Selasa, 11 Maret 2014

Mabok Duren

Kepala gw dua minggu ini puyeng banget deh..
kalo ke dapur bau duren, buka kulkas semerbak bau duren; makanan di kulkas semua jadi rasa duren; di meja yang tersaji kolak duren, duren duren duren duren..
Mulut misua gw....bau duren.....
Ampun deh Mabooook....

Ini gara-garanya pas pulang kampung ke pagaralam dua mingguan yang lalu. Sepanjang jalan dari lahat ke pagaralam penuh dengan orang jualan duren. Baunya pun semerbak. Pas perjalanan pulang, gw sih masih berhasil lah meyakinkan Habiyah untuk gak beli. Tapi tetep aja begitu nyampe pagaralam ada aja yang bawa oleh-oleh duren sekelontong (sekitar 18 biji). Yaaa....mana bisa lagi gw ngelarang Habiyah makan (walaupun makannya sambil dipelototin ama gw). Begitu pulang ke Palembang, akhirnya luluh juga hati gw ngebolehin Habiyah buat beli duren di jalan dan bawa pulang. Ya ampun....sepanjang perjalanan itu bau durennya bener-bener buat gw pusing tujuh keliling ditambah dengan demam dan batuk gw yang lagi radang-radangnya. Tapi ternyata penderitaan gw gak sampe disini aja, besoknya mertua gw bawa duren pula ke Palembang. Gak banyak sih cuma 3 biji, tapi durennya booo...gedeeeeeeeeh banget. Yang dibawa kemaren aja masih banyak ehh...malah nambah lagi durennya. Durennya dikupas dan disimpen di kulkas...dan...dan..dan dibiarkan terbuka gitu aja, gak ditutup rapet. Ya ampun....jadinya semua makanan di kulkas bau duren dan rasa duren. Segitu kuatnya ya si duren ini....

Ehh...pas malem minggu kemaren Om jang dateng ke Palembang dan coba tebak bawa apa? apalagi lagi lah kalo bukan duren. SEKARUNG...
Ya Allah....tolonglah hambamu ini dari kepungan serangan duren....

Ini duren yang tersisa...begitu mertua pulang langsung gw kasih ke wak dan mama. Kalo masih banyak pun, pasti bakalan cepet-cepet gw bagi ke orang-orang. Mabok duren....

Tahun ini sih penderitaan gw lumayan pendek lah kalo dibanding tahun-tahun sebelumnya, cukup dua minggu saja, itu pun dah menderita banget. Soalnya mertua gw dah mulai membatasi diri gak makan duren banyak dan gak beli juga (kecuali yang tiga biji gedeh itu). Kalo tahun sebelumnya...ya ampun...kalo lagi musim duren, tiap kali ke Palembang selalu bawa duren sekarung. sekali lagi SEKARUNG. itu sekali pulang ya...dan hampir tiap 1-2 minggu sekali pulang ke Palembang. Kebayang kan gimana maboknya gw. Dan diantara berkarung karung duren itu gak satu biji pun gw makan. Ya karena emang gak terlalu suka duren, suka eneg sama bau mulut dan tangan kalo dah makan duren plus gerd gw gak ngebolehin gw makan duren. dan untungnya juga...si Habib gak suka duren, tiap kali gw mau kasih dia selalu nolak. Dan sepertinya Habib juga gak tahan sama bau durennya.

Ohhh...duren...cepatlah berganti musim duku atau mangga....

4 komentar:

  1. waaaah.... siniii siniin aja daripada kamu mabok.... hahaha...
    tapi kebayang sih kalo di mana2 bau duren kayanya sih emang eneg juga kali yaa...

    BalasHapus
  2. wahh...iya ya mbak tituk kan suka duren..
    tadinya sih aku pengen eksekusi resep es krim durennya mbak tituk..
    tp udah terlanjur eneg duluan liat duren dimana mana...
    apalagi semua makanan di kulkas jadi rasa duren loh mbak gara-gara durennya dimasukin kulkas.....

    BalasHapus
  3. ih,,aku juga ga suka duren nyr. mual cium baunya. tapi kalo kolak duren dan tempoyak, aku suka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya vi...
      wah...aku gak begitu suka yang berbau bau duren...
      tp dulu pernah suka makan pepes ikan pake tempoyak di suatu rumah makan gitu, tapi sayangnya sekarang dah tutup...
      kalo yg lain, masih gak tahan euy baunya...

      Hapus