Jumat, 07 Maret 2014

S4 ASIX....GO GO GO

Udah tanggal 7 Maret ajah nih cyiinn...
artinya hari ini Habib ulang bulan...
dan sekarang...taraaa...udah 1y8m
4 month to go for MBT (Masa Bebas Tugas) Alias WWL (kalo gw dan Habib nya udah rela sih ya...kalo belum rela?? bisa jadi enam bulan, setahun atau???)
Bersyukur banget...gak nyangka aja bisa kasih ASI Ekslusif ke Habib selama 20 bulan...
walaupun banyak dramanya (kayak yang saya ceritain  disini, dan ternyata itu hanya perjuangan di awal aja...
sampe sekarang yang namanya ASIX itu perjuangan panjang ternyata)
di umur 11 bulan, Habib dah gak mau minum ASIP lagi...mau nya nenen langsung...
jadi sejak itu gw gak pernah mompa lagi, kecuali kalo lagi dinas..
Alhmdulillahnya, gw bisa pulang waktu istirahat siang, jadi Habib masih bisa catch up minum ASInya
Gw sih asyik-asyik aja waktu Habib gak mau minum ASIP lagi karena artinya kan gw gak mesti mompa lagi, jadi gak lagi dimarah marahin pak bos karena suka ngilang di jam kerja, makanya sekarang kerjanya lebih produktif.

Taraaaa...ini dia ruang laktasi kami......Bagus kan?? nyaman bangeeet...kursinya empuk loh. Disini kami merahnya shift-shiftan...tapi kalo lagi rame...penuh tuh berjejer ibu-ibu perah.

baru ketauan kan ini dimana?? (nongol deh bayangan toilet di belakangnya). Ruang laktasi kami adalaaaahhh...WC lantai 6 saudarah-saudarah....hehehe. Tapi ini tempat paling cozy menurut kami karena di lantai ini penghuni ceweknya cuma 5 orang, dengan dua orang busui dan tiga orang lainnya orang yang pro ASI. Disini juga biasanya kami sharing-sharing masalah anak dan tentunya apalagi kalo bukan ngegosiiiipp...jadi lama deh sesi mompanya...hahaha
Nah loh...bingung..., yang mana peralatan tempur punyaku?? Dulu suka ketuker tuker printilan breastpump nya...soalnya hampir semuanya pake si medela swing, si BP sejuta busui...

Gw juga bolak balik sering sakit...
kayak sekarang nih...udah dua minggu lebih radang tenggorokannya belum sembuh-sembuh (bahkan tadi pagi dahaknya udah berdarah-darah)
Habiyah setiap mau kasih obat selalu kepusingan karena bingung cari obat yang busui friendly...
jadi aja kalo gw dah mulai sakit pasti sembuhnya lama karena emang gak bisa makan obat, plus nutrisi ke tubuhnya juga kurang karena belum bisa makan buah atau vitamin c dkk 

Sebenernya Habib gak ASIX banget sih...dah gw coba-coba sapih ke sufor...tapi si Habib gak mau. Dah berbagai merk dicoba, tetep gak mau. Sekarang Habib dah mulai mau minum UHT, tapi yang ada rasanya, rasa coklat atau stroberi. Awalnya Habib cuma mau minum sesendok dua sendok doank...sekarang sehari bisa habis dua kotak ultra mimi. Tapi gak gw kasih tiap hari sih...

Kuantitas?
Alhamdulillah kuantitasnya masih banyak, kadang masih suka rembes di bra, atau kadang kalo lagi mandi sore ASInya sampe netes-netes padahal jaraknya hanya sekitar 4-5 jam dari dinenenin Habib terakhir.Masih suka lah ngerasain yang namanya LDR..nyut..nyut..nyutt....
ALHAMDULILLAH...

kalo lagi dines juga, pas gw liat hasilnya masih sama seperti yang dulu...
*hahaha...bangganya...padahal kan kebutuhan Habib dah jauh bertambah banyak, koq ente malah bangga sama produksi ASI yang samaaaaa sih Nyr
ohh...iya donk...harus itu...soalnya gak banyak juga emak-emak yang ASIP nya udah menurun di umur anak segitu *bahagia melihat orang lain susa.

Laper VS Nafsu
Sampe sekarang gw makannya masih bar-bar banget lah...
entah ini pengaruh karena masih nyusuin atau karena nafsu makannya tinggi..
gak bisa liat makanan nganggur, pasti dah gw bantai..
pokoknya makanan orang kantor habis gw embat... 
kalo gak makan dalam tempo dua-tiga jam...gw jadinya lemesss banget rasa mau pengsan..
habiyah ampe geleng-geleng liat porsi makan gw...
dah makan nasi sepiring...sejam dah laper lagi...
Berat badan???
naik lah...tapi masih dalam batas aman...dan sampe tadi pagi masih denger beberapa orang bilang..."wah..langsing ya mbak Nyra" *bangga setengah mati....hahahaha
wah...mereka gak lihat gelambir-gelambir gw sih ya *inilah salah satu keuntungan berjilbab kan? tak akan nampak itu lemak-lemak yan menyakitkan mata dan hati
dan akhir-akhir ini gw mulai khawatir ama kenaikan berat badan...karena iyess...dalam seminggu aja dah bisa naik banyak...padahal kan nuruninnya susah banget cyiinn....

WWL
Habis baca tulisannya mbak Chi tentang Pengalaman WWL, waduh ternyata susah juga ya...
sebenernya sampe sekarang gw masih menimbang-nimbang nih buat nyapih di umur 2 tahun nanti
soalnya buat gw...saat-saat menyusui itu bener-bener masa membahagiakan...
walaupun ya...ini badan rasanya remuk-remuk karena Habib nenennya juga dah barbar banget...injek sana injek sini...tarik puting sana sini, gigit sana gigit sini....hadeu...
tapi kalo gak dinenenin Habib...jadi gimana gituuuu....kangeeeeen bangeeet...

Selain itu gw juga masih puyeng banget dalam masalah dunia "persusuan"
ada yang bilang susu itu bagus ada yang bilang gak bagus untuk tubuh...(maksudnya susu sapi)
trusss...sekarang kan lagi heboh ama susu kambing tuh..pengen sih nyobain...
Konon katanya susu yang dimaksud sama Rasul itu ialah susu kambing (make sense sih karena emang di zaman rasul kan gak ada sapi di Arab sono...tapi unta dan kambing)
tapi di Palembang dimana coba cari susu kambing seger?? (katanya mesti yang seger nih, kalo dah jadi bubuk kan proteinnya dah banyak yang rusak karena pengolahan. Trus masalah baunya gimana?? *u know lah kan bau kambing gimana?)

Entahlah...gw belum khatam baca tentang "persusuan" ini dan masih awam banget lah...
Semoga nanti dapet pencerahan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar