Selasa, 01 April 2014

My Weekend, My Adventure, My Love, My Learning

Kalo hari kerja suka main apa aja sama anak?

Kalo hari kerja mana sempet lah main sama anak, pagi-pagi dah heboh mau berangkat kantor, sorenya dah habis tenaga. Untungnya, gw kerja di perusahaan pemerintah dan ditempatin di departemen yang jarang ada lemburnya, jadi pulangnya bisa Teng Go. Tapi teteup aja kan yang namanya kerja pasti pulangnya dah capek banget, jadi gw gak menampik lah ya kalo begitu ketemu sama anak yang ada memang sisa-sisa tenaga. tapi gw usahain semaksimal mungkin tetep main seru sama Habib. 

Kalo di hari kerja, paling Habib mainnya di dalem rumah dan pekarangan aja, kecuali kalo gw nyampe rumah dari kantornya rada cepetan, jadi masih sempet nemenin Habib keliling-keliling kompolek sebentar (ehh...kampung maksudnya). Kalo malem-malem, permainannya STD banget lah ya, paling main petak umpet, manjat-manjat, baca buku, nyanyi-nyanyi, guling-gulingan di kasur, merayap, main kuda-kudaan, nonton atau kadang ngeliat muka lucu (red : jelek) gw aja Habib dah terbahak-bahak. Tapi jujur gw banyakan teparnya sih ya, lebih banyak nemenin Habib main sambil ngantuk-ngantuk, gak jarang kadang gw bawa Habib ke kamar dan biarin dia main sendirian sementara gw gegoleran di kasur. Makanya, gw janji sama Habib, kalo yang namanya weekend itu waktu gw sepenuhnya buat dia, walaupun kadang gw masih suka ngedumel karena gak bisa ngapa-ngapain kecuali nemenin dia main, tapi kalo gw inget betapa sebenernya dia pengen banget bisa kayak gini tiap hari sama gw, luluhlah keegoisan gw. Cukuplah senin-jumat aja, hati gw menjerit setiap berangkat kerja diiringi sama tangisan pilu Habib. Cukup senin-jumat aja, dia gak mau lepas dari gendongan gw tiap kali ngeliat gw berjilbab. Yah...itu penanda bukan, kalo sebenernya hal yang paling dia inginkan itu adalah menghabiskan hari-harinya bersama gw. Sebaik-baiknya pengasuhnya, teteup gak bisa setotalitas kayak main sama Ayah-Bundanya kan? Apa wak masih sanggup dijadiin kuda sama si Habib, ditarik-tarik rambutnya trus ditunggang-tunggang gitu? Apa wak sanggup ngejerin Habib lari kemana-mana? Apa wak rela badannya bau ikan semua waktu Habib ngebongkarin ikan di warung? Gak kan?? Yang sanggup...pastinya cuma ortunya lah ya...yang atas nama cinta dan pembelajaran  rela melakukan semuanya. Gw gak akan bahas lah ya tentang pilihan gw menjadi working mom, karena setiap orang punya pilihan dan permasalahan masing-masing. Jadi, sementara gw cuma janji sama Habib untuk kasih dia weekend yang berkualitas.

Weekend kali ini walaupun libur tiga hari, seperti biasa, Habiyah kerja full (yang gak biasa itu kalo Habiyahnya libur).Wokelah...bisa jadi kita gak jalan-jalan, tapi harus tetep seru donk weekendnya. Gw kan dah janji sama Habib, pokoknya yang namanya weekend itu harus seru, harus ada sesuatu hal baru yang dikerjakan, dilihat atau dirasakan. Seru buat anaknya...seru buat emaknya. Tapi syaratnya satu...sebisa mungkin kegiatannya itu gak ngeluarin duit tapi dengan hasil yang seseru mungkin....*hahaha, teteup emak-emak medit. Ohh...iya donk...stimulasi anak itu gak perlu sesuatu yang mahal kan, banyak hal di sekitar kita yang bisa kita pakai untuk stimulasi. Kayak ini nih contohnya...

1. Home is the best adventorous place ever
Kalo kata mertua gw, rumah itu harus menjadi tempat ternyaman buat anak, nyaman secara psikis dan fisik, jadi anak akan selalu betah di rumah. Kalo ada sesuatu yang menyimpang bakal cepet terdeteksi. Caranya gimana? Ya fasilitasi kebutuhan anak di rumah (ignore The Playsation dan sebangsanya ya). Misal, kalo dia suka kongkow-kongkow, sediain aja teras rumah yang nyaman, makanan dan gitar, jadi si anak bakal jadiin rumah sebagai base-nya.  Kalo anak suka belajar, yaa...sediain kamar yang nyaman buat dia belajar. Kalo anak suka ingunan (red : beternak) *lirik nakal Habiyah, yaa...sediain fasilitasnya. Selain komunikasi, do'a dan kepercayaan (menurut mertua gw), dia cukup ngandelin ini buat mendidik anaknya. And great, semua anaknya gak ada yang nakal-nakal, walaupun bisa dibilang mertua gw hampir gak pernah tinggal bareng sama anak-anaknya (karena mertua gw emang kerja di luar kota).

Kebetulan nih sekarang gw kan masih ngendon di rumah mertua yang rumahnya luamayan gede dengan pekarangan yang luas. Jadi pas banget nih buat Habib yang emang doyan banget lari-lari dan ngumpet-ngumpet. Sebenernya kegiatan di rumah si STD lah ya...tapi sebisa mungkin bervariasi, jadi gak bosen. Misalnya hari ini mandi dan main air di tempat cuci, besok mandi dan mair air di kamar mandi ruang tengah, besoknya lagi mandi dan main shower di kamar mandi kamar gw, kapan hari lagi mandi di kamar mandi papa bayu, atau kapan hari lagi mandi di kamar mandi kakek, atau kadang-kadang mandinya di dalem kolam, kan seru tuh, apalagi kalo karakter tiap kamar mandinya beda, barang-barang yang ada di kamar mandinya juga beda, Habib bisa explore banyak hal.

Kita juga suka ngajak Habib ngerjain kerjaan rumah tangga. Itung-itung latihan dari kecil sekaligus nanemin ke Habib kalo ngerjain semua kerjaan rumah tangga itu fun loh, kayak nyapu rumah, nyapu halaman, nyabutin rumput, nyuci mobil, nyikat kamar mandi, nyiram tanaman, ngepel, benerin mobil, nemenin masak, gosok, dll. Jangan sampai nanti si Habib ini sama kayak gw yang maunya cuma leyeh-leyeh *ngelirik tumpukan piring lagi, hadeehhh....










Halo kakak....Sok akrab...tapi beneran deh, di kampung si Habib cukup terkenal loh...soalnya paling suka gangguin kakak-kakaknya main. Tapi herannya mereka semua gak pernah marah kalo digangguin Habib, sabar banget nungguin sampe Habib balikin mainan mereka. Apalagi kalo lagi main bola, pokoknya sebelum Habib ngejauh dari mereka, mereka gak akan ngelanjutin main bolanya.

Tuh bib...dek athan nangis tuh sapunya diambilin semua


Tugas terfavorit Habib adalah menyiram tanaman

Sok jadi montir ceritanya...

Ergggh....kek berat banget nih kek sekopnya

2. Keliling-keliling Kampung
Kalo gak keluar waktu weekend, biasanya kita bertualang keliling kampung aja. Walaupun cuma keliling kampung, tapi banyak banget yang bisa dia maenin, dari mulai ngejer ayam, ngejer kucing, lari-lari di jalanan, ngerebutin mainan anak tetangga, say-hello sama nenek-kakek-om-tante-kakak-adek, kenalan sama orang-orang baru, bongkarin warung orang, bantuin jualan ikan-sayur (red ngeberantakin), ikut nampi kecambah tetangga, main di masjid dan pelataran masjid, naik becak tetangga, main kelereng, bertamu ke rumah tetangga (sambil ngebongkar tentunya), manjat-manjat pager, jadi tukang parkir, nanggok ikan di parit, dll lah. Apalagi kalo dah mampir ke rumah atok, wuihh...seru lagi, semua diberantakin. Tinggal yang jaganya aja ngos-ngosan. Wushh...wush...wush...

Ini ikan hasil tanggokan, sampe di rumah nyoba buat nangkep ikan lagi
3. Belanja di supermarket
Kadang sih gw sengaja lama-lama kalo belanja di supermarket atau minimarket, cuma buat nemenin Habib main doank. Gw lepasin aja si Habib buat bertualang. Kalo dah liat banyak banget barang kan dia jadi semangat. Habib jadi kenal barang-barang baru yang gak adi rumahnya di supermarket. Sebenernya Habib gak ngeberantakin, paling dia ambil satu barang buat diobserve, kalo dah puas baru beralih ke barang berikutnya. Kadang dia sibuk baca kemasan barang, kadang sibuk lari-lari keliling rak, kadang sibuk milih-milih barang dan masukin ke dalam keranjang, kadang sibuk ngintipin gudang, kadang sibuk guling-gulingan di lantai (aiih...anak siapa sih ini??) bahkan kadang sibuk mainin ikan (siapa takut amis cyin??). Yaa...gw biarin aja sih, selama anaknya seneng, kalo kotor pulangnya tinggal kita mandiin, gampil kan. Kalo pramuniaganya gak bisa jutek lah ya, wong habis dibongkar barangnya gw susun lagi. Banyakan sih mereka pada ketawa ngeliatin tingkah Habib. Kecuali kalo Habib dah mulai sibuk mau ikutan ngitung belanjaan, gak bisa liat mesin kasir, langsung sibuk mau mencet-mencet juga. Biasanya kalo diajak pulang pasti ada drama tangis-tangisan karena habib gak mau pulang...yayayayaya

Dari kecil, setiap ke supermarket, habib pasti berontak-berontak pengen lepas dari gendongan biar bisa megang-megang segala barang yang ada di supermarket.

Dulu sih cukup puas bisa mantengin akuarium ikan, kalo sekarang..hueee...maunya pegang-pegang ikannya. Siap-siap aja baju kita pada bau amis
Dulu...cukup puas kalo dimasukin ke trolley...sekarang udah sibuk ikutan belanja
4. Pusri is Still The Best (and the cheapest of course) Playground Ever
Nah...ini tempat favorit kita, soalnya banyak spot yang bisa diexplore dengan stimulasi yang beragam juga. Kayak olahraga, hampir semua jenis olahraga ada, ada kolam renang, lap, tennis, lap. bulu tangkis, mini golf, lap. sepakbola, basket, kolam renang, gym, dll. Selain itu, banyak juga berbagai jenis taman, ada taman yang ada air mancurnya, ada taman yang ada patung-patungnya, ada taman yang lempeng aja. Pokoknya disana lengkap, gratis pula...
Biasanya sih kalo ke Pusri, rute tempat Habib main itu di kandang rusa, masjid Al-Aqobah, kolam renang, taman-taman dan tentu saja TK Pusri. Hmm...ternyata masih banyak tempat di Pusri yang belum kita explore nih Bib.
Next...kita main tenis aja yuk...






Karena keseringan main disini, gw jadi kepikiran pengen tinggal di kompolek. Soalnya seru sih ya...tempatnya asri, gak rame, banyak fasilitas (sekolah, rumah sakit, olahraga, masjid), dan yang pasti deket kantor (ya iyalah namanya juga komplek perumahan kantor). Tapi...buat orang kantoran kayak gw, baru bisa dapet rumah kompolek itu kalo dah punya jabatan, yahhh.....*curcol ceritanye, nasib wong cilek...hahaha

5. Insidentil Joyful Activities
Kadang-kadang ada kegiatan insidentil yang asyik dan juga murah, misalnya nikmatin sunset di tepian sungai musi. Gak perlu ke BKB, cukup berenti di depot pengepul pasir. Hehehehe...ya walaupun di depot pasir, tapi kan banyak banget hal yang bisa kita liat dan pelajari, kayak kapal-perahu-ketek yang lalu lalang, kegiatan penghuni tepian sungai, dll.

Masih banyak loh tempat seru lainnya....gw cerita di next jurmal aja deh ya....

***

Sebelum-sebelumnyanya, kalo weekend yang ada di pikiran gw itu cuma mall tempat satu-satunya tempat anak main di Palembang. Tapi akhir-akhir ini gw malah ogah-ogahan ngajak Habib main di mall. Ngapain sih kalo cuma main itu-itu aja. Sekali-sekali boleh lah ya, supaya habib gak penasaran aja sama permainannya atau supaya gak dibilang katro karena gak pernah diajakin emaknya ngemoll...hahahaha. Apalagi akhir-akhir ini gw sering baca kalo playground di mall itu gak higienis, anak-anak suka rentan tertular penyakit karena tempatnya yang lembab gak terpapar sinar matahari langsung, jadi kumannya malah berkembang biak. ihh...ngeri kan? Selain itu, gw juga sayang duit sih, ngapain juga  mesti bayar mahal-mahal kalo permainannya itu-itu aja.







Ini beneran semua mainannya cuma dicoba-coba doank sama Habib, jadi percuma juga kan bayar mahal-mahal kalo gak dimainin
Ternyata segala hal yang ada di sekitar kita itu menarik loh...semua bisa dijadikan bahan pembelajaran. Kayak nanggok (nangkep) ikan di parit misalnya, ternyata nanggok itu gak mudah, butuh teknik khusus supaya bisa dapet ikan. Disini kita bisa ngajarin anak untuk berfikir kreatif dan bertualang. Apalagi kadang, begitu lagi nanggok ikan, secara naluri anak-anak tetangga juga jadi pada mau ikutan, hehehe jadi rame deh. Habib jadi bisa bersosialisasi sama mereka, belajar gak rebutan jaring tanggok, kenalan sama temen-temen baru, dll. Untuk beberapa orang mungkin ini kerjaan yang menjijikkan, tapi buat gw itu seruuu...

2 komentar:

  1. main di rumah aja banyak banget yang bs di explore anak, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh...ada chi...
      yup mbak...sebisa mungkin dibuat nyaman, soalnya kan anak hampir sepanjang hari ada di rumah

      Hapus