Selasa, 25 Maret 2014

Nekat Nonton Sirkus

Di Palembang kan miskin sama pertunjukan dan miskin tempat wisata, jadi ini bisa jadi salah satu alternatif pemuas dahaga akan entertaiment *udiknyaaaa....

M : Wah...ada sirkus lagi ayah
A : Nonton kita?
M : Gimana cara?
saling tatap trus ngakak bareng....
 
Teringat kejadian sekitar 14 bulan yang lalu, waktu Habib belum genap dua bulan, kita pernah nekat ngajak Habib nonton sirkus. Ragu juga sih awalnya, tapi karena kepengen pake banget nonton tuh sirkus,  jadi yo weis lah bismillah aja, cuma nonton kan, kalo Habib rewel paling dinenenin aja, rebes pikir gw.

Pas nyampe di PTC karena nontonnya pas weekend, yang mau nonton itu ternyata banyak banget, membludak. Untungnya, pertunjukannya itu malem, walaupun rame tapi ngantrinya gak terlalu bikin gerah karena ada angin semriwir semwriwir, bahkan cenderung dingin. Pas lagi ngantri masuk entrance ada ibu-ibu di sekitar gw yang komen "Owhh...ada bayi", gw sih cengair-cengir aja nanggepinnya, tapi hati ini rasanya gundah gulana, bener gak nih keputusan gw ngajak bayi nonton sirkus.

Setengah jam lagi pertunjukannya akan dimulai, kita masuk ke ruangan, wuaohhh...ternyata panasss puoll bo di dalem gak kayak di luar, ac di dalem belum jalan kalo pertunjukannya belum dimulai. Gw sih dah kebat-kebit takut Habib kepanasan, tapi anaknya masih pules aja tidur. Berkali-kali gw ngelirik ke Habiyah dan berkali kali juga Habiyah nanya ke gw, ngeyakinin diri kita tentang keputusan kita ngajakin Habib. Begitu pertunjukan mau dimulai, suara sound system pembukanya menggema gede banget, dengan sigap Habiyah ngamit tangan gw ngajak keluar sambil nutupin lubang telinga Habib pake jari. Jadi kita langsung keluar deh....Huhuhu...dadah babai duit seratus rebeng. Emang yah...sesuatu yang meragukan itu lebih baik ditinggalin, banyak mudhoratnya 

Nah....sekarang karavan sirkusnya mampir lagi ke Palembang.  Jangan ditanya ya apa gw kapok sama kejadian kemaren? Kapok donk pastinya, tapi gimana donk masih penasaran banget, gw masih penasaran pengen liat gadis plastik yang lentur gemulai kayak yang pernah gw tonton waktu kecil dulu. Habiyah juga masih pengen banget nonton. Kemaren, di jalan waktu balik kantor, gw liat spanduk sirkus lagi, terlintas lah dalem pikiran gw buat nonton, apalagi kemaren Habiyah libur, gak jaga dan gak praktek sore. Yess...pas banget kan, kapan lagi ada waktu begini. Tapi, gimana dengan Habib? apa mau diajak juga? Gw bilang sama Habiyah, "gimana kalo kita pergi berdua aja and Habib dititipin sama Mama?" Habiyah sih langsung setuju sambil senyam senyum ngebayangin kita bakal ngedate lagi. Sejak punya anak, kita hampir gak pernah lagi pergi berdua (kalo pergi kantor bedua gak masuk itungan lah ya). Dulu pernah sih, sekali, waktu nonton pelem Ainun-Habibie di bioskop. Kalo nonton Ainun-Habibie itu emang kita bela-belain, soalnya kita ngefans sama Habibie, dan itu nama Habib juga terinspirasi dari Pak Habibie, mosok ngaku fans Habibie tapi gak nonton pelemnya? Waktu itu Habib dititipin ke wak (karena kalo ada hari libur di luar weekend, wak masih masuk kerja).
 
Setengah hari kemaren gw gundah gulana lagi,  pengen nonton sirkus sambil ngedate, tapi gak berani ninggalin Habib sama mama. Gw belum pernah ninggalin Habib ke orang lain kecuali wak (karena wak kan yang ngasuh dia saban hari, jadi udah tau banget segala hal tentang Habib). Masalahnya kalo gw ke rumah mama, Habib gak mau sama yang lain selain gw. Gw pikir, ini kesempatan nyobain ninggalin Habib ke orang terdekat (biar one day kalo gw mau ngemall dan nyalon-nyalon kan tinggal nitip aje, hehehe). Lagian nitip ke mama ini, neneknya sendiri, gak mungkin kan anak gw bakal disia-siain. Bismillah, akhirnya gw beraniin nelpon mama dan mama nyanggupin. Yesss.....

Pas mau berangkat, tiba-tiba Habiyah jadi ragu.....
A : Kita bawa aja ya Bund Habibnya, koq Ayah gak tega ya ninggalin Habib
M : Emang kenapa? 
A : Dia kan gak terbiasa kalo gak ada Bunda, gimana kalo dia nangis, lagian ini kan udah mau jam tidurnya?
M : Ihh...inilah satnya memulai Ayah, kalo nemplok sama kita terus, nantinya dia gak bisa deket sama keluarga *ngelesss
A : Tapi, ayah ragu
M : Jadi...kita gak jadi nonton sirkus nih? *masem karena udah terlanjur dandan
A : Kita liat ajalah, pokoknya kita ke PTC aja dulu
     * wokeh, minimal gak sia-sia dandannya

Mana senyumnya, Bib?? Mutung gitu...
Sampai di PTC, kita langsung ke arena sirkus. Kebetulan karena hari senin jadi gak terlalu rame. Ngeliat gelagat Habib yang gak begitu heboh gerak sana-sini dan terlihat ngantuk, cucok deh, bisa nih nonton sirkus, paling kalo di dalem dia bakal tidur. Kita beli tiket yang paling murah aka kelas ekonomi (25k/ orang) soalnya berdasarkan pengalaman sebelumnya, semakin mahal harganya semakin depan pula duduknya, yang mana artinya semakin deket sama arena pertunjukan. Gw takut aja kalo tiba-tiba singa, macan atau harimaunya ngamuk. Hueee....sasaran paling empuk kan yang duduk paling depan. Kemaren aja banyak penonton VVIP (yang duduknya paling depan) pada lari ke belakang waktu si singa-macan mau nerkam-nerkam gitu, walaupun ada ring pengaman, tapi itu kan tipiiiis banget, jadi masih sangat-sangat mengancam. Huhuuu...Atuuut...., lagian di kelas manapun tempat duduknya sama kerasnya dan sama panasnya. 



 Waktu pertunjukan sirkus dimulai, Alhamdulillah Habib kooperatif, gak tidur sih tapi gak terlalu heboh juga. Begitu dia mulai bosen, cusss...mulailah dia minta nenen. Kalo bawa Habib emang harus siap tempur, harus pake baju dan jilbab yang busui firendly. Intinya, dia masih belum bisa menikmati sirkusnya (keliatan dari mukanya yang gak tampak antusias dan gak pernah senyum). Hanya pada pertunjukan-pertunjukan tertentu aja dia bisa menikmati, kayak yang ada binatang-binatangnya dan ada api-apinya gitu, selebihnya dia sibuk nenen. Kalo Bundanya, Huii...jangan ditanya deh senengnya. Habiyah juga enjoy, nonton sirkus sambil ngipasin kita pake diapers, yaks diapers. Karena kita taunya full ac, mana kepikiranlah buat bawa-bawa kipas, dan satu-satunya barang di tas yang bisa dipake buat ngipas ya cuma diaper itu. Walaupun di spanduknya ditulis full ac, tapi tetep aja ac-nya gak dingin.

Saking senengnya, gak sempet jeprat jepret, cuma ini yang ada. Atraksi Gajah. Kalo gak salah ini waktu gajahnya mau pura-pura nindih salah satu volunteer, dan volunteernya lari ketakutan.

2 komentar:

  1. huah,,udah duluan aja jeng nonton sirkus. aku baru mau minggu ini ngajakin haziq nonton. itupun dipending karena ayahnya harus lembur *mewek

    oke, noted. nonton sirkus berarti harus bawa kipas yak. tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...ayah habib kan gak bs diprediksi liburnya vi...jadi begitu ada kesempatan langsung cau..

      Saranku :
      1. Masuknya nunggu 10 menitan sebelum dimulai aja, apalagi kalo perginya bukan weekend, gak terlalu rame, bebas milih tempat duduk. Kalo kelamaan nunggu di dalem, pasti gerah banget
      2. Jangan lupa bawa minum, walaupun nanti disana banyak yang jual
      3. Jangan lupa bawa kipas yaaaaa...hehehe...

      Hapus