Kamis, 23 Mei 2013

Habib Milestone : 10m2w



Motorik Kasar
Merangkak lancar
Udah bisa berdiri sendiri (masih banyakan pegangan dengan satu tangan sih, tapi kadang udah bisa berdiri sendiri dari posisi duduk sambil bawa barang berat lagi kayak setrikaan)
Jalan masih minta titah
Gerakannya masih seenaknya (tipikal gak sabaran dan cepet banget gerakannya)
Bisa duduk jongkok
Bisa turun tempat tidur dimulai dari kaki-nya dulu
Mulai suka manjat-manjat
Hobi mendorong, memutar, menyodok, atau menyobek mainan (saking serunya pasti sampe nungging-nungging gitu sambil muterin mainannya).
Mulai hobi ngejatuhin mainan ke wadah trus diliatin (lebih seringnya sih ngejatuhin barang ke bawah supaya lepas dari gendongan habibun and main melantai)
Mengambil dan memasukkan kembali mainan atau benda ke dalam wadahnya
Mulai suka bergumul di tempat tidur sama Habibun dan Habiyah


Motorik Halus
Memegang benda-benda kecil dengan jempol dan telunjuk
Memasukkan jari ke dalam lubang (terutama lubang hidung Habibun, xixixixi) dan berusaha mencongke-congkel dinding and lubang yang ada di lantai  (kalo belum puas…lanjut congkel mulut and hidung Habibun deh)
Dadah dadah (tangannya goyang ke atas ke bawah bukan ke kiri ke kanan, kayak nari-nari gitu deh)
Tepuk tangan (tapi kalo dinyanyiin lagu pok ame-ame doank)
Menunjuk dengan jari telunjuk sesuatu yang menarik atau yang Habib mau
Tangannya goyang-goyang kalo denger music
Kata neneknya udah bisa kiss bye juga (tapi Habibun belum pernah liat nih)
Bisa menujukkan anggota badan yang ditanya, misal : Mana kepalanya Bib? Trus tangannya nunjuk kepala gitu (baru kepala doanks sih..belum yang lainnya)
Udah bisa memberikan benda yang lagi Habib pegang kalau kita minta (tapi kadang cuma dikasih bentar sambil masih dipegangin, trus diambil lagi deh….hehehehe)
Bisa memegang dan minum sendiri pake mag-magnya (trus abis itu lanjut digigit-gigit deh mag-magnya karena Habib pengen buka tutupnya)
Mulai bisa melempar bola-bola kecil atau mainannya (tapi masih dalam jarak yang dekat)

Well….kebanyakan motorik halusnya dilatih sama Wak, Habibun and Habiyah suka gak ngeh euy sama milestone selanjutnya untuk perkembangan anak, jadi suka keteteran ngelatihnya

Bahasa
Suka ngoceh dan teriak-teriak. Ocehannya masih belum membentuk kata atau arti, masih Ma-Ma-Pa-Pa-Da-Da-kek-mbua-bup-bup-is-Is (Hiks…masih belum bisa manggil “Bunda” dunks ya).

Gigi
Giginya dah mulai tumbuh 3 lagi (jadi total 7 deh, sebenernya ada satu lagi deh tapi belum nongol). Hmm…tumbuh gigi kali ini disertai demam.
Udah bisa buka tutup kosmetik bayi-nya pake gigi or apapun dicoba dibuka pake gigi
Kalo gigit, Heuuuu….tambah maknyusss…kalo dulu cuma bisa buat kulit membiru selama dua minggu, sekarang berhasil membuat kulit Habibun berdarah

Berat dan Tinggi
Gak ngukur dinks..

Imunisasi
Campak
Pnemococcus 2 (hueeee….baru tau kalo sekali suntik hargenye 500 ribuan…mehongggg)

Penyakit
Demam tumbuh gigi
Hiks…sempet kena batuk pilek (kurleb seminggu),
Kalo biasanya suka muntah and teriak-teriak kalo minum obat, sekarang jadi suka (alias tanpa perlawanan, tapi syaratnya minumnya pake pipet obat)

MPASI
Bubur gak diblender lagi (Alhamdulillah….), tapi masih mau yg lembut
Mulai mengunyah kalo dikasih makanan dalam potongan kecil (yeay…gak tersedak lagi)
Alhamdulillah sampai saat ini, semua yang masuk mulut dimakan
Nyobain lagi buah naga merah (yesss…berhasil..ternyata habib gak alergi dunks…, dulu kayaknya gatel-gatelnya karena Habibun pake baju yang udah lama disimpen di lemari)

Lain-Lain
Tertarik menonton televisi, tapi cuma bagian iklannya doank (yang gambarnya berubah-ubah dan suaranya menarik, terutama yang pemerannya anak-anak kayak iklan susu formula), selain iklan suka upin-ipin juga dinks

Udah mulai suka baca buku, sambil nunjuk-nunjuk gambar yang dia suka dan ngoceh-ngoceh kayak cerita gitu deh

Demen banget main air and kamar mandi masih tempat favorit, apalagi kalo bantuin kakek nyuci mobil, nyapu halaman dan bersihin teras.

Suka banget main di dalem mobil, kalo ayahnya lagi nyetir Habib perhatiin bentar, terus dia tiru deh semua gaya ayahnya, jadi Habib tau semua tuh seluk beluk mobil, dari klakson, setir, wiper, lampu sen, kopling. Kalo udah gaya nyetir…seruuuuu banget sampe ngocehnya nyembur-nyemburin air ludah.

Suka main Ci Luk Ba and ngaca (habis mukanya ganteng banget sih ya nak…)

Suka nepuk-nepuk pundak Habibun kalo kangen sama Habibun sambil dipeluk erat-erat gitu (duh….nyesss banget deh hati Habibun Bib…)

Udah mulai suka berimajinasi/ berfantasi, misal dapet sisir…trus habib mulai ngoceh-ngoceh dan berimajinasi gerakin-gerakin tangannya, pokoke kalo lagi pegang mainan biasanya Habib berimajinasi.

Mulai suka ngeberantakin rumah (Huaaaaaaa…..), habis deh semua baju dikeluarin dari lemari, trus barang-barang yang bisa dijangkaunya dengan menjinjit habis ditarik.

Note :
Sampai sejauh ini sih, gak ada yang Habibun dan Habiyah risaukan tentang perkembangan Habib, di umur segini belum bisa jalan sih gak papa (walaupun nenek-neneknya dah pada ribut karena lebih lambat dibandingin perkembangan anak-anaknya doeloe). Jalanin aja yah nak sesuai kemampuan mu…

Pe Er buat emak e : toilet training and mengajari Habib makan sendiri (metode BLW and belajar nyuapin makanannya sendiri yang tentunya pake sendok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar