Selasa, 18 Juni 2013

Ini Ceritaku (lagi...lagi.... GERD)

Well....saya sudah capek sekali dengan penyakit gerd ini, udah dua tahun lebih bo...., gak enak makan, gak enak tidur, stres, lelah berlebih, lemah....dan segunung derita lainnya deh....

Di postingan saya kali ini, saya mau cerita tentang riwayat penyakit saya dulu deh...,siapa tau ada yang mengalami hal yang sama, tapi gak 'ngeh kalo itu penyakit gerd...karena asosiasi gejalanya emang menjurus ke macem-macem kayak penyakit jantung.

Bermula di tahun-tahun kuliah. Semasa kuliah...saya akui saya menjalani pola hidup yang sangat tidak sehat seperti makan tidak teratur dan sering terlambat makan karena padatnya tugas dan aktivitas (kadang baru makan tengah malam dan langsung tidur), suka makan-makanan yang tidak sehat kayak makanan pedas, asam dan berlemak tinggi (ex : coklat dan keju....wah jangan ditanya ya...ini cemilan saya tiap hari, bener-bener tiap hari loh...karena coklat selain makanan favorit juga merupakan makanan yang saya pikir dapat me-reduce stres saya) ditambah dengan aktivitas yang sangat melelahkan, stressful serta kurang tidur. Sebenernya saya merasa hebat dan bangga karena dengan pola hidup yang begitu buruknya, saya hampir gak pernah sakit, apalagi sakit maag, sakit yang banyak diidap mahasiswa seperti saya, dan saya juga memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas yang seabreg. Tapi dari sini silent disease ini bermula, saya suka merasa kembung, sendawa dan kentut, tapi karena aktivitas saya yang sampe tengah malam bahkan dini hari, saya anggap itu cuma masuk angin biasa. Kalo dipikir-pikir itu ternyata gejala awal yang tidak saya sadari.

Setelah kuliah, saya diterima kerja di Palembang. Walaupun saya sudah jarang begadang dan aktivitas juga sudah jauh berkurang (yang artinya saya udah jarang merasa kelelahan), tetapi rasa kembung, sendawa dan kentut itu tidak juga kunjung reda. Kebiasaan saya makan makanan asam, pedas dan berlemak masih saya lanjutkan karena saya tidak pernah berasosiasi kalau makanan tersebut mempengaruhi rasa kembung tersebut.

Sebulan menjelang pernikahan saya...tiba-tiba saya terbangun tengah malam dan merasa badan saya lemah sekali (oya...saya juga termasuk manusia kalong alias manusia yang suka beraktivitas tengah malam, semisal nonton, nyuci, nyetrika di tengah malam, soalnya saya mulai tidur jam 8 malam dan biasanya terbangun jam 12 malam). Saya pikir itu karena darah rendah, jadinya saya bawa makan, tapi setelah makan gejala itu tidak juga kunjung reda. Saya teruskan mencuci, sembari menunggu mesin cuci mengerjakan tugas mulianya, saya lanjutkan mengambil wudhu untuk solat malam....tapi koq...tambah lemes aja ya...saya jadi ketakutan sampai jantung saya berdebar-debar (awalnya saya gak sadar sih kalo jantung saya berdebar-debar) dan saya lihat tangan dan kaki saya sudah pucat sekali. Karena takut...langsung deh saya ajak adik saya ke UGD (ini pengalaman saya pertama kali masuk UGD loh). Begitu sampai di UGD saya direkam jantung dan dipasang oksigen,dan kata dokternya jantung saya berdebar-debar seperti orang ketakutan, tapi setelah beberapa jam saya diperbolehkan pulang dan dirujuk ke dokter jantung. Berhubung calon suami saya dokter dan temen kantor saya juga dokter begitu saya tanya hasil rekam jantung saya ke mereka, mereka bilang itu cuma takikardi biasa. Cuma setelah kejadian itu, saya sering mengalami hal yang sama (yang kelak sering saya alami dan saya ketahui sebagai gejala-gejala manifestasi dari penyakit gerd).

Tepat di bulan Januari, selang beberapa hari dari kejadian saya masuk UGD, hari itu saya merasa gak enak badan, tapi saya pikir itu karena kecapekan saja. Siangnya saya makan makanan pedas seperti biasa, tapi koq badan tambah gak enak ya, tiba-tiba saya denger berita tentang temen kantor saya yang meninggal secara mendadak karena jantung....blurp....saya merasa ketakutan setengah mati karena saya ingat kejadian malam hari waktu masuk UGD itu dan takut saya juga terkena penyakit jantung apalagi saya teringat kalo saya yang belum juga cek ke dokter jantung. Di tengah rasa tidak enak badan dan ketakutan tersebut saya merasa tubuh saya gemetaran, sampai tangan saya seperti tremor. Alhamdulillah sedang ada dokter perusahaan di kantor, langsung deh saya lapor....dan langsung juga saya dibawa ke rumah sakit (yang Alhmdulillahnya lagi RS-nya ada di komplek tempat saya kerja). Sampai di RS saya langsung direkam jantung, dihitung denyut nadi dan ditensi, tensinya normal tapi hasil rekam jantungnya bo' mengezutkan....kecepatan nadi saya sampai mencapai 200 denyut/ menit dan dari hasil rekam jantungnya dinyatakan Atrial Fibrilation. Saya langsung dimasukkan ke ICCU...(WOW..banget kan...) dan diterapi dengan cordarone. Selang beberapa jam, denyut jantung saya kembali normal. Besoknya saya juga di ECHO dan cek darah...hasil ECHO dan cek darah menyatakan saya tidak ada masalah dengan jantung, jadi hari kedua saya di ICCU saya sudah dibolehkan pulang tanpa harus diobservasi dulu di sal perawatan. Dokter jantungnya cuma bilang kalo saya tegang berlebih dan jantung saya agak sensitif, jadi dilarang stres dan mangnindari makanan pemicu adrenalin seperti teh, kopi dan coklat.

Sejak keluar dari ICCU tersebut saya sering merasa tidak enak badan dan pusing luar biasa, jadilah saya juga berkonsultasi ke dokter syaraf. Sama dokter syaraf saya dinyatakan tension headache aja dan diterapi dengan obat-obatan golongan antidepresan dan golongan semisal asam mefenamat, tapi koq pusingnya gak kunjung hilang.

Duh pusing deh...beberapa bulan sejak kejadian saya masuk ICCU itu kesehatan saya menurun drastis....saya suka merasa pusing, lemah, debar-debar dan kedinginan. Saya sering terbangun tengah malam dan merasa seperti mau mati. Tapi suami dan dokter perusahaan saya bersikeras kalau saya sehat dan jantung saya tidak bermasalah dan dinyatakan hanya stres saja (duh pak dok....tapi kan....saya yang ngerasainnnnn...bukan Anda..., jadi saya donk yg lebih tau itu beneran sakit apa stres doank....soalnya saya sudah terbiasa dengan aktivitas yang stresfull...tapi gak pernah ngerasa segininya koq). Saya jadi jarang ngantor dan suka banget minta pulang di tengah jam kerja. Jadinya bener-bener merepotkan suami yang harus sering anter jemput saya. Akhirnya suami nyerah juga dan mau mengantarkan saya konsul ke dokter jantung, kalau kemarin konsulnya ke SPJP, kali ini ke dokter SPPD KKV, jadi mungkin ada pendapat lain (dan bisa gretong juga karena dokter itu dosennya suami, xixixixi, kan lumayan...sekali periksa bisa jutaan bo...karena mesti di ECHO dan rekam jantung). Hasil pemeriksaan dokter KKV itu lebih mengezutkan lagi....karena saya penyebab saya debar-debar itu karena darah saya kental...terlihat dari hasil ECHOnya...flow darah saya lambat sehingga kerja jantungnya berat. Tapi saya malah seneng dapet diagnosis begitu karena berarti saya menang dari suami karena kesehatan saya bermasalah selama ini karena memang "ada apa-apanya", tidak seperti anggapan suami dan dokter perusahaan selama ini, kalau saya itu sehat dan cuma stres aja. Saya juga senang karena itu berarti saya jadi tau penyakit saya yang sebenarnya...ditambah dengan kata-kata hiburan dari dokter KKV tersebut kalo penyakit saya itu ada obatnya dan bisa sembuh. Sama dokter KKV itu saya diterapi dengan obat pradaxa selama 1 bulan dan dilanjutkan dengan clopidogrel selama setengah bulan. Saya juga melakukan pemeriksaan darah untuk item fibrinogen dan D-dimer untuk melihat apakah darah saya kental. Seharusnya saya melakukan pemeriksaan darah tersebut sebelum dan setelah minum obat-obatan tersebut, tapi sayangnya saya baru sempet cek darah setelah seminggu mengkonsumsi obat, dan hasilnya bagus semua dan dalam range normal.

Dua minggu setelah saya minum obat, sakit saya tidak juga kunjung hilang malah bertambang parah. Jadilah saya kontrol ulang ke dokter KKV tersebut, dan lagi-lagi saya dinyatakan stres berlebih (gubrak...duh..koq saya dibilang stres terus sih...ini saya bener-bener serius ngerasa badan saya udah gak karuan rasa) dan saya disuruh untuk melanjutkan terapi obatnya. Ternyata eh ternyata...obat itu sangat keras karena efek sampingnya 33% akan melukai lambung saya (persentase angka yang cukup luar biasa loh efeknya, yang artinya..orang yang meminum obat tersebut 33%-nya akan terkena penyakit lambung) dan lebih parahnya lagi, minum obat tersebut gak bisa dibarengin dengan minum obat golongan PPI karena PPI akan menghambat kerja obat tersebut. 

Setelah terapi obat darahnya selesai saya memang tidak lagi mengalami debar-debar, tapi rasa kedinginan luar biasa, lemah, pusing dan gak enak badannya masih terus berlanjut ditambah sering banget sendawa. Kalo kata suami saya sih, saya kena maag karena pengaruh obat-obatan tersebut. Jadilah saya diterapi dengan obat-obatan maag seperti lansoprazole, antasida dan ulsicral tapi bulan demi bulan berlalu gak juga ada perubahan, padahal selain terapi obat, saya juga makan bubur dan menghindari makanan pencetus. Akhirnya saya dirujuk untuk dirawat di RS lagi deh, dengan menunjukkan riwayat penyakit saya (dari hasil rekam medis), dokternya gak komen apa-apa (kali ini dirawat sama dokter spesialis gastro). Tiga hari dirawat, saya diperbolehkan pulang (oya...saya sempet di-USG abdomen, dan hasilnya baik). Badan kerasa agak enakan sih, tapi cuma bertahan selama seminggu, selanjutnya....sakit saya malah bertambah parah rasanya. Akhirnya saya mencoba dengan berbagai obat-obatan tradisional, seperti perasan kunyit, daun pepaya dan ramuan sambiloto, ubi kayu....tapi tetep gak ada hasil yang signifikan. Akhirnya saya cuma bisa makan bubur bayi dan susu diet (saya gak bisa minum susu lagi sejak sakit-sakitan ini, kalo minum susu saya jadi mencret dan mual, yang kelak saya ketahui susu itu juga termasuk salah satu makanan yang harus dihindari penderita gerd). 

Tidak puas karena penyakit saya tidak kunjung sembuh dan ditambah dengan ketakutan akan penyakit darah kental (yang hasil dari bacaan awam saya kalo penyakit itu benar-benar sangat berbahaya), saya konsul ke dokter spesialis darah. Oleh dokter sp darah, berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium bahwa saya tidak bisa dinyatakan menderita darah kental, apalagi hanya didasarkan pada hasil ECHO (Alhmdulillah ya Allah.....gak kebayang kalo diagnosisi darah kental saya itu bener, saya harus minum obat seumur hidup dan...dan...dan...yang pasti saya gak bisa hamil). Saya juga konsul ke dokter syaraf kembali, tapi lagi-lagi dokter syaraf bilang kalo saya stres dan kalo saya penasaran saya beliau merujuk saya untuk CT Scan contrast (hehehe...lagi-lagi saya seneng karena saya penasaran banget sama isi kepala saya yang sering banget pusing, tapi suami melarang keras karena banyak efek sampingnya).

Suatu pagi, saya merasa pusing dan lemas (lagi), kebetulan ada susu diet saya yang rasa vanila habis, jadi saya coba minum susu yang rasa coklat...ya Allah....tiba-tiba setelah minum susu itu...jantung saya kembali debar-debar, kaki dan tangan pucat seperti mayat dan sekujur tubuh saya merasa kesemutan. Cepat-cepat saya panggil kakak ipar yang kebetulan hari itu sedang ada di rumah (kakak ipar juga dokter). Sama beliau saya disuruh istirahat dulu karena kemungkinan kekurangan cairan aja, tapi...koq malah tambah parah sampe saya gak bisa nafas dan kesemutannya itu loh. Saya ketakutan banget....bener-bener mau mati rasanya...(saya takut saya bener-bener akan kena stroke dan mati). Sampai di RS saya dipasang oksigen dan direkam jantung, hasilnya menunjukkan kalo ada takikardi juga, tapi begitu dipasang oksigen kesemutannya hilang. Setelah beberapa jam kemudian saya muntah-muntah, apapun makanan yang masuk pasti dimuntahin. Akhirnya saya dirawat lagi dan kali ini saya dan suami akan memastikan penyakit yang saya derita, kami akan konsulkan penyakit saya ke berbagai dokter yang berkenaan. Dokter utama yang merawat saya adalah dokter sepesialis gastro (bukan dokter gastro yang dulu, soale dokter yang dulu pendiam bangeeett sampe saya bingung mau konsul), dari dokter ini kami mendapatkan banyak pencerahan tentang kesimpang siuran penyakit saya. Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan endoskopi (sebenernya dokter gak nganjurin sih karena ini pemeriksaan buat pasien merasa gak nyaman, tapi lagi-lagi saya tetep kekeuh karena penasaran. Tapi akhirnya nyesel juga...karena bener-bener buat perut bergejolak parah berhari-hari setelah diendoskopi). Hasil endoskopi menunjukkan kalo saya terkena gerd dan maag kronis, tapi belum tahap parah karena hanya ada hiperemis di 1/3 distal esofagusnya. Untuk sakit jantungnya tidak ada karena kalo memang saya kena Atrial Fibrilation pada saat masuk ICCU dulu, maka jantung saya tidak akan respon jika diterapi dengan cordarone, dan untuk darah kentalnya gak mungkin hanya didiagnosis melalui ECHO dan hasil pemeriksaan darah (fibrinogen dan D Dimer) menunjukkan hasil yang bagus. Tapi mengapa efeknya sebegitu dahsyatnya ya? itulah GERD, gejalanya memang seperti penyakit jantung. Setelah tau penyakitnya kan enak karena tau juga gimana treatmenya...soalnya gerd sama maag kayaknya aja sami mawon, tapi treatmentnya agak berbeda.

Setelah dirawat....sakit saya tetep gak kunjung sembuh, bahkan muntahnya malah tambah jadi....badan rasany lemeeeeeeeeeeesss banget....akhirnya suami ambil inisiatif untuk mengganti obat-obatan saya dengan yang paten. Golongan PPI pake pantozol, dan antasidanya pake famacrol. Weis...begitu minum obat ini, saya yang tadinya muntah-muntah hebat...setelah beberapa jam minum obat ini jadi enakan, belum nyampe 1 bulan terapi obatnya....eh...saya malah kebobolan (Alhamdulillah lebih tepatnya) hamil, jadi terapinya belum selesai. Selama hamil, saya gak berani minum obat, walaupun terkadang kambuh juga penyakitnya, tapi Alhamdulillah gak separah dulu. Karena ngerasa agak enakan ditambah dengan nafsu makan yang mebuncah waktu hamil, jadinya saya suka gak ngerem makan. Setelah melahirkan pun Alhamdulillah nih penyakit gak kambuh lagi, sampe saya gak pake acara pantang memantang lagi.

Well...kebebasan makan saya akhirnya berbuah derita lagi...3 bulan setelah melahirkan, penyakit saya kembali kambuh....hikssssssssss (nangis gerung gerung). Sampe sakarang perut saya masih masih masih sangaaaaaaaaaaaaaat sensitif, salah makan dikit udah deh mual-muntah lemes gak ketulungan (dan kembali suka debar-debar dan sesak nafas). Tapi mulai detik ini...saya berjanji (ceileeeeee.....) dengan sungguh-sungguh akan berobat sampe tuntas tas tas tas.

Sebenernya banyak banget kejadian-kejadian selama dua tahun ini yang saya alami setiap harinya berkenaan dengan gerd (yang tentunya yang gak enak-enak ya), disini saya cuma cerita intisarinya aja, gak mungkin kan kalo saya jabarin semua disini....pokoknya...sakit gerd ini sesuatu banget deh....



151 komentar:

  1. Mba, waktu terkena GERD suka keluar keringat dingin dan kesulitan untuk tidur ga?Berat badan aku juga turun nih karena stress. Berhenti minum obat karena sudah enakan...eehh malah kambuh....aku bingung ini sakit apa....pup aku juga warnanya hitam pagi ini....sediiihhh banget...perut keratak-kerutuk.... radang tenggorokan juga...disuntik lambung pas masuk UGD ga banyak membantu mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas okta....suka merasa kedinginan dan gak bisa tidur karena tenggorokan suka tercekat dan jantung serasa debar-debar...
      berat badan juga turun terus...apalagi makannya cuma bisa makan bubur aja...

      Hmm....memang penyembuhan gerd butuh waktu lama...
      kita butuh bersabar...

      mungkin bisa liat di jurnal saya yg ini :
      http://bibscoobib.blogspot.com/2014/01/catatan-untuk-penderita-gerd.html

      Hapus
    2. Sama bgt sampai sampai ak mau tdr minum obat tdr,, sumpah capk bgt ngadepin ni penyakit rasa ny nanonano sdh satu bulan,,

      Hapus
  2. kita senasib saya bahkan di tambah dengan cholesterol dan asam urat yang tinggi pluss gerd terapinya pakai PPi dan claritromicyn sama obat maag racikan dari dokter gak tau apa isinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. slamat siang . saya mau ty apakah bs infokan kira2 kita ke dokter apa ya utk mengibati penyakitx. thanks sebelumx atas info saydara soalx saya jg mempunyai gejala spt saudara

      Hapus
    2. slamat siang . saya mau ty apakah bs infokan kira2 kita ke dokter apa ya utk mengibati penyakitx. thanks sebelumx atas info saydara soalx saya jg mempunyai gejala spt saudara

      Hapus
  3. bahkan sekarang setiap bangung pagi saya mengalami denyut jantung yang tinggih sampai 123 ini membuatg badan saya lemass sekali dan saya lawan dengan minum air hangat sambil berdoa dan mencium minyak kayu putih tapi badan rasanya tetap lemas banget saya jadi trauma setiapkali bangun pagi tapi tekanan darah saya normal juga hasik eho cardio saya juga normal ini bikin saya pusing

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah..memang begitulah gerd....
      dulu suka mikir kayak mau mati ya kalo jantung debar-debar...

      Hmm...coba jaga pola makannya deh...
      Untuk sembuh memang harus menjaga pola makan
      coba baca jurnal saya yang ini : http://bibscoobib.blogspot.com/2014/01/catatan-untuk-penderita-gerd.html

      Semoga membantu...
      dan semoga kita cepat sembuh ya....

      Hapus
    2. maaf mau tanya mbak, obatnya apa hanya Pantazol dan famacrol aja, terus minumnya berapa lama bisa sampai sembuh

      Hapus
    3. Bener ini mbaknya... jaga aja pola makan... saya 2 tahun gk makan pedas dan bersantan... tp tetep makan nasi tp agak lembut nasinya.... trus tetap la kunyah nasinya sampai bener2 lembut dan sampai air liur kita keluar bersama kunyahan nasi td... krna air liur kita yg sebenarnya menjadi obat penangkalnya.....

      Hapus
  4. saya pernah mengalami jantung berdebar 2,panas,sesak,keringat dingin,tangan gemetaran dari hasil hitung nadi denyut nadi saya 120 x/mnt, badan terasa lemas,kemudian sy disarankan keluarga untuk makan pepaya mangkal dijuz tanpa gula atau dikunyah pelan 2 penyakit saya yang aneh itu berkurang dan alhamdulilah tidak kambuh lagi,sy sarankan tidak ada salahnya mencoba pepaya mangkal siapa tahu buah ini yang bisa memberikan jalan keluar,selamat mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak dwi...
      terima kasih sarannya...
      akan saya coba...
      doakan semoga berhasil ya..

      Hapus
    2. Terimah Kasih Mbak Via sdh menulis Blog spt ini dan membaginya, sgt membantu sekali yg mengalami penyakit Gerd ini. Sy sdh 1 thn mengalaminya. dan thanks jg buat Agan/sista yg lain. Tetap semangat yo. Mbak Dewi Thanks saranya Ane akan coba. diiminum/dimakan pepaya mangkalnya waktu kapan mbak (pagi/sore/sbelum tdr. SBELUM MAKAN atau SESUDAh makan, Mohon d respon ya mbak. Terimah kasih skali Lagi

      Hapus
  5. hi sheetavia dan teman2 yang juga memiliki diagnosa GERD. nama saya Susanto, saya seorang konselor psikologi dan pernah menangani pasien GERD di negara Filipina dimana saya menyelesaikan studi s2. Tujuan saya merespon blog ini karena saya ingin berbagi pengetahuan dan memberikan solusi untuk menyembuhkan maslah GERD di sisi psikologi karena biasanya orang2 yang mengalami GERD / masalah digestive lainnya kemungkinan besar akan mengalami depresi, anxious, hoplessness dengan disertai masalah tidur dan makan. solusi untuk hal ini adalah dengan melakukan Mindfulness exercise (Anda bisa cek di google tentang terapi ini). Mindfulness ini mirip dengan meditasi pernapasan. Sebagai tambahan, pasien GERD yang saya tangani mengeluhkan gelaja kentut-kentut yang berlebihan dan anxiety yang berlebihan. setelah saya tangani melalui Mindfulness dan Cognitive Behavioral Therapy, semua keluhannya menurun dan ia bisa beraktivitas kembali dengan normal. Banyak riset membuktikan bahwa Mindfulness therapy dapat meringankan anxiety (Hofmann, 2010; Pie, Wurtzen & Zachariae, 2010). semoga ilmu yang saya bagikan dapat berguna bagi teman-teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas susanto..
      terima kasih sekali atas sarannya..
      saya coba cari info dulu ya tentang therapy ini...

      Hapus
  6. Mba, sesering apa alamin sesak napasnya, sya malah sampai sperti ada ganjeln di tengorokan, pokonyan sperti tercekik...
    Apa ada obat herbalnya, krna slah diagnosis aja dah berpengaruh besar sma pnyakit gerad, terutma obat2 kimia...:'(

    BalasHapus
  7. sesaknya sih tiap hari ya...
    kalo perutnya kembung atau kalau asam lambungnya reflux ke kerongkongan
    yang biasanya sih seringkali sesaknya kalau lagi tidur, tiba-tiba terbangun dan gak bisa nafas

    Hmm...obat herbalnya sih saya kurang tau ya...banyak rekomendasi sih dan banyak yang sembuh juga, kayak kefir, lidah buaya, madu, kunyit dll
    tapi saya gak terlalu fokus di herbal (karena beberapa kali gagal)
    paling yang sekarang dirutinin itu madu dua kali sehari

    Kalo obat kimia sih insyaAllah gak berbahaya
    contohnya PPI, aman diminum bahkan untuk bertahun tahun
    mungkin yg agak berbahaya itu golongan antasida, tapi disiasatin aja dengan banyak minun (dan kita juga gak begitu sering kan minum antasida, karena kalo asamnya berlebih aja)

    Semoga cepet sembuh ya...
    coba liat jurnal saya yang lain ttg gerd...disitu saya tulis tentang bagaimana mengatur pola hidup dan pola makan

    sekarang saya mulai berangsur angsur membaik (padahal dulu juga pesimis) walaupun masih sangat harus mantang makanan pencetus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan yang Saya Alami 2thn Ini Terakhir Saya Kena anxiety disorder

      Hapus
    2. mas anxiety disorder tuh seperti apa?

      Hapus
  8. Kalo saya sih pernah sekali kaku kaku sekujur badan kayak mayat sewaktu sedang kambuh nih penyakit ditambah setiap waktu ditenggorokan ini terasa ada yg mengganjal apalagi disaat sedang menelan ludah atau makanan atau air minum pokoknya nih penyakit ga enak banget ditambah lama proses penyembuhanya

    BalasHapus
  9. Saya baru didiagnosa gerd sminggu yg lalu. Yang paling parah adalah sesak nafasnya,bisa dibilang pertama kali sblm didiagnosa ini adalah say sesak napas sampe dibawa igd trsdi oksigen , tp dokter blg gpp karna stres. Akhirnya saya ke dr. Paru2, dy blg sesak nafas karna pikiran juga karna ada kenaikan asam lambung, seminggu ga sembuh2 saya ke dr internist,usg, rontgen dan ekg. Baru disitu sy didiagnosa GERD. Mau tanya apakah minum susu ga boleh buat penderita GERD ya? Kali sy cr tau diinternet katanya susu menetralkan asam lambung? Boleh bagi informasinya ?

    BalasHapus
  10. mb mau berbagi pengalaman dong, kehamilan saat kena gerd.
    saya kena gerd 1,5 thn yg lalu. di USG ada batu empedunya, akhirnya desember 2013 sy operasi batu empedu. tp tetep aja gejala gerd masih ada walau gk separah sebelum operasi batu empedu. sekarang kalau ngerasa mau kumat minum pantozole yg 40ml
    sy berencana hami lagi mb, (anak I udah 5thn). tp sy takut bagaimana besok pas hamil kambuh gerd nya. kalau hamil kamubuh GERD nya gimana mengatasinya mb tanpa minum obat? Pas melahirkan normal gak mb ? sy takut sekali membayangkan kalau melahirkann sesak napas nya kambuh. kalau mb neyra gmn mb mengatasinya? karena dulu sewaktu sy melhirkan anak I saya stress banget mb. pdhl pemicu GERD kan stress itu kan mb? bagi pengalamannya ya mb

    BalasHapus
  11. Ceritanya mba percis sama seperti yang saya alami,penyakit gerd ini sdh hampir 2 thn saya alami.saya sampai bingung harus bagai mana mengobati nya obat medis sama herbal sdh di coba tapi blm ada kemajuan nya sampai terapi pun saya jabani tapi ttp aja nihil.mlh sekarang kepala lain merasa keleyengan aja tp kaya bersemut di kepala tambah was was dengan penyakit ini.saya pernah merasa enakkan tp itu cmn berlangsung 1 mgu aja setelah itu kambuh lg.penyakit gerd ini begitu sensitif salah makan aja bisa kambuh.di hari saya menulis ini saya coba minum xanthnoni semoga ada perubahan.

    BalasHapus
  12. Segera Gabung di grup (GERD Anxiety Indonesia (GAI) facebook, utk curhat, keluhan, semoga ada pencerahan..

    BalasHapus
  13. 90 persen krna pikiran atau psikis, 10 persen krna memang sakit yang kita konsumsi atau makan sembarangan dan telat makan yang bikin kita skit

    BalasHapus
  14. Open this link guys :
    http://suryantara.wordpress.com/2014/01/08/putus-hubungan-dengan-gastroesophageal-reflux-disease-gerd-bagian-3-habis/

    InsyaAllah disitu ada solusi utk penyakit GERD. Thanks

    BalasHapus
  15. Saya Yolanda 16 tahun saya udh ke dokter umum 4x diagnosis maag... ke spesialist 2x katanya asam lambung saya ke krongkongan... yg sya rasakan perasaan tdj enak, hmpir tiap gri, rasa cape letih... ganggu konsen diskolah.... saya sllu dehidrasi knpa? Kering mulut..... sesak napas, punggung nyut2an dn gejala2 lainnya...

    BalasHapus
  16. Mbak, yang saya alami hampir sama dengan yg mbak alami , suka sesak, berdebar, ngos ngosan, pusing , kedinginan, bahkan lemas secara tiba2 meski saya lagi beristirahat, saya juga sering terbangun dari tidur karena seaak nafas.. saya sudah check ke dokter dan hasilnya baik2 saja, say sehat2 saja, padahal saya yang merasakan bahwa saya sangat tidak sehat dan sangat terganggu dengan kejadian2 itu, bahkan saya sering pingsan disekolah, apa itu juga enyakit GERD? mhon blasannya mbak !!

    BalasHapus
  17. Coba ubah pola makannya ke Food Combining. Byk yg berhasil sembuh.

    BalasHapus
  18. Join aja grup Food Combining Indonesia di Facebook.

    BalasHapus
  19. Persis bgt ma gejala yg sy alami mba sheetavia,,

    BalasHapus
  20. Thank u atas tulisanx mba sheetavia,, gejala gejala yg sy alami sama persia dengan mba, sialx sy search di internet yg sy dapat gejala jantung lahh , maag , perut kembung, sehingga bersendawa dan perut terasa begah hingga membuat jantung berdebar debar serasa mau mati nih kayaknya klo udh ada gejala itu,, tp kadangkala klo sy ganti pola hidup sehat malah gejala itu kambuh, trus klo sy cuekin aja n makan sembarangan termasuk coba nerokok lg eeehh malah ga ada kambuh gejala tsb,,, yaaahh emang susah ditebak jg sih

    BalasHapus
  21. mba saya numpang tanya GERD sm LPR (laryngopharyngeal reflux) bahaya yg mana yaa ??? karna papa saya mengidap ini dan disuruh operasi oleh dokter ?

    BalasHapus
  22. Mksh infonya,,,
    Sya kira asam lambung(maag) dan Gerd gx ada bedanya, hhe,
    tp skrg jdi sdar, dluar sini(?) byk yg mnglami gjla yg sprti sya rsakan,,,

    BalasHapus
  23. ceritanya sama banget mba sama saya. udah bulak balik saya masuk ugd gara2 badan smua dingin jantung berdebar2 dan sangat lemas, saya sangat ketakutan dan terlintas pikiran2 negatif. berkali2 dokter bilang sama saya kalau saya punya rasa cemas yang berlebihan tp stiap kambuh saya sudah berusaha untuk tenang malah jadi sesak nafas. Malah kemarin saya sempat di fonis lupus, saya tambah strees dan tambah sering kambuh malah dokter penyakit dalam saya memberitau bahwa gejala yang saya alami itu karena ulah si autoimun, dan sampe sekarang saya belum dapat kepastian dari gejala yang saya alami

    BalasHapus
  24. Aku juga sama udah 4 bulan pertama di usg dokter dalam katanya banyak gas di dalam, sekarang keluhannya cuma pusing ajah ga ada rasa sakit, kemaren di cek lagi katanya usus saya infeksi karna pas cel darah lukosit naik sedikit tpi yang lain normal, tpi perut saya ga ada yang sakit apakah dari pikiran ataw apa? Bingung hehehe

    BalasHapus
  25. Terimakasih,mba..
    Jadi tambah informasi

    BalasHapus
  26. Kalo pepaya mengkel yg setengah mateng atau yg mateng ya, saya mau coba, soalnya semua gejala di atas aku juga mengalami sudah hampir 3 bulan ini

    BalasHapus
  27. wah. penjelasannya sangat komprehensif. terima kasih. penyebab perut terasa panas

    BalasHapus
  28. Saya sudah terkena gerd kurang lebih 4 tahun. Hhe emang lama, karena kambuh"an Dan waktu itu msh muda bgt. Baru lulus SMA kenanya. Smpet d rawat seminggu d rs bandung, sembuh sh (saat itu). Ketahuan nya ya di endoskopi. Tp sampai skrg terus"an kambuh. Dan klau udh kambuh pengobatan nya lama. Minimal sebulan ga brhenti minum obat. Sering nya sya kambuh krn banyak pikiran sh. Penderita gerd sangat dilarang stres. Pikiran sdkit aja pasti kambuh. Sampai sekarang ga tau gmna sembuhnya. Cuma disarankan jangan banyak pikiran aja hhe soalnya kasian tenggorokan nya. Krn sesuai namanya, gerd ini lebih nyerang ke tenggorokan. Tp sering di kira radang biasa. Pdhal klau di cek ke dokter THT pasti geleng". Krn tenggorokan seperti terbakar. Banyak kawah" putihnya gtu hahaha (bahasa awam antara dr dan pasien) bahasa kedokteran nya kuramg tau jg hhe Mau sebagus apapun kita menjaga makan, tp banyak pikiran atau stres ga ada gunanya. Mungkin kita bisa bilang engga stres. Tp sang lambung telah membuktikannya Hhe semoga membantu mba dan mas semua yaahhh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sekarang berjuang keras melawan kecemasan akibat gerd.
      Terima kasih buat sharing ceritanya

      Hapus
  29. Assalamualaikum, saya juga penderita GERD, sejak lebaran hari pertama kemarin. Nah tanya dong terutama untuk penderita penderita GERD veteran :D. Sebenarnya GERD itu membahayakan nyawa gak sih? Yg saya tau lama kelamaan bisa menyebabkan kanker karena efek terkena Gas adam lambung. Tapi apa bisa juga menyebabkan serangan jantung yg mematikan? Karena pas kambuh selalu menyerang seperti penyakit jantung... terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  30. saya jg mengalami hal yg sama nih , kejadiannya, masuk igd, datangin poly spesialis, sampe berokat ke alternatif juga saya lakukan ternya emg ini masih Gerd, sangat tidak mudah melalui nya, intinya jaga pola makan dan hidup sehat, positif thinking aja dan tetap semangat. semoga kita semua ttp diberikan kesehatan dan dlm lindungan Nya... amin..

    BalasHapus
  31. Mbak Sheetavia, sekarang kondisinya gmn? Saya dah hampir 3 th mengalaminya...sampai sekarang masih sering kliyengan, sesak, ma kadang dada sakit, dah berobat ke ke mana2, udah cek darah, kolestrol, trigliserid, ldl, hdl, gula darah, dll, dah EKG, Echo, ma treadmill jg. Alhamdulillah normal, cuma asam urat yg tinggi...
    Klo mbak, sudah baikan saya minta tips'nya apa aja?

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Saya jg pernah mengalami seperti itu,alhamdulillah sekarang penyakit saya sudah berkurang,mungkin 85% sembuh..
    Untuk teman teman yg masih merasakan penyakit ini,coba minum obat herbal defo super,minumnya 1 jam sebelum makan 2 kapsul 3 kali sehari..
    Semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Adu saya juga ne meh mbk sama banget keluhan nya sama mbk,udah satu setengah tahun saya mengahadapi penyakit ni sampe saya di suruh konsul ke psikiater jiwa karna di sangka saya mempunyai penyakit cemas berlebihan.padahal kan saya cemas nya udah ketahuan t mbk sesak nafas kalo mag nya kambuh .tapi dokter nya malah bilang saya baik2 aja.kan saya sendiri yg merasakn betapa menderita nya.mohon petunjuk nya mbk obat apa ya yg cocok

    BalasHapus
  37. Saya punya penderitaan yang sama :(. Sedih banget sampe skrg masih mengalami Nya, bagi yg sudah sembuh mohon share info nya. Apa obat nya biar bisa sembuh total? Sampe skrg suka bingung klo berobat slalu aja diagnosa nya beda2. Tapi dr semua cerita diatas , itu lah yg ak rasain. Mohon info nya agar di info ke saya di bhatrx@gmail.com . Terima kasih, assalamualaikum smoga kita smua bisa sehat seperti sedia kala. Amin...ya rabbal alamin

    BalasHapus
  38. sama saya juga kena grd sdh 4 bln alhamdulilah skrg sdh berkurang minum obat herbal dan menjaga pola makan dan olahraga teratur dan berpikiran positif

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak,, minum obat herbal apa? anakku kayaknya gerd juga

      Hapus
  39. Iya teman2 sy jg alami hal yg sama, hari ini sy menulis sy merasa (badan dingin,cemas berlebih).. Sblmnya udh cek jantung ,treadmeal, rekam jantung test lab n rontgen dada hasilnya jantung paru2 sy normal..
    Yg saya rasa sebelum cek jantung (kata teman sih salah sasaran, itu efek dr ketakutan saya n sy pengen plong aja kalo udah test jantung ) sblmy sy rasa perut kenceng, sesak nafas ,uluhati keras akhirnya dokter fonis sy kena gerd..
    Dan sampe skrg bermacam obat sdh dicoba blm ada kesembuhan..

    BalasHapus
  40. Alhamdulilah,,saya juga uda sering ke dokter umum,,cuman di bilang stress sama sakit magh aja,,tapi jantung saya berdebar terus,,biasa kaget bangun dari tidur tengah malam,,sampe2 di hantui sama ,,takut mati sampe sakit semua rasanya,,sampe ga tahan juga karna cape kaya gini terus,,kalo liat2 di internet ,,pasti yang dapat sakit jantung ,,bikin takutt ngeri lahh ,,perasaan takut mati pasti ada karna sesak dada terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya jg seperti itu, dari bln feb smpai skrg ga pernah berhenti berdebar2 terus.

      Hapus
    2. Sama, saya jg seperti itu, dari bln feb smpai skrg ga pernah berhenti berdebar2 terus.

      Hapus
  41. Hai semua..anak sy di vonis gerd dari bulan desember..sebelumnya ada dyspepsia..sejak january sering sekali kambuh..terasa sakit sekali tiap sehabis makan.sendawa terus menerus..tapi tidak sampe mual muntah..mohon info..biasanya berapa lama bisa sembuh..dan juga apakah food combining sangat membantu??bisa beli di mana resep2 dr food combining khusus gerd..makasi

    BalasHapus
  42. Hai semua..anak sy di vonis gerd dari bulan desember..sebelumnya ada dyspepsia..sejak january sering sekali kambuh..terasa sakit sekali tiap sehabis makan.sendawa terus menerus..tapi tidak sampe mual muntah..mohon info..biasanya berapa lama bisa sembuh..dan juga apakah food combining sangat membantu??bisa beli di mana resep2 dr food combining khusus gerd..makasi

    BalasHapus
  43. Hai semua..anak sy di vonis gerd dari bulan desember..sebelumnya ada dyspepsia..sejak january sering sekali kambuh..terasa sakit sekali tiap sehabis makan.sendawa terus menerus..tapi tidak sampe mual muntah..mohon info..biasanya berapa lama bisa sembuh..dan juga apakah food combining sangat membantu??bisa beli di mana resep2 dr food combining khusus gerd..makasi

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Semoga artikel dibawah ini bermanfaat utk penanganan sakit maag dan gerd:
    http://solusi-sakit-maag.blogspot.co.id/p/blog-page.html?m=1

    BalasHapus
  46. Salam sehat semua... sy jg didiagnosa GERD sejak bln februari 2016.sebenarnya sudah 2 thn lebih sy sering pusing, mual, muntah, bdn gemetar, masuk anginan dan lemes. cek darah saya normal. Tp kok sy sering pusing sampai mata dan migrain yg amat sgt sakit. Hingga pd januari kemarin sy masuk angin gak sembuh2,perut saya besar dan kembung, pipi bengkak mpe tembem,sakit kepala terus menerus, makan muntah mulu klo gak pedes sy gak mu makan. Hingga tiba2 sy sesak nafas, jantung berdebar amat sangat, badan gemetar dan lemes, otot leher tegang, saat menelan seperti ada yg mennganjal, saya sgt takut ( saya pikir itu jantung koroner). Tapi karena punggung saya sering nyeri sampai lengan dan bawah ketiak sy pikir itu karena kecetit. Kemudia sy langsung ke dokter saraf yg pertama, disana dokternya diem doang cuma ngasih obat dan scan leher. Stelah minum obat 2 hari tetap tak ada perubahan, sy sesak nafas lg, kejang otot leher, jantung berdebar hebat. Langsung saya ke dokter saraf lg (dokter yg ke 2). di sana saya dicek dokternya bagus banyak komunikasi dan setelah dicek katanya ini bukan saraf tp karena asam lambung yg naik ke kerongkongan. Jantung berdebar itu karena cemas dan stres yg tinngi. Lega deh... ketemu penyakitnya. Hingga seminggu kemudian sudah berkurang tdk berdebar lg jantung sy cuma otot leher dan telinga, mata masih tegang. Krn sy takut kemudian sy ke dokter gastrology dan benar sy terkena gerd. Ini udah sebulan lebih udah bsikan tp kdg masih sesak dan otot leher dan mata masih kaku.. telinga jg sakit...

    Kdg takut jg klo kambuh... makanya hati2 bgt soal makanan...

    BalasHapus
  47. Coba minum kefir...banyak yanf merasa baikan katanya...

    BalasHapus
  48. Coba minum kefir...banyak yanf merasa baikan katanya...

    BalasHapus
  49. Teman2 semua, saya juha mengalami penyakit gerd.. disertai pusing, otot leher tegang, dan pandangan agak kabur.. seandainya ada yang pernah mengalami penyakit ini dan sembuh. Tolong di share ya pengalamannya, soalnya penyakit ini tak kunjung sembuh 2 bln ini, terimakasih

    BalasHapus
  50. klau sy browsing itu ada obat herbal kusus Gerd, namanya Gastric Healht dari green world, apa benar2 ampuh ya, barang kali ada yg sdh pernah mencoba, mohon testimoninya

    BalasHapus
  51. saya juga divonis gerd dan saya divonis radang usus, sudah hampir satu tahun menderita gerd ini. tapi saat ini, jantung berdebar dan sesak nafas sudah hilang, tinggal sakit di bagian perut lambung dan usus. jaga pola makan, saya sudah 8 bulan ini makan sayur kentang wortel emes cuman pakai garam aja, kalau enggak sama pepes tahu. makanya pakai nasi lembek, itu mmbuat perut aman, karena tidak memicu asam lambung

    BalasHapus
  52. Saya mlh sering sempoyongan dan mau pingsan apkah sm seperti itu jg

    BalasHapus
  53. Salam GERD semuanya..
    Trimakasih mba atas postinganya..
    Gejala yang anda alami sama persis seperti saya.. kepala pusing, perut kembung, sering sendawa dll pokoknya ga kalo lagi kambuh mau ngapain aja males.. sampai sudah 1 tahun terakhir ini GERD saya belum juga membaik.. dokter specialis penyakit dalampun sudah sering di kunjungi.. tapi tetap saja kambuh dan kambuh lagi kalo salah makan dan pikiran stres... memang perlu kesabaran dan pengobatan yang serius untuk kasus GERD INI..
    mudah2an kita semua cepat di beri kesembuhan.. amiiinn

    BalasHapus
  54. Ya ampun, saya awalnya 2-3 bln yg lalu lg memperhatikan nilai kurs valas, tiba2 perasaan kaya drop gitu,sy ampe kaget sendiri,besoknya pas Jumatan tiba2 sempoyongan mau jatuh.
    Pertama ke dr, diminta cek mata n gigi atau bisa sr sinusitis, cek ke dr mata, Alhamdulillah ga ada masalah,trus cek darah di lab, cuma kolestrol agak naik dikit, 216. Cek ke dr umum lg, malah bikin BT, dia bilang ga ada indikasi sakit apa2, sampe bingung mau kasih obat apa
    Selama itu , selain pusing yg sering mengganggu bikin trauma kalo sholat berjamaah, badan jg sering ngerasa lemes, pas nyetir tiba2 drop, lemes, perasaan jd ga tentu, kayanya jantung ga berdetak, ampe tiap saat cek denyut nadi, dahak yg banyak juga mual sama sendawa yg ga berenti.Dan yg pasti sy ngerasa konsentrasi menurun juga males bersosialisasi
    Nah pas awal puasa, derita bertambah tiba2 ga bisa tidur semaleman, kayanya dada terasa panas, bener2 bikin stress, pikiran ga tenang, karena bnr2 ga tidur, itu kejadian ampe 3 kl, nah pas sore hari, pas saat beli makanan buat buka puasa, ko ngerasa nafas makin pendek, tiba2 sesak nafas,harus nafas pake mulut, memang ga lama, tp bikin kalut bgt, sore itu lsg ke dr, yg ada dr umum, di cek EKG juga n hasilnya gpp, kesimpulan dr, saya kena gerd, juga kecemasan yg sangat tinggi, panic attact juga,malah menyarankan ke psikiater.cuma dikasih obat maag.
    Walau udah lega udah cek EKG tp kejadian sesak nafas itu buat trauma bgt, buat was2 kl ke tempat umum lg, dan rasa penasaran yg tinggi,minggu dpnnya coba ke dr THT , cek apa kena sinus, dapet dr yg jutek, pas dimasukin alat ke hidung,bikin keder , ujung2 nya si dr bilang aku kena gerd,asam lambung yg tinggi.dikasih obat maag lg. Udahbdari situ sy lsg cek darah lg, n hasilnya bagus semua.kolestrol malah sdh normal.
    Dlm periode 2 bln ini juga selain ke dr, saya udah coba bekam,ruqiyah, akupressure, ampe akupuntur, tp ya itu ga ada hasilnya jg.
    Kalo sekarang berusaha lbh pasrah n ikhlas aja deh, walau sekarang sesaknya nambah dr hidung yg mampet,byk dahak. penasaran juga pgn rontgen paru, tp klinik nya masih libur lebaran
    Oh gerd,emang km buat pusing,

    BalasHapus
  55. Penyakit gerd apa bisa sembuh tanpa operasi ya ,tolong info nya

    BalasHapus
  56. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention.
    cara mengobati paru-paru basah
    cara mengatasi maag

    BalasHapus
  57. Sama seperti yg saya rasakan.... benar2 nyiksa banget...tpi yg saya rasakan saat initidak separah dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak safitri sy jg mengidap penyakit trsbt...apakah kakak mengalami apa yg sy rasa?
      leher seperti tercekik setiap hari,dan tenggorokan tdk nyaman?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  58. siang mbak. mendengar cerita mbak mengenai Gerd saya juga mempunyai gejala seperti mbak. saya mau minta tanya kalo bisa tau dokter apa yang menangani mbak dan praktekx dimana ya. mohon bantuan dan infox. thanks

    BalasHapus
  59. siang mbak. mendengar cerita mbak mengenai Gerd saya juga mempunyai gejala seperti mbak. saya mau minta tanya kalo bisa tau dokter apa yang menangani mbak dan praktekx dimana ya. mohon bantuan dan infox. thanks

    BalasHapus
  60. siang mbak. mendengar cerita mbak mengenai Gerd saya juga mempunyai gejala seperti mbak. saya mau minta tanya kalo bisa tau dokter apa yang menangani mbak dan praktekx dimana ya. mohon bantuan dan infox. thanks

    BalasHapus
  61. Kak sy mengidap penyakit trsbt,apakah gejala nya seperti yg saya rasakan leher kencang seperti tercekik dan tenggorokan tdk nyaman,kakak2 alamin juga setiap hari?

    BalasHapus
  62. Tenggorokan saya jg rasa ga enak... udh seminggu ini perut kembung, sendawa, n kentut2... apakah ini gerd jg... omG :(

    BalasHapus
  63. Suami saya jg terkena gerd sejak april 2016, sudah berobat ke spesialis lambung,dan penyakit dalam blm jg sembuh,karna gerdnya tak sembuh" dia mencoba minum obat herbal tp malah awal juni kemaren suami saya mengalami tremor dan movement disorder, 2bln rawat jalan di spesialis syaraf, skrg dia sering sesak nafas, heartburn,badan lemas padahal dia nafsu makan dan tidak mual, saat ini suami saya pasrah dan ga mau lg dibawa ke dokter ,sebagai istri saya hanya bs mendoakan untuk kesembuhannya,makasih mba sheetavia atas bloknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mbak Nuria, kalau boleh saya tahu apa nama obat herbal yang suami mbak minum?

      Hapus
    2. Bu,coba minum lidah buaya 20 menit sebelum makan. Sy sdh 4 bln ini kena GERD. Lidah buaya membantu mengurangi ketergantungan penekan asam lambung. Sy msh blm sembuh juga, tapi pita suara sy yg asalnya bengkak sdh sembuh setelah eradikasi h. Pylori

      Hapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Saya juga kena GERD, setelah 10 Hari di rawat di RS dengan di ICU 2 hari karena saking lemesnya tekanan darah 70/50 sampai 2 hari. semua obat sudah saya minum. jika saya mengingat, GERD saya karena awalnya obat kolesterol yg saya minum dan Alhamdulillah saat ini sudah lumayan baik, akan tetapi jika selesai minum obat kolesterol sering kambuh. Saya dulu mulai enakan minum propepsa sehari 3 kali. dan sore ini agak kambuh, jadi balik kantor nanti mau beli dl. GERD memang penyakit aneh. dan dokter pun masih kurang familiar dengan penyakit ini. karena gejalanya beda dengan MAG, perut nggak sakit, tetapi tiba2 lemes, jantung berdebar-debar, cemas, stress, pusing yang pindah-pindah, bahkan tiba2 gigi bisa tiba2 sakit banget. Apa sudah ada yg sembuh total disini ya?

    BalasHapus
  67. Ilmu Nur Muhammad saya buat untuk menghadapi Fenomena Gaib akhir zaman karena banyak saudara kita yang menjadi korban atas keganasan fenomena gaib ini :

    * Sering sakit kembung seperti masuk angin

    * Sakit lambung disertai sendawa terus menerus

    * Sesak nafas seperti orang terkena asma

    * Kepala sakit dan tulang nyeri

    * Ada benjolan kecil berupa daging tumbuh dalam tubuh

    * Penyumbatan pembuluh darah

    * Mirip dengan kanker payudara dan hati

    * Badan lesu, lemah seperti terkena thypes

    * Timbul rasa was was, cemas, gelisah dengan tiba – tiba

    * Lumpuh mirip stroke

    * Ambien tak kunjung sembuh

    * Pilek menahun

    * Paranoid

    * Rasa ingin bunuh diri dan Gila tanpa sebab

    * Sakit dikemaluan dan ada benjolan ditestis

    * Dada nyeri sebelah kiri dan kanan seperti terkena serangan jantung

    * Ulu hati terasa sakit

    * Emosi tak terkendali

    Inilah beberapa fenomena gaib yang menyerang umat manusia saat ini, bila di cek secara fisik / medis terlihat, jika diminumkan obat tidak ada reaksi dari obat tersebut, apabila dibawa ke seorang praktisi / paranormal seperti santet tapi bukan santet, sihir, teluh atau guna – guna ( INGAT !!!, ini bukan terkena ilmu hitam ) , memang konsepnya seperti ilmu hitam, jika anda berfikir ini santet dll anda sudah masuk dalam jebakan demit, memang ini tujuannya agar umat manusia saling menuduh satu dengan yang lainnya.

    dibawa keahli ruqiah seperti terkena ain / ghalian, hilang saat itu juga 2 atau 3 hari datang lagi, posisi sakit bisa ditempat yang sama / pindah ditempat lain

    Tidak hanya fisik saja bahkan ada yang diuji secara ekonomi sulitnya mendapat uang hingga timbul rasa ingin melakukan tindakan kejahatan dan rumah tangga dibuat berantakan suami ribut dengan istri, anak sulit diatur dll

    ” Untuk anda yang belum terinfeksi diharapkan banyak amalkan surat Al – Kahfi ayat 1 s/d 10 dan ayat 101 / 110 ”



    Manfaat Nur Muhammad :

    – Mampu menghancurkan Khodam dan Sihir Jarak Jauh

    – Mampu membakar khodam musuh dan meyerang dari jarak jauh bahkan mampu membakar raja jin

    – Terhindar dari fitnah dajjal
    – Menjadi manusia insan sejati yang mencapai tingkatan luhur di sisi Allah SWT

    – Insya Allah terbebas dari perhitungan hisab alam kubur, dan mencapai sirathal mustaqim

    – Memiliki tingkatan kecerdasan pencerahan spiritual yang tinggi sehingga dapat membimbing seluruh umat manusia dari berbagai golongan agama, untuk menuju ke alam pencerahan sejati ( Nur Muhammad )

    – Mampu menundukan mahluk gaib dari bangsa jin, siluman, iblis

    – Mampu mengobati penyakit medis dan non medis

    – Mendeteksi penyakit medis dan non medis

    – Mengikis hawa nafsu hingga tingkat terdalam



    Syarat & Ketentuan :

    – Bisa datang langsung / Jarak Jauh

    – ADA PANTANGAN

    – KHUSUS MUSLIM

    – Kirimkan nama lengkap dan nama ibu kandung

    Note : Semua keilmuan Kanjeng Yunita diadakan pembuktian / dipraktekkan langsung semua keilmuan bisa ditajrib ( dibuktikan )

    081314821884

    http://kanjengyunita.com/2016/11/07/ilmu-nur-muhammad/

    BalasHapus
  68. Sama seperti yg saya rasakan,menderita bgt,sama bgt seperti yg kalian rasakan ;(

    BalasHapus
  69. Saya jg Gerd..emang gejalanya buat panik krn seribu satu macam rasa, udah setahun bolak balik dokter cmn ngabisin duit..kayanya kt ini perlu olahraga teratur dan makan yg teratur dan bergisi, obat nomer 2
    Jgn telat makan aja trus makan jgn kebanyakan pokoknya harus disiplin klo ga ya menderita kita

    BalasHapus
  70. Saya jg penderita gerd. Qlo lg kumat mendadak lemes, jantung berdebar hebat, dll sampe pingsan dan pingsan'y pun ga inget tmpt. Pernah suatu ketika saya lg perjalanan mudik k kampung naik bis. Pdhl dari rumah tdk apa",lg enak" ngemil tp mendadak saya lemes bgt dan jantung saya berdebar dan gejala" spt biasa yg saya rasakan qlo mau pingsan. Dan bnr saja, saya tiba" pingsan. Kdg qlo abis pingsan trz ditanya knp saya suka bingung jawab'y lha wong emg awal'y saya baik" saja. Pokoknya nyiksa bgt deh penyakit saya ini, pengen bisa cpt sembuh :(

    BalasHapus
  71. Klu Menurut Saya ITU bkn penyakit medis samacam sawan tp bkn sawan,penyakit ITU nyerang PD kondisi jiwa lemah Dan Salah pola hidup ntah ITU pola aktifitas atau pola makan,saran Saya belajar kontrol diri Jgn mudah panik sma perhatikan pola hidup,nanti insya Allah lama2 hilang,penyakit INI bersarang di dada klu sawan di perut bagian atas atau ubun2,Saya jg sedang mengalami,semenjak sering baca2 insya Allah mengantisipasi sendiri seenggaknya meminimalisir,klu Menurut Saya begitu hehe

    BalasHapus
  72. Wauw...ni dia nih...muiriiip ama yg gw alamin...thanks berat mba sheetavia..

    Dunia Kedokteran zaman kita sepertinya belum seadvance yg kita kira...masih banyak yg belum terpecahkan solusi dan obatnya...

    Udah setaun ngalamin gejala ini....muncul ilang persiis kayak semua..sebulan adaa aja muncul meskipun ga separah beberapa yg diatas..

    Tapi aneh..kebetulan gw muslim, n gejala ini ga muncul klo pas bulan puasa n gw lg puasa.

    Pernah gw coba puasa, tp ga pake saur...pkl 08.30 udh nyerah buka karena dag dig dug n lemes di pinggir trotoar depan conv store..terpaksa buka deh..

    Ni lg mo coba lagi, tapi niatin senen kamis sekalian n wajib saur...

    BalasHapus
  73. Abis baca semua artikel disini dan komentarnya rasanya seneng atau sedih ya, seneng karena tenrnyata ga cuma saya yg ngalamin.. Saya sampai 2x di rekam jantung..kata 2 dokter spesialis jantung saya baik2 saja, cek tiroid juga, alhamdulillah negatif.. Katanya saya cm stress..jantung berdegub kencang..mual muntah berlebih sampai di opname.. Pernah sampai muntah keluar darah.. Tp sama dokter cuma diresepin obat maag.. Jd ketergantungan sama obat maag nya, kalo abis lgs deh berasa nafas pendek2 gt.. Tp beberapa minggu yg lalu mulai coba jamu gendong, di bikinin kunyit tawar..alhamdulillah perut jarang panas, segeran.. Tp balik lagi ke makanan, kalo makanan kadang ga dijaga atau kecapean ngurus anak, lgs deh lemes bgt dan mual muntah.. Dulu parah2nya suka nangis sendiri, ngelamun, sampai dikira kerasukan atau ada yg guna2.. Gampang nangis deh pokoknya,, dokter sempet nyaranin suruh endoskopi, tp blm saya lakuin..karena setelah minum obat lambung itu agak enakan..cuma ya itu sering kumat2ab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ibu dari dua anak,jantung saya sering berdebar,kadang sakit dada kiri sampe lengan..kalo perut jarang sakit paling sakit jga gak sakit bngt,lemes bngt Kya gak ada tenaga padahal kadang sehabis makan tpi lemes bngt.udh kedokter 3 x tpi dokter umum,saya pngnnya rekam jantung tapi tidak disarankan dokter.tpi saya sangat cemas krna saya mengalami sakit seperti sakit jantung

      Hapus
    2. Saya ibu dari dua anak,jantung saya sering berdebar,kadang sakit dada kiri sampe lengan..kalo perut jarang sakit paling sakit jga gak sakit bngt,lemes bngt Kya gak ada tenaga padahal kadang sehabis makan tpi lemes bngt.udh kedokter 3 x tpi dokter umum,saya pngnnya rekam jantung tapi tidak disarankan dokter.tpi saya sangat cemas krna saya mengalami sakit seperti sakit jantung

      Hapus
  74. Pokoknya saran saya kurangi obat medis mbak.. apalagi nexium... tuh obat enak diawal tp setelah itu nimbulkan efek kepanjangan lainnya (sesak nafas, batuk2 kecil, dll)

    BalasHapus
  75. wah..ternyata saya juga merasa seperti itu, sering sesak napas gak hilang-hilang, padahal periksa ke dokter jantung dan dok paru2 hasilna normal2 saja, ya itu benar kata dok internis terkena penyakit Gerd

    BalasHapus
  76. Assalamu alaikum semua,lam kenal dari aku,aku gak bisa cerita banyak tentang sakitku karena msh di jalur yg sama yaitu Seputar lambung dan sekitarnya jadi intinya yg kita rasakan sama yaitu nano2,aku sendiri udah menjalaninya selama hampir 4 tahun dan sampai skrng alhamdulillah belum sembuh juga hehehe...tapi tak perlu kecil hati karena yg terjadi sebenarnya Alloh SWT ternyata sangat sayang kpd kita semua khususnya yg kena sakit lambung,dari sinilah kita dpt pembelajaran yg sangat berharga dari hidupnya yg sblm sakit seenaknya sendiri skrng udah pada di tata selayaknya hidup sehat dan ditambah selalu instropeksi diri dan banyak ibadah,yach...skrng kita tau jawabannya ternyata selama ini Alloh SWT telah menegor kita karena ada yg salah terhadap gaya hidup kita,maka dr itu sobat semua yg perlu di obati pertama bukan lambungnya tapi hatinya dulu dibersihkan/di netralisir dengan kegiatan dan pikiran Yg positif sambil disusul pengobatan medisnya nanti pasti ada perubahan yg luar biasa ,yg penting kita gak perlu kecil hati dengan sakit ini karena semuanya atas izin Alloh SWt,dan sebagai penghapusan dosa yg selama ini kita perbuat dan aku yakin semua yg sdh menulis di blok ini pasti akan dikasih kesembuhan Amiiin,saran dariku perbanyak ibadah dan sholat malam pasti yg namanya sakit asam lambung,maag,gerd dan sejenisnya akan di berantas oleh getaran iman,ok udah dulu ya..semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan Alloh SWT akan mempermudah segala urusan kita baik dlm kesehatan,ekonomi dan pendidikan Amiin ya robbal alamin .wassalam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. vanda pratama11 September 2017 22.57
      Benar sekali mas yoyok saya juga penderita GERD 2tahun ini sudah sering masuk igd awalnya masih belum tau kalo saya menderita penyakit GERD sampai" rekam jantung, rontgen paru" hingga usg dll juga mengkonsumsi obat pepsol sanmag dan obat golongan PPI yg lainya mengalami lemas sesak napas perut membesar terbakar sampai kerongkongan susah menelan kedinginan deg"an sampai kadang merasa kalau mau mati dan hampir pernah merasakan gejala" yg dirasakan teman" sesama penderita GERD disini, sekarang yg saya lakukan adalah instropeksi diri positive thinking dan saya sadar Allah ingin mengingatkan saya melalui penyakit ini agar saya lebih menjaga pola hidup saya, rajin beribadah sholat 5waktu sholat malam dan terus memohon kepada Allah agar diberi kesembuhan dan tidak henti"nya memperbaiki diri, semoga kita semua disini mendapat kesembuhan dan perlindungan dari Alloh SWT. Aamiin ya robbal alamin

      Hapus
  77. Saya juga ngalamain ini mbak....sering tiba- tiba berdebar dan kesemutan dimalam hari, Gerd makin parah disaat saya sedang hamil...

    BalasHapus
  78. Saya pngn cek ekg penasaran tapi pengen tau bisa gak pake BPJS ya?

    BalasHapus
  79. Mas/mbak coba gabung di group FB namanya GAI (gerd anxiety indonesia) banyak membernya. Kita sharing² disana. Saya jg punya keluhan yang sama dengan apa yg mas/mba tuliskan... Semoga kita lekas sembuh aamiin...

    BalasHapus
  80. Ud bbrp bulan ini saia jg merasakan sakit yg aneh2 rasa ga nyaman perut kembung trus menerus pingang rasa panas pegal smpai k perut dan jg tbtb bdn suka kedinginn lemes ga jelas gitu anehlah pokoknya..
    Saia pingin hdp normal lg tnpa ada rasa ketidaknyamnn ini..ya alloh yg memahami..

    BalasHapus
  81. Ud bbrp bulan ini saia jg merasakan sakit yg aneh2 rasa ga nyaman perut kembung trus menerus pingang rasa panas pegal smpai k perut dan jg tbtb bdn suka kedinginn lemes ga jelas gitu anehlah pokoknya..
    Saia pingin hdp normal lg tnpa ada rasa ketidaknyamnn ini..ya alloh yg memahami..

    BalasHapus
  82. Yang uda sembuh blh minta solusinya obat apa yang bagus di konsumsi ya.?

    BalasHapus
  83. sembuh si belum tau, tapi...udah sekitar 6-8 bulan ini hampir ga muncul..ga pke obat, makan teratur (ontime jam 7, jam 12, ama jam 7 malem), tidur jam 9-10 malem, berenti ngopi, sama (kebetulan sy muslim) puasa senin kamis mas..alhamdulillah dulu sebulan 2x selalu muncul, ni udah berbulan2 ga muncul...semoga bermanfaat

    BalasHapus
  84. Saya Senyum senyum sendiri baca ceritanya mbak serta komentar teman teman.....bikin sedikit tenang setalah tau bukan hanya saya yang ngalamin.....rasa rasanya ini penyakit nggak sembuh sembuh padahal sudah melakukakn banyak pengobatan......tapi Terima Kasih Buat semua infonya teman teman, Semoga Kita semua bisa cepat sembuh...Aminn

    BalasHapus
  85. Saya gerd sudah 8 tahun lebih, tak pernah saya rasakan (cuek) walau memang ga nyaman, sampai akhirnya saya endoskopi, dan dokter spesialis penyakit dalam sub gastrologi menyarankan untuk oprasi spincter lambung bulan depan

    BalasHapus
  86. Hi mba sy sdg hamil masuk 13 minggu. Sy mulai merasakan sesek debar2 dan mual serta muntah dan pusingggg. Serba salah pdhl makan uda sering. Dan kadang panik kyk brasa mau mati takut gt pas lg makan or lg tdran tanpa ada gejalan sakit aneh2. Cm plg pusing n kliyengan. Gmn ya mba? Thanks infonya🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Mba sy juga lagi hamil 22 minggu jika berkenan boleh minta no hp untuk sekedar sharing ..terimakasih

      Hapus
  87. Saya jg mengalami hal yang sama,ni skarang lg kambuh lg udh berjalan kurang lebih 1 bulan dari akhir puasa kemarin. Sempet dirawat karna kekurangan kalium,karna kecapean dan asupan kurang. Dan sekarang sakit GERDnya kambuh,sempoyongan,lemes,perut nyeri,cemas,sedih dll.Makasi untuk tulisannya dan koment2nya, jd agak lebih tenang.

    BalasHapus
  88. Klo makan pisang ambon boleh gak sih ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,saya butuh pisang untuk menjaga kalium. Tp disatu sisi ga boleh jg karna gerdnya ini.

      Hapus
    2. Iya,saya butuh pisang untuk menjaga kalium. Tp disatu sisi ga boleh jg karna gerdnya ini.

      Hapus
  89. Haii saya lagi hamil 22 minggu apa yg dirasa sama dengan kalian ,,tapi saya baru2 ini seerti ini ,,adakah obat yg amat utuk bumil makasihh

    BalasHapus
  90. Ini skrg saya lg ngerasain, kambuh2 an emg. Tp emg bner2 nyiksa bgt skrg dada kiri atas sakit dkerongkongan kya ada kselek gt jd nafas aga ksumbat sbntar, kirain cm sy aja yg ngalamin. Obat yg bgus apa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,,sekarang sudah sembuh belum? Atau masih hilang timbul gejalanya?

      Hapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Saya dulu pernah 2 tahun mengalami penyakit gerd, puji Tuhan dengan pengobatan alami 100% skrg sdh sehat. Bagi saudara yang berniat mau mengikuti spt pengobatanku, silahkan hubungi 082173558545/hombing. Dgn senang hati dpt berbagi. Trmksh

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. makasih atas infonya mbak, sering2 kasih masukan yaa saudaraku.

    BalasHapus
  95. Ass.. kebetulan saya juga mantan sakit gerd 1 tahun bolak balik ugd. Tp alhamdulillah sekarang udah gk lagi.. saya udah pergi beberapa dokter di kota saya tp ya ujung2 nya di kasih obat maag. Pdahal obat kan hnya menenangkan. Yg menyembuhkan saya dri gerd saya adalah stelah saya mengkonsumsi herbalife. Smpai skrang udah 1 tahun konsumsi herbalife dan mengubah pola makan saya akhirnya gerd saya tak lg kambuh dan badan gk selemas dulu lg. Herbalife bukan obat. Tapi nutrisi dan pengaturan pola makan. Yang pingin coba boleh tanya saya. 😊 wa 085705564112

    BalasHapus
  96. Sy juga sakit gerd..rasanya sangat tdk menyenangkan karna badan terasa lemas seperti ringan, kadang kehilangan keseimbangan saat jalan..berat badan turun, kesulitan nafas, kepala sakit, pusing, leher seperti ada yg mencekik, dadaa kiri atas srg sakit dan paling paraah badan kayak kaku..
    Berkali2 k dokter d cek jantung dan paru sehat..hanya asam lambung
    Kalau lagii kerasaa sampai ga bisaa kerjaa saya..
    Saat ini sy hanya konsumsi madu asli 3x2sendok makan dalam sehari..

    BalasHapus
  97. Benar skli gerd sangat menghawatirkan tukat mati ketika sdah kambur
    Yg lbh parahny tidak bsa bekerja dibuatnya

    BalasHapus
  98. Saya penderita GERD sudah 6 tah lebih. Tadi kumat dan nyaris lari ke UGD tapi tahan diri dan buka internet dengan kata kunci badan dingin, dada berdebar debar, rahang sakit, mual, ngglyeng dan lemes lalu ketemu laman ini.
    GERD ini tidak seketika saya sadari. Mulanya ya saya kira maaag biasa dan diberi obat maag, tapi gak sembuh. Berbagai gejala lain kemudian timbul. mata kabur, kepala pusing, mual, lemes, gigi ngilu, you name it lah, semua rasa tidak enak itu ada. Saya juga sudah kunjungi berbagai dokter spesialis (mata,gigi, syaraf, internis, jantung, paru, dll), sampai suatu saat saya kumat dan rawat inap. hasil endoskopi menyatakan saya GERD LA-B.
    Selama 6 tahun smua pengobatan saya tempuh tapi tidak kunjung sembuh. Saya tusuk jarum,refleksi, bersihkan usus, minum ramuan tradisional apa saja yang dianjurkan orang atau yang saya baca (kunyit madu, jahe, propilis, enzym, gamat, kefir, terapi jus sayuran,dll), juga minum berbagai supplemen yang harganya hingga jutaan, tapi belum juga sembuh. Sudah puluhan kali masuk UGD (dan selalu di EKG dengan hasil normal2 saja), sudah beberapakali cek jantung (treadmill, USG, dll) dan hasilnya juga alhamdulillah baik-2 saja (saya selalu cemas kena serangan jantung saat penyakit ini kumat, sebab di medsos gejala ini dikaitkan dengan seragan jantung), sudah tiga kali diendoskopy dan hasilnya tetap sama GERD saya belum sembuh, dan nyaris tiap tahun dirawat di RS.
    Apa yang saya rasakan ? mungkin hanya sesama penderita GERD yang bisa memahaminya. Tapi ya, saya juga menderita ketakutan mati mendadak dan sendirian saat penyakit ini kumat. Ketakutan mati, cemas ninggal keluarga, depresi dan kadang putus asa karena penyakit ini tidak sembuh-sembuh walau segala upaya sudah dilakukan). Dokter spesialis yang tangani juga bingung mengapa luka-luka di lambung saya tidak kunjung sembuh walau berbagai jenis obat sudah diresepkan.
    Doketr selalu mengatakan saya perfeksionis dan perlu mengurangi segala ketegangan, kecemasan. Tapi saya merasa hidup saya ini baik-baik saja. Kalaupun ada yang membuat saya cemas justru karena penyakit ini yng tidak sembuh-sembuh.
    Belakangan ini saya kembali mengkaji hidup saya. lalu lepaskan studi S-3 yang tidak selesai-selesai karena Gerd selalu kumat. Kembali membaca tulisan-tulisan motivasi diri yang saya tulis sendiri saat belum terkena GERD, latihan pernafasan, perbanyak rasa pasrah (saya tulis dan baca terus afirmasi tentang kesehatan yang sya idamkan) lalu minum Natrrium bikarbonat (soda kue) tiap pagi saat perut kosong (advis dari penderita gerd yang sembuh, yang beredar di medsos). alhamdulillah saya merasa jauh lebih baik. Kepala nggliyeng dan mata tidak fokus yang rasanya selalu menyertai sudah jauh berkurang, obat-obatan dari dokter juga makin berkurang yang saya minum (bayangkan jika selama bertahun tahun saya harus minum berbagai macam obat untuk atasi nggliyeng, perut sebah, lambung nyeri, mual, yang kalau telat diminum bisa berakibat gejala GERD kambuh).
    Tadi saya kaji kenapa gejala gerd ini kambuh?Ternyata kematin berita2 yang saya terima, suka tidak suka, tentang kawan kantor yang tiba-tiba masuk RS karena serangan jantung, dan tentang tetangga yang kena kanker servic stadium 3, memperngaruhi perasaanku. It's could be me... dan perasaan tersebut pengaruhi alam bawa sadar saya dan memicu syaraf kecemasan. Akibatnya ya kumat lagi.

    Alhamdulillah... membaca postingan teman-teman membuat saya semakin sadar bahwa kita tidak sendiri. Penyakit psikosomatis yang biasa menyertai penderita GERD hanya kita yang bisa kurangi dan sembuhkan. obat-obatan dari dokter mungkin membantu sementara, tapi kita sendiri perlu mengupayakan pengelolaan pikiran dan hati. Saya sudah menguragi beban pikiran dengan melepaskan studi S-3, mengurangi beban pekerjaan dan memperbanyak baca buku-buku motivasi, singkirkan berita berita media massa (termasuk TV) nasional dan langsung menghapus kiriman-kiriman medsos yang bisa memicu emosi (buanyak banget lho postingan-2 provokasi yang bisa pengaruhi emosi kita).

    salam
    semoga kita semua bisa sembuh tuntas dari GERD

    BalasHapus
  99. Hallo kawan penderita gerd..

    Saya sdh 7 tahun lbh sakit gerd,sakit fisik yg menyebabkan 'sakit jiwa', intinya jgn dipikirkan, rileks saja, kita senasib, tdk sendirian dan banyak yg sprti ini,pasrah pasrah pasrah, diatur pikirannya..sehat sehat sehat..kita sehat..

    BalasHapus
  100. Sy dl skt gerd udh setahun. Gk bisa melakukan aktifitas krn setiap hr sesak nafas. Klo kecapekan jantung berdebar,dada sesak,tangan gemetar.merasa mau pingsan. Alhamdulillah Udah 2 bulan ini sembuh gak kumat lg setelah minum kunyit madu selama 2 bln plus olah raga lari krn bagus untuk jantung.sblmnya sy jg mnm ramuan kunyit tanpa olah raga tp tetap saja sesak nafas.intinya hrs olah raga

    BalasHapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  102. Saya mengalami hal yang sama 1minggu yang lalu saat perjalan kerja selama 16 jam dalam perjalanan saya 3x mengalami, pusing, jantung berdebar, sesak, muntah2 dan tubuh kesemutan dan kaku seperti struk dan lidah terasa keluh, bicara pun jadi cadel. Setelah sembuh semua kembali normal dan kadang sering kumat. Apakah saya terkana penhakit gerd atau penyakit lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mabuk darat kadang...gegege

      Hapus
    2. Itu mabuk darat kadang...gegege

      Hapus
    3. Alhamdulillah kalau mabuk darat. Tapi setelah di periksa ternyata gerd dan anxiety :-(
      Minum obat engga sembuh2..

      Hapus
  103. Saya udh hampir 2 bulan terkena gerd, tapi skrg udh mulai membaikan. Tapi,smpai skrg pndangan msih kbur,klau berdiri pun msih agak trasa goyang, prnapasan pun agak sesak sih. Prlu d prhatikan jga konsumsi obat maag, efek smping obat maag dpat mnurun kan zat besi/tekanan darah rendah, jdi saya harus mnyeimbangi tu pola makan berkaitan zat besi, walaupun itu berlawanan dgn pntangan makan pnyakit gerd. Dan satu lagi harus d prhatikan,olah raga jga prlu, agar tidak mnjadi lmak, krna gerd pntangan bnget dgn lmak.

    BalasHapus
  104. Kalo saya malah bingung dengan semua vonis dokter. Soalnya saya di vonis dokter berbeda beda alias 1 dokter vonis lain dgn vonis dokter lain. Jd sampai saat ini saya msh bingung dgn penyakit yg saya rasakan. Setelah saya membaca bloq ini saya bertny2 pd diri saya apakah saya terkena gerd. Saya sdh merasakan sakit ini sdh 9 bln. Yg saya alami setiap hari adalah sakit di ulu hati sampai ke pusar. Disertai gejala pusing dan pandangan kabur, mual pernah muntah, jantung berdebar dan cepat bgt capek dan belakangan sering sesak napas. Saya sdh pernah melakukan endoskopi dan kolonoskopi tetapi hasilnya bgs alias tdk ada masalah kata dokter. Yg mau saya tanyakan apakah tmn2 disini ada juga mengalami sakit seperti saya tp dgn hasil endoskopi dan kolonoskopi yg tidak ada masalah. Mohon juga sharing ya tmn2 buat yg sdh sembuh dari gerd ini. Terimakasih

    BalasHapus
  105. sya pun uda mengalami GERD 9 bulan ini...sama seperti yang lain uda minum obat macam2, periksa medis tp ilang nya sebentar aja trus kumat lagi, bingung harus bagaimana lagi..sy setujuh pendapat lebih mendekat kan diri dengan Sangpencipta adalah obat yang mujarab...jangan putus asa..ingat, tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya...

    BalasHapus
  106. Amin semua membantu...terimakasih

    BalasHapus
  107. Mau tanya untuk pengalaman atrial fibrilasi ga mempan dengan cordarone ya mbak? Terus itu berarti diagnosanya memang benar ada AF atau enggak mbak?
    Sy sedang mencari informasi mengenai Atrial Fibrilasi (AF).
    Mohon info lanjutan kalo ada teman2 yg berpengalaman. Terima kasih.
    Salam sehat semua

    BalasHapus
  108. Sahabat gerd kalau mau sembuh berhenti untuk makan makanan yang berbahan terigu

    BalasHapus
  109. Banyak jg ternyata teman sependeritaan ...
    Saya sudah 6 tahun mengalami sakit seperti yg agan jelaskan di atas ,, sudah bolak balik diopname tp tak kunjung sembuh ... Setiap hari merasakan sakit dada kiri ... Yah woles aja ... Tanpa banyak ngeluh, toh yg bernyawa pasti akan merasakan mati. Moga kita semua bisa sehat seprt sediakala

    BalasHapus
  110. Untuk Temen2 yg masih di bikin senewen sama penyakit ini bisa join di https://www.facebook.com/groups/gerd.anxie/ untuk dapat pengetahuan sekitar penyakit asam lambung beserta dampak kegelisahannya.

    BalasHapus