Senin, 19 Agustus 2013

Brand New Me : Try to Be Focus

Dari dulu saya ini tipikal orang yang "maruk" alias serakah, pengennya ikut banyak kegiatan, karena saya emang sangat suka dengan "kekuasaan" dan punya banyak teman. Serasa jiwa saya hidup gitu loh kalo dibutuhin orang dan sebagai salah satu cara saya mewaraskan kepala saya yang penuh dengan ide-ide dan keinginan-keinginan. 

coba nih liat kegiatanku waktu SMU
1. OSIS, cuma jadi anggota sih (seksi kepemimpinan dan bela negara gitu kalo gak salah). Waktu itu sempet jadi calon kuat buat jadi ketua seksi, tapi ternyata gender itu pengaruh banget, karena saya cewek dan si calon lain itu temen satu genknya ketua OSIS, makanya saya akhirnya tersingkir, gak cuma tersingkir gak jadi ketua, tapi akhirnya tersingkir juga di setiap program seksi saya.

2. KIR, jadi wakil. So happy kerjasama sama ketuanya ini, dan akhirnya kita jadi temen deket.

3. Teater, jadi wakil juga. Happy banget disini, walaupun termasuk eskul yang hampir mati dan sedikit peminatnya, tapi kita berhasil membuatnya jadi eskul terkenal se-Dallas raya. Pertunjukan parodi kita selalu dinanti-natikan di setiap moment yang diadain di sekolah, sekaligus berhasil membuat kita jadi artis yang terkenal se Dellas Raya. Tapi ya itu...melelahkan sekali karena bener-bener menyedot energi dan waktu.

4. PMR, again tersingkir lagi jadi ketua karena saya CEWEK, jadi cukup dijadiin sekretaris saja. ketuanya sama dengan ketua seksi saya di OSIS. Tapi bersyukur sih karena ini eskul baru yang banyak mesti diurus dan dibangun, jadi yow yow yow...kita bantu dorong aja ya mas bro....

4. Sempet ikut ke Paskib juga, tapi keluar gara-gara gak sreg sama seniornya yang ajaibnya pada sok semua (sampe sekarang pun masih rasa pengen nyabein itu mulut-mulut mererka). pyuh....., saya juga gak tahan sama latihannya yang di tengah siang bolong itu dan koq saya pikir banyak gak masuk akalnya.

jadi kerjaan saya ngapain sih selama sekolah? ya mainnnnn.....hahahaha....hampir kagak pernah belajar, kalo pun masuk kelas ya tidur, atau ngobrol atau ngelamun. Sering banget saya disindir guru di depan kelas karena sibuk merepet waktu mereka nerangin, atau dicubit karena suka gak buat Pe Er, atau dilaporin guru ke ortu karena suka kabur dari kelas. Lebih banyaknya saya izin keluar kelas dengan alasan eskul sih kalo saya gak suka atau bosen dengan pelajarannya (itulah untungnya punya banyak eskul, jadi punya banyak alasan kan?). Saya gak suka hampir semua cara guru saya mengajar di SMU (kilse banget alesannya ya?) jadi ya saya buat cara sendiri untuk enjoying the learning process, xixixi, toh akhirnya saya berhasil lulus juga kan dari SMU dan lumayanlah bisa lulus SPMB dengan PTN fav pula.

Tapi sifat "maruk" saya ini makin menjadi waktu saya kuliah, gile bener di kampus saya itu eskul-nya bejibun dan bener-bener menarik hati saya. Eskul (red : Unit Kegiatan Mahasiswa) nya emang keren-keren banget sih, dikelola dengan serius dan profesional, jadi kalo ikut lomba unit-unit itu suka menang bahkan sampe di luar negeri sekalipun. Kalo unit yang terkait sama profesi kayak fotografi, musik dll ya bener-bener bisa jadi path lain selain jurusan yang kita ambil. Banyak loh lulusan Ganesha yang akhirnya malah jadi musician atau fotografer atau programmer, pokoknya profesi yang gak sesuai ama bidangnya, ya karena dibina di unit-unit ini. Di awal-awal bahkan hampir saya ikutin semua tuh eskul, toh saya pikir nanti akan terseleksi alam juga. Ini diantaranya unit-unit hasil seleksi alam yang masih tetep saya ikutin :

1. GAMAIS (Keluarga Mahasiswa Islam)
Disini saya cuma jadi anggota sih, tapi lumayan sibuk karena sering jadi panitia event-eventnya. Lumayan sibuk karena ujung-ujungnya panitianya 4L (lu Lagi Lu Lagi).

2. PUSTENA Salman (Pusat Teknologi Tepat Guna)
Aih dari namanya kayak high tech gitu ya...gak high tech juga sih tapi lebih ke penerapannya yang tepat guna. Isinya pada cowok semua. Sekrenya? Busyet deh bau banget dan berantakan banget. Akhirnya suka kita pelesetin kepanjangan Pustena jadi Pusat Tempat Narok Sampah, hahaha. Saya paling aktif disini karena temen-temennya menyenangkan, pada lugu dan lucu gitu sekaligus obrolannya suka nyampah . Fungsi saya disini apaan? ya...sesuai sama bidang saya, yaitu di pembinaan dan kaderisasinya. Urusan teknologinya...hahahaha...tetep we...saya mah tetep gaptek tingkat dewa. Gapapalah ya, yang penting itu orang-orang melek teknologi pada nurut sama saya semua. hihihihi.

3. Aksara Salman
Disini sih sebenernya unit belajar menulis dan berfikir kritis karena selain nerbitin buletin Kronika setiap minggunya, sering juga ada kajian-kajian filsafat, obrolannya pun berat-berat. Dari sini saya baru tau tentang buku-buku yang bahasannya berat-berat. Kalo untuk nulis? Hahahaha....saya suka kabur dari jadwal menulis di Kronika euy, keliatan kan dari tulisan dan gaya bahasa saya yang ancuuuuuuuuuuuuuuuuur bangeeeet.
4. MTI (Himpunana Mahasiswa Teknik Industri)
Ini paling susaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah masuknya (keliatan dari panjang huruf A). Kalo di Ganesha masuk ke himpunan jurusan itu susahnya minta ampun. Gila-gilaan ospeknya. Hampir tiap malem di tengah malem buta ditengah hawa dingin bandung di bawah terpaan hujan deras, kami harus lari-lari pake ponco. Belum lagi latihan fisik dan mental lainnya. Hadeh...tapi ternyata capek osjur ini gak seberapa booo dibanding capeknya di tingkat dua, tiga dan empat kuliah. Rasa remuk semua badan....tapi herannya koq kita happy-happy aja ya? Prinsipnya...Study Hard, Party Hard.

5. MITI (Mahasiswa Islam Teknik Industri)
Yeyeye....pasti harus aktif donk disini, cuma gak sesibuk di GAMAIS

6. LMS
Nah..disini saya juga cukup aktif karena emang baru dibentuk waktu saya di tingkat 4 kuliah gitu yang mata kuliahnya udah sedikit. Disini saya arrange program gitu, diantaranya : Parenting Class, Kelas Pra-Nikah, seminar-seminar tentang parenting, Baby care taker dan program sekitaran pemberdayaan muslimah. Ilmunya kepake banget waktu saya dah nikah dan punya anak. 

7. KOKESMA (Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa)
Disini saya jadi ketua seksi promosi di Div Kantin karena Kokesma mengelola salah satu kantin di kampus. Aih...lumanjen susyeh juga ya ternyata punya kantin : mesti atur menu yang sebareg, survey dan belanja bahan baku, ciptain menu baru, promosi kantin, ngurusin sanitary-nya, ngurusin cash flownya, ngurusin karyawannya, ngurusin complain dll. Haih...tapi kekeuh suatu saat pengen punya rumah makan juga. 

8. STEMA (Studi Teater Mahasiswa)
Anggotanya sedikit dan jarang diminta tampil, jadi ya...rada gimana gitu ya. Kebayang kan isi unit ini cuma 4 orang sajah saudara-saudara : saya dan ifah para pemainnya, hendra yang ngatur panggung dan lighting, ipit yang ngelatih dan buat konsep. Mengingat saya dan ifah tipikal emang yang banci tampil and suka joget-joget geje (ini mah kalo cuma di kamar kosan doank ya. kalo lagi berdua kita suka pasang musik kenceng-kenceng terus nge-dance gitu deh, hahahaha) jadinya kita suka-suka aja tuh kalo kita mulu yang tampil, xixixixi.

9. ISO (ITB Student Orchestra)
Saya termasuk salah satu founder (enggak juga dink...lebih tepatnya mungkin anggota pertama yang masuk). Waktu itu masih sedikit anggotanya, jadi ya orang yang main biola-nya gak gape kayak saya pun pasti akan ikut mentas). Sayangnya saya gak fokus disini, suka kabur kalo latihan (karena latihannya malem dan suka mepet waktu mentas) makanya skill jadi gak nambah-nambah, bahkan mungkin sekarang dah pada lupa semua. Lama-lama akhirnya saya tersingkir juga sih karena lama-kelamaan unit ini banyak peminatnya dan udah pada profe gitu deh mainnya, salah satunya si Gilang Ayunda yang sekarang jadi presenter Metro TV (penting ya disebut, hahahaha, penting donk biar eksis). Jadi dalam hitungan 2 tahun sajah unit ini dah berkembang pesat. Dududu...saya bener-bener kangen maen biola jadinya, kangen mentas dan kangen nonton konser-konser ISO atau konser musik klasik lainnya. Oya...alumni ISO ini termasuk sukses-sukses loh dan cerdas-cerdas karena rata-rata IPK-nya pada gedeh-gedeh (excluding me yah tentunya), jadi saya sepakat korelasi antara musik dan kecerdasan itu erat. Makanya nanti saya happy banget kalo Habib punya kecenderungan ke musik juga, walaupun Habiyah gak begitu setuju kalo anaknya suka musik.

Selain di atas, masih banyak eskul yang saya ikutin dan akhirnya jatuh berguguran terseleksi alam, kayak Unit Kebudayaan Jepang, trus apa lagi ya??? hahahaha...saya sampe lupa sendiri pokoknya saking banyaknya.

Belum lagi event-event yang kepanitiannya insidental, saya suka ikut juga. Pertanyaan lagi...jadi saya kapan belajarnya waktu kuliah? GAK PERNAH, bahkan kalo ujian pun saya udah stres duluan (kalo dah stres gini obatnya ya cuma tidur pastinya). Kalo di kuliah kebalikannya, hampir semua dosennya saya suka, cara mengajarnya juga saya suka, mata kuliahnya fifty-fifty deh sukanya jadi saya lumayan rajin kuliah (dengan tetep ngitung jatah bolos loh ya, rugi kalo gak diambil), tapi ya itu masih sangat tergoda donk untuk main-main. Jujur dengan tugas jurusan saya yang sebareg itu ditambah dengan unit-unit saya ikutin itu saya sangat kewalahan, tapi saya gak pernah kapok. Alhasil IPK saya cukup lewat level selamat, gapapalah toh gak mau jadi dosen ini (ngelesssss).

Saya juga suka nyari duit selama kuliah, maklum kiriman emak kagak cukup euy. Pundi duit saya itu lewat ngajar les privat, ikutan proyek dosen and waktu tingkat 4 gitu sempet kerja di konsultan. Kalo ngajar, wew...bener-bener butuh perjuangan karena rumah anak yang mau saya ajar emang bener-bener jauh. Yang paling enak itu waktu saya mulai kerja di konsultan : jalan-jalan, dapet duit, makan enak, kerjanya? sebanding lah ya....

Dengan kegiatan yang sebanyak itu, saya juga masih gaul koq (ini mah wajib lah yaw) : masih suka karokean, nonton bioskop, wisata kuliner, jalan-jalan, nonton drama korea dan dorama jepang, serial-serial amrik, nonton konser, ikutan seminar, dll.Pokoknya saya update banget saya film dan lagu-lagu terbaru.

Kalo jalan sama saya, banyak yang gak suka, soalnya saya suka nyangkut, banyak yang mesti di dadahin, disapa, diobrolin, xixixixi.

Saya juga sempet ikut les bahasa jepang, itali dan arab. Kalo bahasa jepang mungkin hiragana katakananya dan beberapa kosakatanya kayaknya masih inget (kayaknya loh ya...). Kalo bahasa arab dan itali? huuuuu jangan ditanya deh....udah nguap dari jaman dahulu kala. 

MARUK after married
Hohoho...dulu waktu mau menikah sempet terjadi perdebatan sengit dengan calon suami tentang masalah "maruk" ini. Habiyah gak suka dengan saya yang terlalu banyak kegiatan dan seperti tidak fokus. Saya tipikal berfikir random sedangkan Habiyah tipe yang fokus banget. Tapi setelah saya renungi, sangat benar apa yang Habiyah ingatkan ke saya, dari sekian banyaknya kegiatan saya itu apa sih yang jadi "BRAND" saya? ketika nama saya disebut, apa sih yang orang kenal tentang saya? jangan-jangan : GAK ADA dan GAK PROFE. Trus dari segi hasil, ada gak yang optimal? Hehehe...jawabannya emang bener GAK ADA karena emang semuanya setengah-setengah.

So...How about now?
I'm trying to be focuss deeply, to be more and more professional sesuai dengan passion saya.
Sejujurnya saya belum bener-bener menemukan passion saya sih (hadeh udah umur segini masih gak tau passionnya dimana, kemane aja lu Nyr?? glek..glek..glek..)

Sementara lagi cari cari tuh passion saya yang gak tau lagi sembunyi dimana, lebih baik sekarang saya belajar fokus mengurus keluarga saja : pengen masak dengan profesional, mengurus suami dengan profesional, mengurus rumah dengan profesional, dll. Dan ternyata saudara-saundara, mengurus rumah tangga itu jauhhhhhhhh lebih capek dan lebih sulit dibanding mengurus organisasi-organisasi saya dulu yang sebareg. Kalo dah dapet Surat Keterangan IBU PROFESIONAL dari Habiyah. baru deh lanjut ke kegiatan maruk lainnya.

2 komentar:

  1. gile nyr.. banyak banget emang kegiatannya. aku aja sampe melongo liatnya. badan pasti rontok klo aku mah. tp di antara itu, aku paling suka dengan resolusi barunya nyr. be focus to family. ganbatte!!!

    btw soal passion, aku jg masih belum nemu kok passionku apa. kerajinan tangan? blah. masak? lebih kyk kewajiban gt. sesuatu yg berhubungan dgn pekerjaan? ini malah lebih terpaksa lagi. jadi, apakah kita ini ibu2 ababil krn ga punya passion? hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha..saya aja ampe kaget liat listnya, ternyata emang banyak banget ya? huhahahaha...parah...

      nah...masalah passion ini sebenernya penting banget karena ya itu yang akan jadi BRAND kita, tapi ya gimana ya kalo belum nemu dimana passionnya. Sempet mau ikutan talent maping sih, pas juli kemaren ada promo harga jadi 300rebu, berhubung mau lebaran yg butuh banyak persiapan, ya ditunda dulu ajah.

      Hapus