Kamis, 23 Mei 2013

Habiyah's Fam (Big Fam yang kompak banget)

Habiyah punya keluarga besar yang kompaaaaaaaaaak bangeeettt dan tentunya suka bikin iri.  Maksudnya kompak gimana sih? mereka tuh pada hapal sama saudara-saudara dan gak cuma hapal nama ya tapi bener-bener keep in touch gitu loh...menjaga dan sayang satu sama lain, kalo ada salah satu anggota yang bermasalah bener-bener diurusin deh. Padahal kalo dalam silsilah keluarganya kekerabatan mereka dah jauh banget, misal cucunya saudara nenek mereka saling kenal tuh (walaupun ngakunya anak-anak jaman sekarang udah jarang keep in touch, tapi masih keliatan kompak banget koq, apalagi dulu ya?? segimana kompaknya?). Coba bandingin sama keluarga saya, sepupu aja banyak yang saya gak kenal. 

Sampe sekarang, saya sih gak ngerti ya kenapa mereka segitu kompaknya, entah karena culture daerah "pagaralam" nya atau karena alasan apa, mungkin karena mereka bener-bener bisa merasakan manfaat dengan deket dan kompak satu sama lain. Hmm...jadi inget sama orang Batak ni yang deket and kompak memang karena culturenya (dan saya sangat-sangat salut dan pengen meniru), misalnya kalo satu marga atau boru itu mereka anggap keluarga semua dan bakalan dicekal kalo mau menikah sesama marga karena dianggap incest (walaupun hubungan kekerabatannya dah jauh banget)

Nih liat betapa kompak keluarga Habiyah :
1. Kalo ada satu anggota keluarga yang belum kerja, semua pada kompak nyariin kerjaan.
2. Kalo ada yang bermasalah, misal di kepolisian, hueee...saudara jauh yang jadi Jendral pun turun tangan dan bener-bener ngebantuin sampe tuntas
3. Kalo ada yang nikah, pada dateng semua dan yang diajak dateng bukan cuma orang tua, tapi anak-cucu-menantu, dan pasti ada sesi saling mengenalkan. Oiya bo....kalo salaman aja masih saling cupika-cupiki loh.
4. Saling bersilaturahmi, ngedatengin satu sama lain atau minimal saling telponan.
5. Mereka hormat dan tunduk banget sama orang tua. Kalo ada nenek atau kakek dateng, wuiih...semua pada dateng bawa makanan, mijitin dan ngajak ngobrol, bener-bener dimanjain deh pokoknya.
6. Keputusan apapun, minta petunjuk orang yang dituakan (misal Kakek)
7. Kalo ada yang sakit, semua pada jenguk, atau minimal nelpon deh, bahkan kadang dikirimin obat dari luar kota sana.
8. Kalo ada kesusahan, just share sama keluarga besar, pasti dibantuin.
9. Dan kalo ada kesenangan, pasti semuanya juga happy.
10. dll

Oh iya, tapi yang kompak banget itu dari keluarga sebelah Ibu, kalo dari sebelah ayah (sepenglihatan saya ya) gak begitu kompak. Sama juga dengan keluarga saya, saya juga kurang deket sama keluarga Bapak. Kenapa ya? Kalo hasil dari pengamatan saya sih, tipikal keluarga ayah mertua dan bapak saya mirip-mirip, kalo saya istilahin sih tipikal broken fam (Halah istilahnya aya aya wae...*terinspirasi dari broken home) karena keluarganya gak kompak dan bercerai berai gitu. Penyebabnya bisa macem-macem, misalnya :

1. Masalah warisan
Ini masalah yang sensitif banget, apalagi kalo kakek-nenek punya banyak warisan, nah....pasti ada deh yang ngerasa gak adil dan pengen minta lebih, jadi rebut-rebutan gitu. Padahal kan sebenernya di agama islam diatur dengan jelas, tapi kan kadang ortu ngasih warisannya maunya sesuai dengan wasiatnya. Oiya...terkait dengan warisan ini, nenek saya dulu pernah sampe sakit parah hanya gara-gara cucunya ngejual tanah+rumah warisannya ke orang lain, sedangkan nenek maunya kalo warisan itu gimanapun harus dimanfaatkan oleh anak cucunya atau kalopun mau dijual ya harus dibeli sama orang yang masih ada hubungan keluarganya, jadilah Bapak saya pontang panting cari duit buat nebus tuh tanah+rumah yang mau dijual, yang susahnya sih ngeyakinin pembeli rumah+tanah itu buat mau ngejualnya lagi ke Bapak (demi nenek tercinta...daripada sakit-sakitan gara-gara mikirin tanah warisan). So...it's better ninggalin ilmu dan pendidikan daripada harta, right?

2. Masalah finansial
Dalam satu keluarga, pasti tiap-tiap orang beda-beda lah ya kemampuan finasialnya. nah...ini juga bisanya suka jadi cikal bakal broken fam.  Misal ada salah satu anggota keluarga yang bermasalah finansialnya, trus minta bantuan ke saudaranya yang lain, tapi si istri atau suami yang dimintain tolong gak ikhlas. Atau kadang ngebantuin saudaranya diem-diem tanpa sepengetahuan pasangannya. Atau yang dikasih pertolongan ngelunjak mau minjem duit lagi tapi gak pernah mau bayar (pikirnya...ya udah saudara ini, gak perlu dibayar lah). Pokoknya kalo hubungannya sama "DUIT", pasti sensitif lah ya....

3. Kurang komunikasi dan Kurang Silaturahmi
Dimana-mana yang namanya kalo kurang komunikasi pasti bikin kurang deket dan suka bikin missunderstanding juga. Kurang silaturahmi juga buat kita gak kenal satu sama lain kan? contohnya saya, karena jarang ketemu sama sepupu, sering banget saya gak 'ngeh sama pernikahan sepupu (jangankan dateng, namanya aja kadang saya gak kenal donk...).

4. Pola asuh keluarga
Kalo yang saya amati dari keluarga Bapak, mereka emang cenderung tipikal keluarga yang cuek. Bodoh amat si A mau miskin kek...yang penting aku gak miskin. Bodoh amat anaknya si A bermasalah, yang penting anak aku anteng aja nih.

5. Beda pendapat dalam memecahkan masalah
Beda pendapat dalam mecahin masalah bisa jadi trigger juga buat broken fam. Misal menurut si A, masalah X diselesain dengan cara I, tapi menurut si B mendingan diselesain dengan cara J. Tapi biasanya ini cuma trigger broken fam doank gak sampe buat broken beneran, kan ujung-ujungnya tiap keluarga (yang gak menyangkut hajat bersama yah) punya model dan sistem keluarganya masing-masing.

6. Iri-irian (atau kurang perhatian ya??)
Hadoh...percaya-gak percaya ini suka terjadi loh..., kadang irinya bukan karena iri saudaranya sukses, tapi karena hal sepele, misal koq si A sukanya nelpon atau ngedatengin si B aja ya? koq si C jarang dijenguk. Atau koq anak si A aja yang dibeliin baju atau diajakin jalan-jalan? koq anak si C enggak sih?? dan Bla..bla...bla....(kalo ini sih kayaknya lebih ke kedeketan antar saudara kali ya, kita kan pasti punya saudara yang deket banget dan deket aja, atau bahkan gak deket).

7. Ada lagi yang mau nambahin??

Hmmm....siang ini saya jadi merenung, selama menikah dengan Habiyah saya jadi deket banget sama keluarganya Habiyah, tapi gak begitu deket dengan keluarga saya sendiri. Jadi kangen sepupu-sepupuku neh........

Di Nikahan Kak Bayu

Waktu Abang Fateh and Abang Zaky Berkunjung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar