Senin, 12 Agustus 2013

Habib 13m : Pengakuan Dosa

Tanggal 7 Agustus kemaren Habib tepat berulang bulan ke 13. Si batita satu ini makin lucu and menggemeskan aja. Oya...akhirnya seminggu kemaren saya ngerasain juga yang namanya GTM. Ampun dah pengen nangis guling-guling rasanya tiap apapun yang saya kasih berhasil dilepehin atau pasang aksi tutup mulut gitu. But well...kemaren dah mulai berhasil mau makan lagi, setelah saya buatin bubur kacang hijau dan masakin bubur lembut (lagi). Hmm...tampaknya Habib males ngunyah, jadi kalo dikasih nasi atau nasi lembek kalopun masuk mulut tapi didiemin aja di dalem mulut, sampe bermenit-menit kemudian baru dikunyah. Haiyaaaaa....anakku....ada-ada aja deh....

Btw...saya buat pengakuan dosa dulu deh, apa aja dosa-dosa saya selama 13 bulan kehidupan Habib.

1. Full Diaper
Sebenernya sih saya dah beli clodi, tapi ternyata saya gak kuat nyucinya euy. Kalo cuma pipis aja sih gak papa, tapi kalo dah cuci ee'-nya, ampun deh.....Jijiiiikkk....Apalagi clodi kan perwatannya susah : mesti distriping lah, detergen khusus lah, nodanya gak gampang hilang, gak boleh disikat, dll. Pokoknya mestakung banget alasan saya gak jadi pake clodi. Really Deeply Sorry to The Earth for The Diapers Waste.

Waktu umur 6 bulanan Habib dah mulai saya tatur, tapi cuma di hari sabtu minggu dan waktu mau tidur. Cukup berhasil karena setiap kali saya bawa ke WC untuk pipis, Habib pipis. Cuma kayaknya wak masih keberatan kalo seandainya no diapers at all. Soalnya selain ngasuh Habib, wak juga mesti ngerjain kerjaan yang lain dan saya kan masih tinggal di rumah mertua, jadi gak enakeun kalo seandainya rumah jadi bau pesing. Saya-nya juga gak terlalu tough sih (karena dulu saya masih suka muntah-muntah dan pusing), makanya program taturnya akhirnya berhenti dan belum dimulai-mulai lagi sampe sekarang. 

2. ASIX, tapi...
Kayak yang saya ceritain disini, ASIX saya kandungan enzim lipasenya tinggi. Kalo dah masuk kulkas ASIP-nya jadi rasa sabun gitu karena lemaknya cepet dipecah, jadi mesti dipanasin 70 dercel buat matiin enzimnya (discalding). Kalo udah discalding gitu, gizinya kan jadi berkurang. Hiks...sedih banget rasanya, tapi mau gimana lagi dunk, nature-nya udah begitu.

Saya juga gak strive banget buat kasih ASIX, karena kondisi kesehatan saya. Sebenernya sih sayanya kuat, tapi enggak dengan Habiyah. Habiyah cepet kasian liat saya. Waktu itu kondisinya emang lumanjen menengangkan, saya muntah-muntah hampir tiap malem, gak bisa tidur, Habib mau nenen terus sepanjang malem, Habiyah jarang ada di rumah, saya juga cuma bisa makan bubur. Alhasil saya suka drop. Kita cobain Habib minum sufor, tapi (Alhamdulillahnya) gak berhasil, Habib gak mau. Sempet mau minum sufor waktu saya beberapa hari dirawat di RS, tapi gak saya lanjutkan.  Padahal waktu itu stok ASIP saya lumayan banyak di kulkas, tapi kita sih mikirnya waktu itu mau sekalian nyapih Habib karena takut kondisi kesehatan saya drop lagi. Tapi ya gitu deh, saya-nya gak mau kehilangan momen paling membahagiakan saat menyusui anak dan saya juga males bangun tengah malem untuk ngeracik sufor apalagi dengan tipikal Habib yang sering banget terbangun malem-malem, pyuh...pasti melelahkan sekali kan kalo harus kasih susu botol.

Sejak Habib umur 11 bulan saya udah gak pumping lagi. Habib udah mulai ogah-ogahan minum susu dari botol. Kalo ditinggal kerja, 50ml pun gak habis. Jadi, daripada hasil pumping saya terbuang percuma, mending saya bela-belain pulang tiap hari buat nyusuin Habib.

3. MPASI
Saya gak full MPASI rumahan. Kalo saya gak sempet masak pagi-pagi, ya saya kasih Habib biskuit sun regal atau milna atau farley. Sangat diusahakan no gulgar, tapi ya gak bisa gak samsek karena kadang-kadang ada aja yang ngasih Habib makanan selain yang saya siapin, misalnya tiba-tiba saya liat neneknya lagi ngasih Habib makan bolu. 

Makanan pun gak terlalu bervariasi, bisa dibilang saya masih keteteran dalam hal menyiapkan perMPASI-an. Alhamdulillahnya Habib gak picky eater dan gak bosenan sama masakan Bunda-nya yang itu-itu aja. Hehehehe

4. Esmosi
Gak mungkinlah ya kalo saya gak pernah marah sama bujang saya ini. Hal yang paling buat saya esmosi itu sampe sekarang adalah saat-saat nyebokin atau nyuci tanggannya Habib. Ya Allah susah banget deh...itu badan menggeliat-geliat kemana-mana. Pokoknya kalo habis nyebokin saya mesti tarik nafas panjang-panjang dan beristigfar ria deh.

5. Kepala Peang
Kalo ibu-ibu yang liat kepala Habib, pasti langsung komentar : " Nih ibunya pasti males sampe anaknya kepalanya peang gini". Apa?? itu ibu-ibu bener-bener minta dicubit satu-satu deh. Saya mah dah berusaha banget donk pastinya supaya kepala anak saya bulat sempurna, tapi apa mau dikata kepalanya akhirnya tetap peang juga, dan itu peangnya ampun deh parah banget, bener-bener gak beraturan, sampe bingung sebenernya peangnya karena apa. Dibilang karena suka tidur miki or mika aja, tapi sebelah lainnya juga gak beraturan, trus bagian belakangnya jadi kayak pake konde gitu. Duh anakku maafkan Bundamu ini ya, Bunda udah berusaha semaksimal mungkin tapi dirimu berkehendak lain. Yo weislah...kepala udah terlanjur peang, tinggal kita atur aja haircut mu nanti...biar gak tampak peangmu itu dan kita cari model yang semakin memancarkan aura gantengmu.

3 komentar:

  1. kalo ini disebut dosa, dosaku lebih bejibun nyr. hehe...
    haziq, udah campur sufor skrg. smua makanan orang dewasa sudah masuk (termasuk instan dan berpengawet), kepala peyang. lah kok malah jadi bangga?

    take it easy nyr. aku sih sadar ga bisa perfect. yg penting haziq bahagia dan akunya juga tetep waras. haha.. (klo mau diikutin smua, bisa2 hidup ga santai)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kan cuma pengakuan vi...
      salah satu cara untuk mewaraskan diri

      masih panjang perjalanan ya ternyata...
      masih panjang list dosa yg pastinya akan kita buat..

      Hapus
  2. yup. tetep semangat. tetep sehat. tetep bahagia selalu :)

    BalasHapus