Senin, 01 Juli 2013

Balada Emak-Emak Angkot

Dari dulu saya paling suka naik angkot (sampe waktu kuliah saya punya nama julukan "Angkot", hehehehe....bukan karena saya suka naik angkot sih, tapi kebiasaan saya yang seperti angkot, hobi nyalip alias cepet nyambung sekaligus suka ngetem alias lemot. Hadoh...ini sampe di buku angkatan nih julukan kebawa-bawa).

Alesan utama saya suka naik angkot sih emang karena saya gak bisa nyetir (parahhh...udah belajar nyetir dari SMP juga dan berkali-kali belajar setelahnya, tapi teteup juga gak bisa-bisa. Bisa sih bisa, tapi keberaniannya itu gak ada, nyebrang aja masih suka ketabrak dan baru berani nyebrang kalo jalanan dah sepi. Seandainya...oh seandainya nih jalanan di Indo ini cuma ada segelintir mobil sajah, pasti saya udah bisa nyetir..hahahaha...*ngarepppppppp). Alasan keduanya ya karena saya cuma punya satu mobil, jadi ya kalo misua kerja dan gak bisa nganterin jadi harus naik angkot deh.

Yang kebayang kalo naik angkot itu : Empit-empitan, panas, bau rokok + keringet campur aduk, belum lagi goyang-goyang kudanya itu loh (kalo yang lagi hamil sumpah bisa buat brojol dede utunnya).
Tapi saya sangat menikmati...bener-bener menikmati...sueeer...
Karena disana bener-bener banyak pelajaran hidup yang saya dapet, yang gak mungkin didapet kalo saya bernyaman-nyaman ria di dalem mobil ber AC, yaitu : pelajaran tentang rasa syukur yang buat saya sangat perlu di-update setiap harinya.

Nah kebetulan kantor saya kan deket pasar tradisonal, jadi tiap kalo mau pindah angkot, saya harus berhenti di pasar tradisional dulu. Kalo berangkat pagi-pagi, saya suka bareng sama emak-emak yang habis belanja, baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan warung. Waduh, kalo udah gini, pasti nih angkot tambah rame aja baunya, bau segala rupa isi pasar. Dari sini saya biasanya bisa update harga-harga groceries, entah itu dari sekedar nguping obrolan emak-emak atau ngobrol dengan emak-emak yang baru habis belanja. Ada yang cerita gimana menghemat uang harian, ada yang cerita tentang usahanya buat bisa kredit motor, ada yang cerita tentang resep masakan, ada yang cerita tentang anaknya, ada yang cerita tentang kerjaan suaminya, harga elektronik yang baru dibeli, emak-emak yang marahin anaknya pake sumpah serapah, pokoknya rame deh. Dan herannya, saya sangat menikmati hasil nguping ini, kadang suka senyum-senyum sendiri sampe kadang saking asyiknya kelewatan deh kantor saya, hahahaha.... Hoh dasar perempuan ya...kalo gak cerita....gak rame, kalo gak nguping gak asyik. 
Tapi yang paling seru itu kalo nguping obrolan mereka tentang betapa susahnya mereka mengatur finansial keluarga (masayarakat sekitar kantor kebanyakan masayarakat menengah ke bawah). 
Rasanya kesusahan saya ini gak seberapa, kalo saya mah susah mikir uang buat beli rumah mewah, mobil mewah, perhiasan mewah (hahahaha...lebaaaaaaayyyy, padahal mah susah mikirin cicilan hutang), di saat yang lain susah mikirin makan apa hari ini, dapet duit berapa suami hari ini, anak sakit gak ada duit buat berobat, gimana biaya sekolah anak. Ternyata nguping bisa menambah rasa syukur ya.....

Kalo saya lagi lelah kerja.......
Liat orang-orang yang jualan panas-panas terik seharian sampe hitam legam yang belum tentu laku (ataupun laku dengan untung gak seberapa)
Atau kalo liat emang-emang becak yang sudah renta, tapi harus tetap narik becak (dan lagi-lagi pasti dengan penghasilan yang pas-pasan dan mungkin juga gak pas buat makan)
Atau liat anak-anak muda yang harus banting tulang buat jadi kuli panggul 
Ata liat anak-anak kecil yang kucel sambil nunggu emak-bapaknya jualan
Atau liat anak-anak kecil yang harus mulung, jualan asongan atau jualan kantong kresek
Ahhh....betapa beruntungnya diriku ya....
Kerja di tempat yang ber-AC, gaji lebih dari cukup, bisa makan enak, tidur di atas spring bed, bla..bla..bla...
dan dari keluarga yang berkecukupan juga (berkecukupan ya....bukan berelebihan...)
Seringkali terbayang sama saya : Gimana ya kalo saya lahir dari orang tua seorang tukang becak?
Apa hidup saya akan enak seperti ini?
Tapi yang saya pahami, mereka tetap happy dan selalu berusaha, sesusah dan sekeras apapun hidup yang harus dijalani.

Kalo saya lagi kecapekan ngurusin Habib (biasanya sih karena Habib sayang ini suka begadang), saya liat emak-emak yang gendong anaknya ke pasar dalam kondisi panas-panas ria dengan membawa banyak belanjaan. Saya mah gendong Habib aja dah gimana gitu capeknya, apalagi sampe mesti sambil belanja berpanas-panas ria. huff...tapi koq mereka dan anaknya juga enjoy aja ya...(ini sayanya yang lemah atau emang kesulitan hidup menempa mereka untuk gak punya pilihan lain dan lebih tough). Kadang gak cuma satu anak loh yang dibawa, bisa bawa sampe 4 anak berentengan (red : bebarengan/ berbaris).

Well....balada angkot ini selalu mengingatkan saya, betapa saya harus banyak-banyak bersyukur dan betapa besarnya tanggung jawab saya untuk setidaknya membantu mengurai lingkaran benang kusut kemiskinan itu.

*) Ditulis sambil ngelap mata yang gak berhenti berkaca-kaca dan harapan yang membuncah 
    I LOVE ANGKOT 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar