Senin, 17 Maret 2014

Flu Singapore

Keren amat ya namanya flu ini...
Ceritanya semingguan ini si Habib kena Flu Singapore *berasa kayak abis travelling dari Singapore aja ya denger namanya...

Awalnya Habib koq tiba-tiba jadi lesu ya, matanya berair, minta gendong terus dan malemnya badannya jadi panas sekitar 38 dercel. Hari pertama panas sih gak begitu rewel. Begitu dikasih obat penurun panas, panasnya jadi turun. Tapi besoknya panas lagi, masih bisa main walau terlihat lesu banget, tapi nafsu makannya merosot tajam, gak mau makan sama sekali. Kita pikir ini karena mau tumbuh gigi taring, soalnya dari mulutnya keluar banyak banget iler gak berenti berenti. Ada indikasi juga habib kena radang tenggorokan, maklum gw kan baru habis sakit radang tenggorokan dan menurut hasil pemeriksaan Habiyah tenggorokannya Habib juga agak merah. Malem kedua, badannya panas lagi, kali ini dia gak bisa tidur dan pake acara nangis-nangis sampe jerit-jerit kesakitan. Gw sampe khawatir banget, soalnya Habib gak pernah kayak gini, kalopun sakit paling cuma gelisah aja dan nangis dikit-dikit, begitu digendong dan diayun ayun biasanya Habib jadi diem. Nah...kali ini tangisannya dan jeritannya sampe ngebangunin seisi rumah (Tante Tiara, nyamuk, kecoa, semut, cicak maksudnya, wong gak ada orang di rumah kecuali kami bertiga). Masalahnya gw bingung sakitnya karena apa, Habib kayaknya pengen banget nenen tapi setiap kali dikasih puting dia langsung nangis dan gak jadi nenen, Habib juga kayak kesulitan nelen gitu. Ikhtiarnya sih tetep kita kasih obat penurun panas aja karena belum tau penyebabnya apa. 

Setelah dua hari demam naik turun dan gak mau makan sama sekali, akhirnya di hari ketiga mulai muncul bintik-bintik merah di tangan dan kakinya. Nah...saat itu juga gw langsung vonis kalo Habib kena flu Singapore, karena paginya gw habis diceritain sama temen kantor yang anaknya lagi sakit flu siangapore. Match banget deh deh ciri-ciri penyakit Habib dengan gejala yang diceritain temen kantor gw itu. Beberapa hari sebelumnya juga kan Habib habis berenang di kolam Pusri sedangkan di SD Pusri (menurut cerita temen kantor gw itu) flu Singapore lagi mewabah. Nah...kebetulan waktu itu kan berenangnya di hari Minggu yang kolamnya rame banget sama anak-anak kecil (yang rata-rata anak karyawan Pusri dan sekolah di YSPP Pusri), jadi kemungkinan besar ditulernya dari sana.  

Pantesan Habib gak mau makan, soalnya Flu Singapore ini kan nyerangnya kaki, tangan dan mulut (kalo nama lainnya sih Hand, Foot and Mouth Disease. Coba ceki-ceki di wikipedia). Mulutnya jadi sariawan (cuma dugaan karena sebenernya gw gak bisa liat sariawannya, habis mulutnya mingkem terus. Tapi kalo liat dia takut makan dan nenen, suka jerit tiba-tiba dan ngiler terus, kemungkinan mulutnya lagi gak enak) dan buat jadi susah nelen. Kaki dan tangan jadi banyak bintik-bintik merah, gak gatel sih, tapi merah-merah melepuh gitu. Ihh...gemessss deh liat kaki dan tangannya, berasa jorok aja, apalagi kalo dipegang, berasa pegang parutan.

Kalo kata Habiyah, Flu Singapore ini merupakan penyakit viral yang akan sembuh dengan sendirinya. Tingkat kecepatan penyembuhannya tergantung daya tahan tubuh si anak. Kalo bruntusannya bisa ilang gak?? bisa...tapi untuk bintik-bintik yang melepuh bakal ninggalin bekas. Afah?? Dudududu Bib...itu kaki and tangan ya bener-bener deh...udah penuh sama luka dan goresan sana sini ditambah pula itu bekas bruntusan. Kompelit.... Pegimana mau jadi model nanti kalo kakinya penuh bakat luka semua?? Hadeh....

Cepet sembuh ya Bib, cepet pulih nafsu makannya...
Kami merindukan blusukanmu Mr. Presiden Habibie...*Ihikkk.... ;)

4 komentar:

  1. Duh,
    nama flu sekarang macam macam yah...sudah merambah ke mancanegara gitu flu nya...hihihi...

    Semoga Habib cepat sembuh dan sehat kembali yaaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...dulu juga begitu denger nama penyakit ini langsung ketawa...

      kalo flu kan mikirnya gejalanya kayak hidung mampet, pusing, pilek, dll
      tapi koq ini gejalanya malah kayak sariawan and bruntusan...

      Makasih doanya mbak..

      Hapus
  2. cepat sembuh ya habib. ga kebayang euy sariawan sebanyak itu.

    BalasHapus
  3. iya vi, makasih ya...semoga haziq gak kena, lagi endemi kayaknya, banyak anak-anak yang kena.

    BalasHapus