Jumat, 07 Maret 2014

Kenapa Mau Punya Anak????

Kenapa Mau Punya Anak???
Pertanyaan ini sampe sekarang gak bisa kejawab ama gw...
nanyanya sih udah lama...waktu gw kena baby blues (kira-kira umur Habib sebulanan lah..)
Gw nanya pertanyaan itu sama habiyah....eh...bukannya dijawab, dia malah balik nanya...
dan habiyah jadi bingung juga mesti jawab apa.

Nah...masalahnya pertanyaan ini kembali menghantui gw beberapa minggu ini...
apalagi pas semalem habis baca tentang andrea yates yang ngalamin postpartum syndrome, yang akhirnya tega buat bunuh kelima anaknya.
ihh...serem...dah tau juga punya masalah secara psikis, tapi koq masih mau punya anak (banyak) kayak susun tangga... 

Kebetulan pertanyaan ini juga ditanyain sama teh Ilma di ITBMH (hasil dari ditanya orang juga sih katanya), dan semuanya tampaknya juga bingung mau jawab apa. Dari segitu banyak yang jawab di komen gak ada satu pun jawaban yang masuk di akal gw..., dibilang fitrah...sampe sekarang gak ada yang nemu dalil yang nyebutin kalo anak itu fitrah. Paling jawaban yang masih gw anggap masuk akal itu jawaban yang ini "karena ybs emang suka punya anak".

Well kenapa gw sampe nanya tentang itu...
soalnya gw mikir...anak manusia ini kan yang paling susah ngurusnya..dan paling lama maturenya
gak cukup cuma sampe ngurusin nyebok, makan dsb...
kita juga mesti kerja keras buat muasin lahir dan batinnya
mesti kasih pendidikan yang cukup...
kasih perhatian yang cukup...
kasih makan yang cukup...
sampe waktu yang belum bisa ditentukan..
bisa jadi sampe 18 tahun, 25 tahun bahkan ada yang sampe udah tuir-tuir pun masih jadi parasit ortunya
dan gak ada satu dalil pun yang bilang kalo punya anak itu dijamin masuk syurga kan?? salah dikit aja dalam mendidik anak, malah bisa jadi jalan neraka buat orang tuanya..naudzubillah mindzalik
baru salah dikit ya...apalagi kalo salah banyak... 

Trus...gw juga suka mikir...tuh orang tua koq mau ya direpot-repotin masalah anak...
mesti kerja keras banting tulang buat menuhin kebutuhan anak...sampe kadang (kalo gak dibilang selalu) mengesampingkan kebutuhan pribadinya (Kayak gw nih contohnya, sejak punya anak gak bisa jalan-jalan, gak bisa beli baju baru, tas baru, nyalon-nyalon....xixixi...cuma segitu doank ya banting tulangnya Nyr). Dan gak sedikit juga yang bahkan berkorban besar-besaran demi anaknya. Padahal kalo seandainya dia gak punya anak...kan lebih enak tuh...gak perlu repot ngurusin anak dan uang kerja kerasnya bisa dia nikmatin sendiri sepuasnya dan yang pasti bisa jadi orang bebas sebebas bebasnya. 

Okeh sembari gw nyari jawabannya...
sembari itu juga gw sedang berfikir untuk nambah anak lagi..
wew...
entahlah...ini pikiran pengen punya anak lagi ini bukan karena ikut-ikutan ya...
walaupun gw belum nemu hakikat pertanyaan gw itu...
tapi sementara menurut gw yang namanya "anak" itu emang kebutuhan deh kayaknya...
walaupun ngurus si Habib itu capek..capek...dan capek...
dan banyak ngeluarin duit...duit..duit...
tapi herannya, gw ngerasa bahagiaaaa banget punya Habib (beneran bahagianya gak bisa diungkapin dengan kata-kata). Dan gw dengan sangat bahagia pula menggelontorkan duit seberapapun demi anak. Itu baru satu anak...apalagi kalo punya dua..."mungkin" akan lebih bahagiaaaa lagi...
Mungkin gak perlu alasan kali ya untuk punya anak...

Kamu...kenapa kamu mau punya anak???
Trus...kenapa juga orang mau punya anak banyak ya???

Cukup dibayar dengan senyum begini...semua capek dan bokek Bunda langsung ngacir Bib....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar