanya jaga mulut nyr...
 
So....apa gw percaya sama ilmu hitam? Buat kita yang udah ngerasain sih ya percaya, tapi cukup jadi pelajaran aja bahwa mungkin saat itu keimanan kita sedang turun-turunnya sehingga dapat disusupin ilmu hitam. Gak ada penangkal yang lebih mumpuni selain keimanan kita. Kita gak pernah bisa menghindar dari sifat iri-nya manusia dan dari niat jahatnya,  kecuali atas izin dan pertolongan Allah. 

Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh 
Dari kejahatan makhluk-Nya
Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita
Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul
Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki
(Q.S. Al Falaq 1-5)

*rajin-rajin do'a pagi sore, Al Ma'tsurat mana Alma'tsurat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar