Kamis, 20 Maret 2014

No Barriers, but respect

Kabita nulis tentang anak magang gara-gara baca postingannya Mamak Ephraim

Disini gw cuma mau say thanks sama anak-anak magang karena mereka kerjaan kita banyak banget terbantu. Bahasa kerennya simbiosis mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan. Mereka belajar di perusahaan kita dan kita pun banyak banget dapet bantuan dari anak magang ini. Maklum di departemen gw kan kerjaannya banyak berhubungan sama dokumen dan orang, dan semuanya harus dilayani dalam itungan menit. Kalo kita sendirian yang mesti ngerjain semua, bisa keblinger kakak....

Para adek magang ini sudah sangat berbaik hati mau bantu-bantu apapun, dari kerjaan remeh temeh kayak nganter surat, ngangkat telpon, ngefax sampe kadang bantuin project yang rumit-rumit, jadinya kita juga harus baik donk ke mereka. Semua orang, dari staf sampe ke GM hormat sama mereka. Mau itu adek magangnya dari SMU kek, D3 kek bahkan S1 juga kita perlakukan sama. Mereka juga jadinya respect ke kita. Apapun yang kita suruh, pasti dikerjain dengan baik.

Kalo mereka alay, wajar lah masih remaja (wong gw yang udah setuir ini pun masih alay). Kalo mereka sotoy, ya harus ditegur donk. Kalo salah, pastinya harus diajarin yang benernya gimana. Kalo nakal, tinggal dinasehatin. Kalo mereka nyebelin pake banget dan gak mempan dibilangin, ya...tinggal lapor sekolahnya atau nilai magangnya kita jelekin. Aman kan... Intinya mah, anak magang yang unyu-unyu itu lagi dititipin sebentar sama sekolahnya buat kita didik.

Kita gak pernah anggep mereka anak magang, tapi kita anggep mereka kayak temen, adek atau anak. Jadi antara mereka sama kita kayak gak ada barrier, kecuali rasa respect. Gak jarang loh anak-anak magang itu cekikik-cekikikan ama kita-kita, heboh bareng, kruntelan sana sini, kadang sampe curhat-curhatan. Kalo kita ada makanan, mereka juga ikut makan. Kalo kita ada acara kantor, mereka kita ajak juga. Jadi mereka merasa kayak sayang gitu ama kita. Buktinya mereka tuh suka banget bawa-bawa makanan ke kantor buat dimakan bareng (cetek banget ya gw menilai sayang  hanya dari makanan, xixixi), trus tiap kali program magangnya selesai pasti ada acara nangis-nangis gitu deh (merekanya aja yang nangis, kitanya sih enggak, secara banyak gitu loh anak magang yang dateng dan pergi), dan gw yakin nangisnya gak dibuat-buat koq, kadang sampe tersedu sedu kayak orang baru ditinggal kawin mendadak sama pacarnya.

Ini hasil karya crochet gw. Bagus kan?? Buatnya diajarin adek magang loh
Gw, adek magang dan kado perpisahan. Dapet kadonya lebih banyak dari yang lain karena gw pembimbingnya. Ahayyyy. Thx yaaa....Luv U to The Max.

Kita juga masih sering keep in touch sama adek-adek magang itu walau mereka udah gak magang lagi, minimal lewat socmed. Kalo ada adek magang yang kinerjanya bagus, begitu kita butuh TKNO, ya pasti mereka yang akan kita prioritaskan. Contohnya nih sekretarisnya Manager dan GM yang sekarang itu adalah ex anak magang yang kita panggil lagi. 

Adek magangnya ikut kita latihan rebana
sama beberapa anak magang waktu meriahin Hut Kantor

Acara makan-makan kantor, adek magangnya pasti ikut donkk....

Oiya, dulu ada salah satu anak magang dari STM. Anak ini aneh banget, kalo disuruh suka linglung, leleto banget dan bawaannya ngantuk mulu. Kalo menurut temennya, si adek magang ini emang punya asma dan gak bisa mikir keras. Ternyata, di sekolah dia juga suka gitu, ngantukan dan gak mudeng. Tapi kalo belajar sih katanya masih bisa ngikutin walau gak nampol banget. Makanya kadang-kadang kita suka ngetawain dia, bukan dengan tujuan menghina sih...tapi lucu aja ngeliatnya habis dimana-mana pasti nge gap dia lagi tidur. Nah...setelah beberapa bulan sehabis dia magang di kantor kita, kita dapet kabar kalo adek magang itu meninggal, dan tau gak meninggalnya karena apa? KANKER OTAK.....ya Allah, jleeeeebbbb.....*speechless....

Kalo anak magang yang kayak diceritain Baginda Ratu mah pasti langsung kita tegor, dan biasanya sih mereka bakal takut dan nurut (apalagi kalo negornya pasang muka jutek bin sangar), tapi kalo karyawan yang berulah, ampuuun deh...susah bangettzzz negornya. Ditegor gimanapun kagak mempan,  nih contohnya :

1. Jongkok di toilet duduk
Toilet cewek di kantor gw kan adanya cuma toilet duduk aja. Nah masalahnya ada ibu-ibu yang gak suka pake toilet duduk karena mereka merasa pake toilet duduk itu jorok, masak pantat dia ditempelin ke bekas pantat orang. Tapi nyeseknya, demi gak mengotori pantatnya, dia malah mengotori pantat wece-wece se lantai 4 (dan plus-plus ngotorin hati dan pikiran kita juga tentunya). Okelah kalo dia mau jongkok di toilet duduk (walaupun tetep aja gak bener), tapi jangan pake sepatu gitu lohhhh...sampe bekas sepatunya terlihat jelas item-item becek gitu di toilet. Ihh...JIJIK. Mana kalo mereka (oknumnya gak cuma satu) habis pipis tuh ya, iih...keluar deh aroma jengkol, pete, kabau. Argggghhhhhh.....Hmm...tadinya gw pikir mereka cuma pake satu toilet itu aja, tapi ternyata semua toilet wece di lantai 4 dikasih cap sepatu semua ama mereka. Grrr....gimana gak geram coba? trussss, gimana kita-kita mau pipis bu??? Dimana hati nurani kalian? Duhhhh...egois bangettt kan mereka??

Gw sih belum pernah negor mereka ya (walau gw sering nge-gap mereka masih dalam posisi berdiri di atas toilet waktu buka pintu toilet), gw paling cuma berani nyemberutin aja. Kenapa gw gak berani negor? Ibu-ibu disini yang seangkatan ama mereka aja gak mempan negornya (gw pernah nyaksiin salah satu ibu marahin si ibu yang jorse itu, bahkan sampe manager cewek pun pernah negor mereka), apalagi gw yang anak baru, gak akan mempan lah, malah pasti akan nimbulin masalah (soalnya gw dah pernah berantem sama salah satu ibu itu, jadi tau banget bakalan gimana endingnya). Ibu-ibu jorse itu udah sering disindir-sindir juga, tapi tetep aja gak mempan.

Jadi...mesti gimana coba negornya, apa mesti kita doain supaya ibu jatoh tergelincir dari toilet? atau kena sakit gak bisa pipis supaya gak pake toilet atau .....(silahkan isi titik-titiknya) *berusaha baik hati...

Jadinya, demi keamanan pantat dan Miss V gw, akhirnya tiap kali mau pipis gw pergi ke toilet lantai 3. Duh...iri deh sama toilet lantai 3 ini, harum-bersih, padahal nih ya di lantai ini penghuni wecenya jauh lebih banyak dari lantai 4, tapi gak pernah ada drama begitu, semuanya sadar akan kebersihan diri dan tentunya menghargai KEBERSIHAN ORANG LAIN.

Oya...sekarang sih di lantai 4 dah ada wc jongkok, dan tebak kakak.....itu wc duduk tetep aja bercap sepatu donk. Ihhh...geraaaaaaaaaammmmm, apa sih maunya mereka??? padahal ya itu ibu-ibu di lantai kita  kan pada gendut-gendut dan gak bisa pake WC jongkok, koq mereka gak empati sih?? atau minimal toleran lah. Gw juga suka kasian liat OB kantor, bolak balik bersihin WC melulu (padahal nih ya si OB itu temenan baik sama si Ibu Jorok, tapi tetep juga dia gak empati sama si Ibu OB dan si Ibu OB juga pasti mangkel deh ama si Ibu Jorok).

2. Gak pernah matiin kran air
Ada juga ibu yang punya penyakit aneh, suka buang-buang air. Tiap kali habis wudhu atau pipis gak pernah matiin kran air. Gw sih udah suka protes, kadang gw ngedumel di depan dia, kadang langsung pasang aksi matiin kran begitu dia keluar dari toilet (dan gw yakin wece-wece lain di lantai gw pun pasti melakukan hal yang sama), tapi gak pernah berubah. Alesannya WC-nya bau, jadi krannya harus dibuka terus *alasan yang gak logis banget kan, kalo wc-nya bau mah diwangiin atuh bu. Coba bayangin kalo seandainya setelah dia ngidupin kran air baru ada orang lain yang masuk ke toilet setengah jam kemudian (dan matiin kran yang dia idupin), bisa dibayangin gak berapa banyak air bersih yang terbuang? *udah bisa ngisi satu gentong tedmond gede donk (mungkin lebih malah secara elmu kiralogi gw kan cetek man), secara dia ngidupin krannya full power dan bisa beberapa kran sekaligus yang dia buka. Itu baru setengah jam loh..., gimana kalo berjam-jam? padahal frekuensi orang-orang ke toilet kan gak sering sering amat *kecuali yang lagi kena diare yaaa..., jadi pastinya dalam sehari itu kran bisa kebuka berjam-jam donkk...Hikssss....

Jadi, si Ibu ini mau digimanain nih enaknya? Didoain rezekinya kering kerontang aja kali yaaaa......karena udah mubadzir ngebuang buang rezeki air bersih, padahal di tempat lain orang sampe perlu menempuh berpuluh puluh kilometer untuk ngedapetin air. 

***
loh...loh...tadinya kan mau ngebahas anak magang, koq malah bahas ibu jorse sih?

6 komentar:

  1. Duh, seru sekali bisa kompak gitu sama para anak magang yah :)
    Kalo si anak magang nya masih bisa dikasih tau baik baik sih yah gak papa lah yaaah...
    Alay alay dikit mah cingcay aja deh :)

    Dan ituuu..kenapa ada ibu2 yang se rese gitu sih di kantormuuuu...
    Sepertinya harus ditindak dengan segera deh :)
    *malah ngomporin*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ery, udah berkali kali ditindak tapi gak mempan
      heran ya, koq gak toleran banget mereka itu

      padahal mereka kan ibu-ibu, yang harusnya ngasih contoh yang baik buat anak-anaknya. Tapi koq kelakuannya begitu, asal gw senang, orang lain merena, cincay lah....

      Hapus
  2. hahaha, adaaaa aja ya kelakuan orang. Bukti ya Nyr, bahwa dunia ini emang penuh dengan kepalsuan--> apaan coba? LOL
    EH, di toilet kantorku juga sama, ih. Dudukannya suka kotor bekas sepatu/sendal. Yg aku masih nggak ngerti, berani ya nangkring begitu, kagak takut jatuh, apaaaa..? Cuman tersangkanya sih emang bukan karyawati lah. Ya salah 1 dari sekian banyak anak PKL itu. Buktinya, pas yg PKL kelar, nggak ada lagi dudukan toilet kotor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. apanya yang palsu mbak? Toiletnya? *gagal paham

      kalo anak magang di kantor kita sih juga sering gitu mbak, soalnya mereka kan kadang-kadang dari daerah gitu, yang mungkin gak pernah pake wc duduk (soalnya gw pernah denger kalo mereka bingung pake klosetnya). Sama ibu-ibu kantor suka diajarin cara pakenya, kalo masih gitu juga, xixixi...biasanya langsung ditegor sama ibu-ibu kantor deh mereka. Dan gw kebagian nontonnya aja.

      Hapus
  3. laah komenku yg kmrn kok ga muncul, hiks hiks. gini deh kalo komen dari henpon, suka raib aja tanpa jejak.

    BalasHapus